Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Babi Kecap Bali, Cocok buat hari raya galungan

Membuat Babi Kecap Bali, Cocok buat hari raya galungan

Membuat Babi Kecap Bali

Membuat Babi Kecap Bali

Bahan-bahan

  1. 1 kg daging babi (samcham)
  2. Secukupnya kecap manis

Bumbu Iris/halus

  1. 10 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 3 buah cabe keriting
  4. 5 buah cabe rawit
  5. 3 buah kemiri
  6. 6 helai daun salam
  7. 2 helai daun jeruk
  8. Seruas kunyit
  9. Seruas jahe
  10. Seruas laos
  11. Secukupnya garam
  12. Secukupnya lada bubuk
  13. Secukupnya kaldu bubuk

Bumbu tambahan

  1. Secukupnya ketumbar bubuk
  2. Secukupnya pala bubuk
  3. Secukupnya cengkeh bubuk

Langkah-langkah membuat Daging Babi Kecap Bali

  1. Untuk membuat daging babi kecap Bali, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan[1]. Kamu membutuhkan 250 gram daging babi, satu batang serai, satu ruas jahe, dan tiga sentimeter lengkuas, semuanya harus dihaluskan. Selain itu, Anda juga membutuhkan satu lembar daun salam, satu lembar daun jeruk, dan satu buah asam jawa. Setelah semua bahan terkumpul, daging babi harus dicuci dan dipotong kecil-kecil.
  2. Langkah selanjutnya dalam membuat daging babi kecap bali adalah memasak daging babi tersebut dengan kecap dan bumbu[2]. Pertama, marinasi daging babi setidaknya selama dua jam, atau semalaman untuk hasil yang lebih baik. Lalu haluskan atau haluskan bumbu yang sudah diiris lalu tumis bersama serai, jahe, dan lengkuas. Tambahkan daging babi yang diasinkan dan masak sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu masukkan kecap manis, asam jawa, daun salam, daun jeruk, dan sedikit air. Biarkan masak hingga daging babi empuk dan kuahnya mengental.
  3. Kesimpulannya, daging babi kecap Bali merupakan masakan lezat, beraroma, dan mudah dibuat. Resepnya mungkin sedikit berbeda tergantung wilayahnya, namun bahan dasar dan langkah-langkahnya tetap sama[3]. Kunci untuk membuat daging babi kecap Bali yang enak adalah dengan merendam daging babi dalam waktu yang lama dan memasaknya dengan kombinasi bumbu dan kecap manis yang tepat[4]. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan menggunakan bahan-bahan yang sesuai, Anda bisa membuat masakan daging babi kecap Bali yang enak dan autentik di rumah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Potongan Daging Babi yang Tepat** – Saat membuat daging babi kecap Bali, penting untuk memilih potongan daging babi yang tepat. Carilah potongan yang memiliki keseimbangan antara daging tanpa lemak dan lemak, seperti bahu babi atau perut babi. Potongan ini cocok untuk memasak perlahan, sehingga daging menjadi empuk dan menyerap rasa saus.

Baca Juga :  Resep Kue Basah Putu Ayu Dengan Rasa Yang Enak

**Marinasi untuk Infus Rasa** – Merendam daging babi dalam campuran kecap, bawang putih, bawang merah, jahe, dan bumbu lainnya sangat penting untuk memberikan rasa yang kaya dan gurih pada daging. Biarkan daging babi direndam setidaknya selama beberapa jam, atau idealnya semalaman, untuk memastikan rasa meresap ke dalam daging secara menyeluruh.

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Gurih** – Daging babi kecap Bali biasanya memiliki keseimbangan sempurna antara rasa manis dan gurih. Saat menyiapkan saus, penting untuk menyeimbangkan rasa manis dari bahan-bahan seperti gula palem atau gula merah dengan kekayaan umami dari kecap dan elemen gurih lainnya. Keseimbangan ini menciptakan profil rasa khas dari hidangan tersebut.

**Memasak Lambat untuk Tekstur Lembut** – Memasak perlahan adalah kunci untuk mendapatkan tekstur empuk yang diinginkan pada daging babi kecap Bali. Baik menggunakan slow cooker, Dutch oven, atau pot tanah liat tradisional, memasak dengan suhu rendah dan lambat akan membuat daging babi menjadi sangat empuk sekaligus membiarkan rasa menyatu. Metode ini memastikan dagingnya lezat dan memiliki rasa saus yang kompleks.

**Sesuaikan Bumbu Sesuai Selera** – Uji rasa dan penyesuaian bumbu sesuai kebutuhan merupakan langkah krusial dalam menyempurnakan daging babi kecap Bali. Sepanjang proses memasak, cicipi sausnya dan sesuaikan tingkat bumbu untuk mencapai keseimbangan rasa yang diinginkan. Ini mungkin melibatkan penambahan lebih banyak kecap asin untuk menambah rasa, sedikit gula untuk rasa manis, atau sedikit asam dari air jeruk nipis untuk mencerahkan hidangan. Dengan mengikuti tips dan praktik terbaik berikut ini, Anda dapat menciptakan hidangan daging babi kecap Bali yang lezat dan autentik yang menampilkan cita rasa unik masakan Bali.

Baca Juga :  Resep Gulai Ceker Pedas, Rasa Gurih Pedasnya Begitu Menggugah Selera

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Daging Babi Kecap Bali? A: Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Daging Babi Kecap Bali antara lain daging babi, kecap manis, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk purut, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara menyiapkan daging babi untuk Babi Kecap Bali? A: Untuk mengolah daging babi untuk Babi Kecap Bali, perlu direndam terlebih dahulu lalu direbus hingga empuk. Pertama, daging babi dipotong-potong lalu direndam dengan garam dan air asam jawa selama kurang lebih 30 menit. Setelah direndam, dibilas dan ditiriskan sebelum direbus hingga daging babi empuk.

Q: Bagaimana proses memasak Daging Babi Kecap Bali? A: Proses memasak Daging Babi Kecap Bali adalah dengan menumis bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan lengkuas hingga harum. Kemudian, daging babi yang telah direndam tersebut dimasukkan ke dalam bumbu halus bersama dengan serai, daun jeruk purut, dan air. Daging babi dimasak hingga cairannya berkurang, lalu ditambahkan kecap manis ke dalam masakan, yang selanjutnya direbus hingga kuah mengental dan melapisi daging babi.

Q: Apakah resep Daging Babi Kecap Bali bisa diatur agar tidak terlalu pedas? A: Ya, resep Daging Babi Kecap Bali bisa diatur agar tidak terlalu pedas dengan mengurangi atau menghilangkan jumlah cabai segar dan lada putih bubuk yang digunakan dalam bumbu terasi. Ini akan menghasilkan rasa yang lebih lembut namun tetap mempertahankan esensi hidangan.

Q: Apa saja lauk pauk yang direkomendasikan untuk disajikan bersama Daging Babi Kecap Bali? A: Daging Babi Kecap Bali dapat dihidangkan dengan nasi putih dan ditemani lauk pauk seperti sambal matah (sambal mentah khas Bali), urap sayur (sayur campur khas Bali dengan kelapa parut yang dibumbui), dan lawar (campuran khas Bali yang berisi daging cincang halus, sayur-sayuran, parut. kelapa, dan rempah-rempah). Lauk pauk ini melengkapi kekayaan rasa Babi Kecap Bali dan menciptakan hidangan yang lengkap.

Baca Juga :  Soto Bebek yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Referensi : 

1.   Resep Babi Kecap Bali yang Berempah dan Harum.  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.idntimes.com 

2.   Resep Babi Kecap Khas Bali | Ala iluh oleh Citra Devi.  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari cookpad.com/id/resep/14777298-babi-kecap-khas-bali-ala-iluh 

3.   Resep babi kecap enak khas bali yang satu ini wajib kamu ….  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari www.tiktok.com/@sukamasak98/video/7225119836764917019 

4.   Resep Babi Kecap Khas Bali Oleh Nona Diana.  (n.d.)   diambil February 26, 2024, dari satebabipapua.com/babi-kecap/babi-kecap-bali/

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan