Skip to main content

Sajian Imlek Bersama Keluarga, Coba Masak Babi Hong Saja, Ini Resepnya

Sinta Rizki Fadila

Resep Babi Hong



Menikmati liburan imlek di rumah aja, tentunya kurang lengkap tanpa ada hadirnya menu makanan yang enak buat keluarga ya moms. Bagi kalian yang beragama non muslim bisa membuat salah satu sajian makanan seperti Babi Hong.

Babi Hong adalah salah satu makanan khas china, yang turun temurun sudah menjadi menu andalan ketika imlek tiba. Makanan satu ini sangat cocok untuk semua kalangan, karena memiliki citarasa yang empuk, kenyal serta lezat pastinya.

Untuk membuat Babi Hong di rumah tidaklah sulit ya moms, hanya membutuhkan beberapa bahan dan alat dapur sederhana saja. Jadi kalian sangatlah bisa membuat salah satu sajian makanan seperti ini dirumah aja.

Oke deh, tanpa berlama-lama, kita coba buat Babi Hong dirumah aja.

Bahan-bahan membuat babi hong

  1. 1 kg daging babi samcan
  2. 4-5 sdm cuka putih
  3. 1 sdm garam halus
  4. air teh

Bahan sawi asin:

  1. 1 ikat sawi asin kering
  2. 1 sdm bawang putih giling
  3. gula pasir
  4. air

Bahan kuah kecap:

  1. 100 cc kecap asin
  2. 1 sdm bawang putih giling
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 2 sdm madu
  5. 2 sdm arak masak
  6. 300-400 cc air

Langkah-langkah membuat Babi Hong :

  1. Untuk membuat Babi Hong yang enak, pertama-tama mama harus menyiapkan babinya terlebih dahulu, potong daging babi memanjang kurang lebih 10 cm. potong sampai habis, setelah itu rebus daging babi bersama dengan garam secukupnya selama 30 menit.
  2. Angkat daging babi yang sudah direbus tadi, kemudian dinginkan. Tusuk-tusuk daging babi, kemudian siram dengan air cuka bolak balik, selanjutnya beri taburan garam.
  3. Jemur daging babi yang sudah mama proses tadi dibawah terik sinar matahari langsung, agar tekstur menjadi lebih keras dan kenyal. sebaiknya mama posisikan bagian kulitnya diatas. Mungkin jika tidak ada terik matahari, mama bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan memasukan daging babi tersebut kedalam kulkas, dan simpan selama 12 jam tanpa perlu penutup.
  4. Setelah itu, daging babi siap untuk dimasak. siapkan wajan penyekat dan panaskan minyak. goreng daging babi dan usahakan dagingnya tidak menyentuh dasar wajan. goreng sampai berwarna kecoklatan. lakukan hal ini sampai daging babi yang mama siapkan habis.
  5. Setelah daging babi sudah matang, masukan ke dalam larutan teh sampai semuanya benar-benar terendam kurang lebih 30 menit.
  6. Sambil menunggu Babi Hong siap, mama bisa menyiapkan bahan lain seperti sawi asin. Cuci semua sawi yang sudah mama siapkan, kemudian potong-potong sesuai selera. tambahkan jamur hioko juga boleh.
  7. Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai tercium bau harum. kemudian masukan sawi asinnya. tambahkan sedikit gula pasir, aduk-aduk sampai harum dan merata. Tambahkan lagi sedikit air, dan tumis hingga air menyusut. angkat dan sisihkan dulu.
  8. Sekarang giliran membuat kuah kecapnya, campurkan bahan-bahan kuah yang sudah mama siapkan tadi, tambahkan sedikit air. aduk-aduk sampai merata.
  9. Ambil daging yang sudah dicelupkan tadi, lumuri dengan kuah kecap. Susun daging di mangkuk, kemudian tambahkan sawi diatasnya. tuang sisa kuah kecap tadi ke dalam mangkuk.
  10. Babi Hong siap dihidangkan, selamat mencoba dan menikmati ya moms. Selamat menikmati Imlek bersama keluarga.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar