Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Masak Sambal Ikan Asin Cabe Hijau untuk Makan Siang Hari Ini

Yuk, Masak Sambal Ikan Asin Cabe Hijau untuk Makan Siang Hari Ini

resep sambal ikan asin cabe hijau

Masak Sambal Ikan Asin Cabe Hijau

Anda sekalian yang mengaku pecinta makanan pedas harus bersiap-siap menyambut resep sambal ikan asin cabe hijau. Jangan menyepelekan sambal yang satu ini.

Bukan hanya wujudnya sambal saja, tetapi juga bahan isiannya yang maknyus. Meskipun sambal, tetapi bisa dijadikan lauk untuk makan siang atau makan malam. Dijamin, rasa pedasnya sangat menyengat lidah. Ikan asinnya juga lembut dan tidak begitu asin, sehingga cocok dimakan semua orang.


Sambal ikan asin cabe hijau sangat cocok disantap dengan nasi hangat, serta dalam kondisi perut lapar. Jangan hanya menyiapkan sepiring nasi saja, tetapi lebih karena Anda yang menyantapnya pasti menambah.

Jika sudah kepedasan, jangan lupa meneguk minuman dingin sebagai pelengkapnya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mencicipi sambal ikan asin cabe hijau?


Jika ingin mencicipinya, harus mengetahui bahan dan cara memasaknya terlebih dulu. Tak perlu khawatir, berikut diuraikan resep sambal ikan asin cabe hijau selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 100 gram ikan asin, bisa dipilih jenis dan macam ikan asinnya sesuai selera (jambal, teri, peda, bulu ayam, atau yang lainnya)
  2. 2 buah tahu putih
  3. 10 buah cabai hijau
  4. 10 buah cabai rawit
  5. 5 siung bawang merah
  6. 2 siung bawang putih
  7. 1 buah tomat merah segar yang diiris
  8. 1 batang serai digeprek dan diambil bagian putihnya
  9. 1 lembar daun salam
  10. Garam secukupnya
  11. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Gulai Udang Galah, Perpaduan Protein dan Rempah yang Menggugah Selera

Cara memasaknya sambal ikan asin cabe hijau

Semua bahan diatas cukup mudah didapatkan. Anda mungkin sudah memilikinya di rumah, sehingga tinggal memasak resep sambal ikan asin cabe hijau dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya. Lalu, goreng ikan asin sebentar dan tiriskan. Baunya pasti langsung tercium.
  2. Selanjutnya, ambil tahu putih dan potong kotak. Lalu, goreng tahu setengah matang dan tiriskan.
  3. Siapkan cobek. Uleg kasar cabai hijau, cabai rawit, dan beri sedikit garam. Tambahkan bawang merah dan bawang putih. Uleg lagi tak perlu sampai halus.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan yang sudah ada minyaknya. Lalu, tumis hasil ulekan tersebut hingga tercium wangi. Tambahkan irisan tomat, batang serai, dan daun salam. Aduk hingga merata dan kecilkan api kompor.
  5. Setelah itu, masukkan ikan asin dan tahu. Aduk perlahan sebentar.
  6. Silahkan mencicipinya sedikit untuk mengoreksi rasa. Jika masih kurang, tambahkan kaldu bubuk secukupnya.
  7. Matikan kompor. Masakan sambal ikan asin cabe hijau sudah matang dan siap di plating. Baunya langsung tercium membuat perut semakin lapar.
  8. Siapkan piring saji. Tuangkan sambal ikan asin cabe hijau di atas piring saji. Taburi dengan bawang goreng secukupnya.
  9. Anda pun bisa segera mencicipinya. Jangan lupa siapkan nasi hangat dan ajak keluarga dan orang terdekat saat menyantapnya. Itulah resep sambal ikan asin cabe hijau yang bisa diinformasikan di sini. Selamat mencoba.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan