Lompat ke konten
Home » Resep » Lebih Mengenal Resep Ayam Hainan Khas Tionghoa yang Lezat

Lebih Mengenal Resep Ayam Hainan Khas Tionghoa yang Lezat

resep ayam Hainan

Resep Ayam Hainan Khas Tionghoa yang Lezat

Resep ayam Hainan sangat menarik untuk dibahas. Resep memasak ayam dari Cina atau Tiongkok yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Sudah pasti masakan ayam tersebut luar biasa karena bisa bertahan hingga sekarang. Memang benar, ayam Hainan merupakan menu kuliner yang dipelihara oleh keluarga keturunan Tionghoa sejak dulu hingga sekarang. Namun saat ini, Anda yang bukan keturunan orang Cina pun bisa memasak dan menikmati masakan ayam Hainan.


Bahan dan bumbunya cukup banyak dan mendetail, tetapi cara memasak ayam Hainan relatif mudah. Memasak ayamnya direbus lama karena memakai bahan ayam kampung, bukan digoreng.

Jadi, rasanya lezat, empuk, unik karena ada saus sebagai pelengkapnya. Menu ayam kukus Hainan dijual di rumah makan Chinese dengan harga lumayan mahal seporsinya. Anda tak perlu membeli atau memesannya hanya karena penasaran dengan rasanya. Silakan memasaknya sendiri di rumah.


Lalu, bagaimana cara memasak resep ayam Hainan itu? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1 buah jahe ukuran besar diiris kecil
  3. 2 lembar daun bawang diiris kecil
  4. 1,5 sendok makan garam
  5. Air matang secukupnya
  6. Air dingin/es secukupnya
Baca Juga :  Kwetiau Goreng Spesial yang Mudah Dimasak? Baca Resepnya

Bahan saus ayam Hainan

  1. 4 sendok makan air kaldu ayam
  2. 2 sendok makan cuka putih
  3. 1 buah jeruk nipis diambil perasan airnya
  4. 1 sendok teh garam
  5. 1 sendok teh gula pasir
  6. 1 sendok makan minyak wijen

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 buah cabai merah keriting
  2. 3 buah cabai rawit
  3. 2 cm jahe
  4. 5 siung bawang putih

Cara memasak ayam kukus Hainan

Bahan dan bumbunya memang cukup banyak. Namun demikian, Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, barulah mempraktikkan cara memasak resep ayam Hainan berikut.

  1. Langkah pertama, membersihkan dan memasak ayam. Masakan ayam kukus Hainan populer dengan penggunaan ayam kampung yang memiliki tekstur daging lebih kasar dan tebal. Oleh karena itu, Anda harus merebusnya lebih lama agar daging ayam empuk.
  2. Bersihkan dulu ayam di air mengalir, lalu dipotong-potong menjadi 8 sampai 10 bagian.
  3. Marinasi potongan ayam ke dalam air garam sekitar 20 menit. Marinasi adalah teknik perendaman bahan memasak, seperti daging ayam mentah ke dalam cairan berbumbu.
  4. Setelah proses marinasi selesai, siapkan panci berukuran sedang atau besar untuk merebus ayam. Masukkan air secukupnya ke dalam panci. Masukkan juga irisan jahe dan daun bawang.
  5. Rebus hingga mendidih, lalu masukkan ayam. Pastikan semua potongan ayam terendam di dalam air. tutup panci dan rebus di atas api besar sekitar 60 menit. Ingat, jangan membuka tutup panci sela direbus.
  6. Setelah 60 menit, matikan kompor dan buka tutup panci. Siapkan air dingin atau es di wadah. Ambil potongan ayam satu per satu dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin/es tersebut. diamkan selama 20 menit.
  7. Setelah 20 menit, angkat potongan ayam dan taruh di piring saji. Ayam Hainan sudah matang.
  8. Jangan lupa membuat saus untuk disiram atau cocolan ayam Hainan yang sudah matang. Caranya cukup mudah. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan.
  9. Lalu, masukkan cuka putih, air kaldu ayam, air perasan jeruk nipis, garam, gula pasir, dan minyak wijen. Aduk merata secara perlahan.
  10. Silahkan dicicipi dulu rasa saus tersebut. Anda yang belum pernah mencicipinya mungkin merasa aneh dengan rasanya. Namun tak perlu khawatir, rasa ayam kampung Hainan yang diberi saus spesial dijamin rasanya maknyus.
  11. Taruh saus tersebut di dalam mangkuk atau piring. Sajikan bersama ayam Hainan. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat saat menyantapnya.
  12. Itulah resep ayam Hainan yang bisa diinformasikan di sini. Silakan coba dimasak sendiri di rumah. Selamat mencoba.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan