Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Babi Kecap Cina

Resep Babi Kecap Cina

Babi Kecap Cina (2)

Resep Babi Kecap Cina

Resep daging babi kecap cina dan petunjuk memasaknya

Daging babi kecap cina adalah salah satu hidangan khas Tionghoa yang sangat terkenal di Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini antara lain adalah 

  1. 500 gram daging babi, 
  2. 250 gram samcan, 
  3. 5 butir telur ayam rebus, 
  4. 4 siung bawang putih yang dihaluskan, 
  5. garam, 
  6. gula, 
  7. kecap manis, 
  8. kecap asin, 
  9. dan minyak goreng[1] . 

Daging babi kecap cina sangat cocok disajikan untuk acara keluarga atau bahkan untuk hidangan sehari-hari.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daging babi kecap cina. 

  1. Pertama, cuci bersih daging babi, lalu potong menjadi dadu atau sesuai selera[2]. 
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan jahe. 
  3. Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum[1]. 
  4. Masukkan daging babi dan samcan, aduk rata. 
  5. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga daging empuk. 
  6. Setelah itu tambahkan kecap manis, kecap asin, garam, dan gula secukupnya[3]. 
  7. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging.

Untuk penyajian daging babi kecap cina, 

  1. Anda dapat menambahkan telur rebus yang telah dipotong menjadi dua bagian[1]. 
  2. Hidangkan daging babi kecap cina dengan nasi putih dan sayuran pendamping seperti kailan atau brokoli. 
  3. Anda juga dapat menambahkan irisan bawang merah atau daun bawang sebagai hiasan[4]. 
  4. Selamat mencoba resep daging babi kecap cina yang lezat dan mudah ini di rumah!

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Potongan Daging Babi yang Tepat** – Saat membuat daging babi kecap Cina, penting untuk memilih potongan daging babi yang tepat. Secara tradisional, perut babi adalah potongan yang disukai untuk hidangan ini karena teksturnya yang kaya dan berlemak yang menjadi empuk dan beraroma saat direbus. Namun, Anda juga bisa menggunakan bahu babi atau pantat babi untuk pilihan yang lebih ramping namun tetap mendapatkan hasil yang lezat.

Baca Juga :  Aneka Resep Olahan Udang dan Ikan, Cocok Ide Jualan

**Memarinasi untuk Rasa Optimal** – Rendam daging babi setidaknya selama 30 menit, tetapi sebaiknya semalaman, agar daging menyerap rasa kecap, aromatik, dan rempah-rempah. Ini akan menghasilkan hidangan yang lebih beraroma dan empuk. Untuk sentuhan autentik, pertimbangkan untuk menggunakan anggur Shaoxing, jahe, bawang putih, dan adas bintang dalam bumbunya.

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Asin** – Dapatkan keseimbangan sempurna antara rasa manis dan asin pada daging babi kecap Cina Anda dengan menyesuaikan rasio kecap dan gula. Terlalu banyak kecap dapat membuat masakan menjadi terlalu asin, sedangkan terlalu banyak gula dapat menyebabkan rasa manis yang berlebihan. Usahakan untuk mendapatkan perpaduan harmonis antara rasa gurih dan manis.

**Teknik Merebus yang Benar** – Saat merebus daging babi, pastikan apinya kecil dan proses memasaknya lambat. Hal ini memungkinkan daging babi menjadi empuk dan menyerap rasa cairan rebusan. Selain itu, penggunaan kombinasi kecap asin, gula, dan air dalam cairan rebusan akan membantu menghasilkan saus kental manis-gurih yang melapisi daging babi dengan indah.

**Istirahat dan Pengirisan untuk Rasa Maksimal** – Setelah matang, diamkan daging babi kecap Cina sebelum diiris. Hal ini memungkinkan jus untuk didistribusikan kembali, menghasilkan hidangan yang lebih lezat dan beraroma. Saat mengiris daging babi, usahakan irisannya tipis dan rata untuk memastikan setiap porsinya terendam bumbu marinasi yang lezat dan cairan rebusan. Kiat dan praktik terbaik ini akan membantu Anda menciptakan hidangan daging babi kecap Cina yang autentik dan lezat, penuh rasa dan empuk sempurna.

Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Bakar Bumbu Ungkep Merica Hitam untuk Lauk Makan Siang Sekeluarga

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat daging babi kecap Cina? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat daging babi kecap Cina antara lain daging babi, kecap manis, kecap asin, bawang putih, jahe, gula merah, minyak wijen, air, merica bubuk, dan bawang bombay.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak daging babi kecap Cina? A: Langkah-langkah memasak daging babi kecap Cina dimulai dengan memarut jahe dan bawang putih, kemudian menumisnya hingga harum. Setelah itu, masukkan daging babi dan tumis hingga berubah warna. Tambahkan kecap manis, kecap asin, gula merah, merica bubuk, dan air. Biarkan hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Q: Apa saran penyajian untuk daging babi kecap Cina? A: Saran penyajian untuk daging babi kecap Cina adalah dengan meletakkannya di atas piring saji, kemudian ditaburi bawang bombay yang sudah diiris tipis. Daging babi kecap Cina dapat disajikan dengan nasi hangat dan sayuran rebus.

Q: Bisakah daging babi kecap Cina disajikan dengan saus lain? A: Ya, daging babi kecap Cina dapat disajikan dengan saus lain seperti saus sambal, saus tomat, atau saus cabai rawit sesuai dengan selera masing-masing.

Q: Bagaimana cara memastikan daging babi kecap Cina tidak menjadi keras setelah dimasak? A: Untuk memastikan daging babi kecap Cina tidak menjadi keras setelah dimasak, pastikan untuk memasak daging pada suhu sedang dan biarkan proses pemasakan hingga daging benar-benar empuk. Selain itu, memilih potongan daging yang tepat juga dapat membantu memastikan daging tetap lembut setelah dimasak.

Baca Juga :  Perkaya Hidangan Makan Siang dengan Resep Pindang Serani Khas Jepara

Referensi : 

1.   Babi Kecap mudah simpel enak( Chinese Food).  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari cookpad.com 

2.   Resep dan Cara Memasak Babi Kecap yang Dijamin Enak.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari medan.tribunnews.com 

3.   Resep dan Cara Membuat Babi Kecap China.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari www.idntimes.com 

4.   Resep Babi Kecap Bumbu 5 Rempah yang Harum.  (n.d.)   Diperoleh December 24, 2023, dari food.detik.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan