Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak dan Menyantap Ayam Goreng Sambal Matah yang Lezat

Memasak dan Menyantap Ayam Goreng Sambal Matah yang Lezat

Ayam Goreng Sambal Matah

Ayam Goreng Sambal Matah yang Lezat

Resep ayam goreng sambal matah menjadi sajian menu kuliner yang sangat menggoda untuk dinikmati. Ayam goreng sudah populer dan familiar sebagai lauk di tengah masyarakat.

Bumbu ayam goreng yang mudah dibuat. Digoreng hingga matang sehingga rasanya lezat dan gurih. Tiap orang mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya. Apalagi ayam goreng yang baru saja matang. Disantap bersama nasi hangat, rasanya luar biasa.


Menyantap ayam goreng belum lengkap tanpa ada sambal. Biasanya, ayam goreng dilengkapi dengan sambal mentah tomat, sambal matang, atau yang lainnya.

Namun sekarang, ayam goreng mau didampingi oleh sambal matah khas Bali. Apakah Anda sudah pernah mencicipi sambal matah? Jika belum, silahkan membaca resep ayam goreng sambal matah selengkapnya berikut.

Bahan untuk ayam goreng

  1. 1 kg daging ayam, bisa dipilih ayam kampung atau ayam boiler
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 cm jahe
  4. 2 cm kunyit
  5. ½ sendok teh ketumbar disangrai
  6. ½ sendok makan garam
  7. Kaldu bubuk secukupnya
  8. 1 buah jeruk nipis
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk sambal matah

  1. 10 buah cabai rawit
  2. 10 siung bawang merah
  3. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  4. ½ sendok teh air jeruk nipis
  5. ½ sendok teh terasi yang sudah dibakar
  6. 3 sendok makan minyak goreng
  7. ½ sendok teh garam
  8. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Tumis Telur Touge Dijamin Enak dan Menghemat Pengeluarkan

Cara memasak ayam goreng sambal matah

Semua bahan ayam dan sambal matah di atas harus Anda siapkan dulu. Setelah itu, praktikkan cara memasak resep ayam goreng sambal matah berikut.

  1. Anda harus mengolah daging ayam terlebih dulu. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. setelah itu, bersihkan di bawah air mengalir dan buang semua kotoran. Beri perasan jeruk nipis dan aduk sebentar. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, seperti bawang putih, jahe, kunyit, dan ketumbar. Tambahkan garam dan kaldu bubuk, campur merata.
  3. Siapkan wajan penggorengan dan beri air secukupnya. Nyalakan api besar. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan aduk perlahan. Lalu, masukkan potongan daging ayam dan aduk perlahan.
  4. Ungkep ayam dan bumbunya hingga air menyusut agar bumbu meresap ke dalam daging ayam. Setelah itu, matikan kompor dan tiriskan ayam.
  5. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan lagi. Beri minyak goreng secukupnya dan nyalakan kompor. Setelah panas, masukkan potongan daging ayam satu per satu. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Matikan kompor dan tiriskan ayam goreng tersebut.
  6. Ayam goreng sudah matang. Giliran membuat sambal matah. Iris hingga halus cabai rawit, bawang merah, dan batang serai.
  7. Siapkan wadah dan masukkan irisan tersebut ke dalamnya. Campur dengan bumbu sambal matah lainnya yang sudah disiapkan. Campur merata.
  8. Panaskan wajan penggorengan dan beri dua sendok minyak goreng, lalu nyalakan kompor. Setelah panas, matikan kompor dan tuangkan minyak panas tersebut ke dalam campuran bumbu sambal matah tadi. Aduk merata.
  9. Ayam goreng dan sambal matah khas Bali sudah matang, siap di plating.
  10. Siapkan piring saji. Ambil ayam goreng dan tata di atas piring saji. Lalu, ambil mangkuk atau piring kecil dan tuang sambal matah di atasnya. Jangan lupa menyiapkan nasi hangat.
Baca Juga :  Resep DakJuk, Bubur Nasi Ayam Korea Instan

Resep ayam goreng sambal matah sudah matang dan siap disantap. Bagaimana? Anda ingin coba memasaknya sendiri di rumah? Silakan dan selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan