Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Singkong Thailand untuk Camilan Kumpul Keluarga

Membuat Singkong Thailand untuk Camilan Kumpul Keluarga

Membuat Singkong Thailand (2)

Membuat Singkong Thailand

Bahan-bahan

  1. 2 bh singkong ukuran besar (potong sesuai selera)
  2. 65 ml santan kental (saya pakai kara)
  3. 2 sdm tepung maizena (larutkan)
  4. 3 sdm gula pasir
  5. sedikit garam
  6. sedikit vanili
  7. 1 gelas air

Langkah-langkah membuat Singkong Thailand

  1. Langkah pertama dalam membuat singkong thai adalah menyiapkan singkongnya sendiri[1]. Kupas singkong dan potong sesuai ukuran, lalu bersihkan potongannya dengan air. Selanjutnya rebus singkong, garam, dan daun pandan dalam tujuh liter air hingga matang dan empuk[2]. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 30-40 menit, tergantung besar kecilnya potongan singkong. Setelah singkong matang, tiriskan airnya dan sisihkan.
  2. Setelah singkong disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasaknya dengan gula dan santan hingga menjadi kuah yang nikmat[3]. Dalam panci, masukkan 700 ml air, 500 gr potongan singkong, 2 lembar daun pandan, dan ½ sdt garam. Masak hingga singkong benar-benar empuk[3]. Kemudian tambahkan gula pasir ke dalam adonan dan masak sambil diaduk hingga mengental[2]. Terakhir, tambahkan santan kental dan masak lagi beberapa menit hingga kuah mengental sesuai kekentalan yang diinginkan.
  3. Untuk menambah rasa manis dan creamy pada singkong Thailand, bisa ditambahkan gula dan santan[4]. Untuk vla, campurkan 400 ml air, 65 ml santan instan, 2 sdm kental putih manis, 3 sdm gula pasir, 1 sdt garam, dan 2 sdm tepung maizena dilarutkan dalam air[5]. Masak adonan dengan api kecil hingga mengental sambil terus diaduk. Setelah vla matang, tuangkan di atas singkong yang sudah matang dan sajikan[6]. Hidangan ini dapat dinikmati panas atau dingin, menjadikannya pilihan hidangan penutup yang serbaguna dan lezat.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Akar Singkong Segar** – Pilihlah singkong yang masih segar, keras dan tidak bercacat. Carilah akar yang teksturnya halus dan seperti lilin, dan hindari akar yang memiliki titik lunak atau berjamur. Akar singkong segar akan menghasilkan rasa dan tekstur terbaik untuk masakan singkong Thailand Anda.

Baca Juga :  Resep Bebek Betutu Makanan Khas Bali Yang Nikmat Dan Juga Halal

**Mengupas dan Menyiapkan Singkong** – Kupas akar singkong secara menyeluruh untuk menghilangkan kulit luar yang keras dan lapisan merah muda di bawahnya. Potong singkong menjadi potongan-potongan berukuran sama untuk memastikan pemasakan merata. Persiapan akar singkong yang tepat sangat penting untuk mencapai rasa dan tekstur yang diinginkan pada hidangan akhir.

**Perendaman dan Perebusan Singkong** – Rendam potongan singkong yang sudah dikupas dalam air selama beberapa jam atau semalaman untuk menghilangkan senyawa sianida berlebih dan mengurangi rasa pahit. Kemudian rebus singkong dalam panci besar berisi air hingga empuk namun tetap mempertahankan bentuknya. Langkah ini penting untuk menghilangkan senyawa beracun dan memastikan keamanan hidangan.

**Menyeimbangkan Rasa dengan Bahan Thailand** – Gunakan bahan-bahan tradisional Thailand seperti santan, gula palem, dan daun pandan untuk menanamkan cita rasa autentik pada masakan singkong. Seimbangkan rasa manis dengan kekayaan santan dan aroma lembut daun pandan untuk menciptakan profil rasa yang harmonis.

**Mendidih dan Menanamkan Rasa** – Setelah potongan singkong dimasukkan ke dalam campuran santan dan gula jawa, biarkan masakan mendidih perlahan. Hal ini memungkinkan rasa menyatu dan singkong menyerap rasa manis kelapa. Aduk sesekali agar tidak lengket dan memastikan distribusi rasa merata. Kiat dan praktik terbaik ini didasarkan pada teknik memasak tradisional Thailand dan rekomendasi ahli untuk membuat singkong asli Thailand. Dengan mengikuti pedoman ini, individu dapat menciptakan hidangan singkong Thailand yang lezat dan otentik yang mencerminkan esensi masakan Thailand.

Baca Juga :  Ikan Gurame Asam Manis Memang Sangat Lezat di Lidah

FAQ

Q: Apa yang harus dipersiapkan untuk membuat Singkong Thailand? A: Untuk membuat Singkong Thailand, Anda memerlukan singkong, gula, santan, dan air. Singkong harus dihancurkan, dicuci, dan dipotong sesuai dengan preferensi Anda sebelum dimasak.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak Singkong Thailand? A: Setelah singkong siap, rebus singkong dalam air hingga empuk. Setelah empuk, tiriskan airnya dan kemudian masukkan kembali singkong ke dalam panci.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah singkong matang? A: Setelah singkong matang, tambahkan gula dan santan ke dalam panci yang berisi singkong. Biarkan campuran tersebut mendidih hingga santan mengental dan bumbu meresap ke dalam singkong.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak Singkong Thailand? A: Waktu memasak singkong dapat bervariasi tergantung pada seberapa besar potongan singkong yang Anda gunakan. Namun secara umum, memasak singkong Thailand membutuhkan sekitar 20-30 menit setelah singkong dimasukkan ke dalam air mendidih.

Q: Apakah ada variasi rasa atau bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam Singkong Thailand? A: Anda bisa menambahkan daun pandan atau sari pandan untuk memberikan aroma khas. Selain itu, beberapa orang juga menambahkan sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa manisnya.

Referensi : 

1.   MAKANAN MENGODA! Resep Singkong Thailand Lembut ….  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari www.timenews.co.id 

Baca Juga :  Membuat makanan Sambusa, Hidangan Takjil Khas Timur Tengah

2.   Resep Singkong Thailand Empuk, Camilan Praktis Cukup ….  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari www.kompas.com 

3.   3 Resep Singkong Thailand Yang Unik Dan Lezat.  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari www.frisianflag.com 

4.   Terungkap Cara Bikin Singkong Thailand Supaya Empuk dan ….  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari sajiansedap.grid.id 

5.   Resep Singkong Thailand Keju.  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari www.fimela.com 

6.   3 Resep Singkong Thailand Enak dan Lezat, Cocok untuk ….  (n.d.)   diambil February 18, 2024, dari id.theasianparent.com/resep-singkong-thailand

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan