Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimchi Putih (Baek Kimchi)

Resep Kimchi Putih (Baek Kimchi)

Baek Kimchi1 (1)

Resep Kimchi Putih

Kimchi Putih, juga dikenal sebagai Baek Kimchi, adalah jenis kimchi yang ringan dan sepat. Kimchi ini sangat populer di kalangan anak-anak dan orang-orang yang tidak menyukai makanan pedas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Baek Kimchi mengacu pada kimchi putih. Baek Kimchi tidak mengandung serpihan cabai, tidak seperti jenis kimchi biasa (gochugaru) yang pedas. Sebagai gantinya, air garam asin yang beraroma buah menyelimutinya.

Karena rasa kimchi putih bergantung pada saus ini, maka saus ini sangat penting. Beberapa orang menambahkan kecap ikan dan tepung seperti yang biasa dilakukan saat membuat kimchi standar.

Satu lagi perbedaan yang mencolok antara kimchi putih dan kimchi standar adalah bahwa kimchi putih sering kali diberi tambahan bumbu-bumbu yang berlebihan, misalnya kacang pinus, jujube kering, kastanye, dan sebagainya.

Meskipun dapat diabaikan, bahan tambahan ini pada kenyataannya menambah rasa mewah yang tidak mencolok pada kimchi.

Kimchi putih yang lembut dan menyegarkan ini cocok dengan hidangan Korea apa pun, tetapi BBQ panggang arang Korea sangat cocok dengan kimchi ini.

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMCHI PUTIH YANG TIDAK PEDAS (BAEK KIMCHI)

Acar Kimchi

  1. 1 kubis napa besar (1,6 kg / 3,5 pon)
  2. 1/4 cangkir garam laut kasar
  3. Air garam pengawet (Campurkan keduanya. Garam harus dilarutkan terlebih dahulu sebelum digunakan)
  4. 3/4 cangkir garam laut kasar
  5. 4 cangkir air
Baca Juga :  Dodol Khas dari Ambon, Resep Kue Asida Lezat

Isian kimchi

  1. 1/2 wortel (100g / 3,5 ons), potong kecil-kecil
  2. 200g / 7 ons lobak Korea atau lobak daikon, potong kecil-kecil
  3. 20g / 0,7 ons daun bawang Asia, cincang sepanjang jari kelingking
  4. 30g / 1 ons paprika merah, potong kecil-kecil
  5. 4 buah jujube kering (10g / 0,4 ons), iris tipis
  6. 1 sendok makan kacang pinus

Air garam kimchi

  1. 4 cangkir air
  2. 1 sendok makan garam laut kasar
  3. 300g / 0,7 pon pir Korea atau pir bosc, kupas dan buang bijinya
  4. 150g / 5,3 ons apel merah, kupas dan buang bijinya
  5. 50g / 1,8 ons bawang bombay, kupas
  6. 1 sdm bawang putih cincang
  7. 1 sdt jahe cincang

*1 sdm = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT BAEK KIMCHI, ATAU KIMCHI PUTIH :

  1. Potong kubis menjadi dua bagian lalu potong menjadi empat bagian. Tuangkan air garam pengawet ke atas kubis dan taburkan garam langsung pada bagian putihnya. Untuk mencegah kubis mengambang dan membantu proses pengawetan, letakkan benda yang berat di atas kubis, seperti mangkuk salad besar yang berisi air. Bagian putih kubis harus dibiarkan pada suhu kamar sampai menjadi lentur (sekitar satu jam tiga puluh menit). Selama waktu ini, balikkan kubis lebih dari beberapa kali untuk mengubah posisinya (misalnya setiap 30 menit). Jalankan kubis di bawah air mengalir beberapa kali. Sisa garam harus dihilangkan dengan cara dibilas. Letakkan di atas saringan untuk ditiriskan selama 10 hingga 20 menit untuk menghilangkan sisa air.
  2. Siapkan isian kimchi pada langkah 1. Siapkan juga air payau kimchi. Dalam mangkuk besar, campurkan garam dan air. Dalam blender, campurkan pir Korea, apel, bawang merah, bawang putih, dan jahe. Pastikan kandungan makanan tidak keluar dengan menggunting bagian atas kain keju atau saringan tempat bahan yang diblender. Masukkan ke dalam mangkuk berisi air asin tadi dan rendam kain atau saringan keju. Agar larut dalam air, peras semua air dari saringan atau kain.
  3. Di atas papan yang bersih, letakkan acar kubis dari langkah 1. Isi setiap lapisan kubis satu per satu dengan isian kimchi, dimulai dari daun bagian bawah. Setelah selesai, letakkan kimchi ke dalam tempat yang besar, tutupi. (Resep ini membutuhkan wadah berukuran 5L. Dengan sisa bahan yang ada, ulangi langkah ini.
  4. Air garam kimchi dari langkah 2 harus dituangkan ke dalam wadah. Untuk mencegah kimchi mengambang dan memastikan kimchi benar-benar terendam di dalam air garam, letakkan batu atau piring yang berat di atasnya. Pasang tutupnya. Setelah 12 jam (di musim panas) atau 24 jam (di musim dingin), pindahkan ke lemari es.
  5. Kamu bisa mulai menyajikan kimchi sejak hari ke-3. Meskipun rasanya akan semakin enak seiring bertambahnya usia (sekitar hari ke-7), rasanya tidak akan terlalu asam. Sebelum disajikan, potong kimchi sesuai ukuran yang dibutuhkan. Biasanya, mengiris satu kuadran sekaligus. Sajikan kimchi yang telah dipotong di atas piring dan tambahkan beberapa sendok larutan garam kimchi di atas kimchi.
Baca Juga :  Membuat Martabak Manis Teflon, Siap dicoba buat Jualan

Lihat video membuat Baek Kimchi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan