Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tongseng Tongkol, Cocok disantap Musim Penghujan

Resep Tongseng Tongkol, Cocok disantap Musim Penghujan

Tongseng Tongkol (1)

Resep tongseng tongkol

Resep tongseng tongkol menjadi sebuah kuliner yang bisa disebut anti mainstream. Pasalnya, masakan tongseng identik dengan bahan utama daging, seperti daging kambing, sapi, maupun ayam.

Namun sekarang, bumbu tongseng akan dimasak dan dikombinasikan dengan bahan ikan tongkol. Jenis ikan yang mudah dan murah didapatkan di pasar tradisional.

Namun, daging ikannya cukup tebal, sehingga tetap cocok dimasak dengan bumbu apa saja. Tak terkecuali bumbu tongseng.

Anda sekalian yang penasaran dengan rasa masakan tongseng yang satu ini tak perlu membeli atau memesannya di luar. Lagupula, jarang ada warung atau rumah makan yang menjual menu masakannya.

Lebih baik Anda memasak resep tongseng tongkol sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu seperti yang diuraikan berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 3 – 4 ikan tongkol segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 cm lengkuas digeprek
  6. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda dipotong kecil
  7. ½ buah kol dipotong memanjang
  8. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  9. 2½ sendok makan kecap manis
  10. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  11. 1 liter air matang
  12. 3 siung bawang merah diiris tipis
  13. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  14. ½ sendok teh merica bubuk
  15. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  16. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Memasak Sambal Goreng Ati Kentang yang Mudah dan Uenak

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. ¼ sendok teh merica butiran
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. 2 buah kapulaga
  6. 3 buah kemiri disangrai
  7. 3 cm kunyit dibakar
  8. 2 cm jahe
  9. 1½ teh garam
  10. ½ sendok teh jintan

Cara memasak tongseng tongkol

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tongseng tongkol dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan tongkol di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan sisiknya jika ada. Setelah itu, potong-potong ikan tongkol ukuran sedang. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Aduk merata dan diamkan selama 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Setelah didiamkan, cuci bersih ikan tongkol sekali lagi, lalu sisihkan. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ikan tongkol. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan satu persatu potongan ikan tongkol ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan panci ukuran kecil. Lalu, rebus santan dan tambahkan air, daun salam, batang serai, dan lengkuas. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Setelah itu, matikan kompor dan sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan bawang merah dan cabai rawit merah. Aduk merata.
  5. Masukkan potongan kol dan masak hingga layu. Tambahkan kecap manis dan aduk merata secara cepat. Setelah itu, tuangkan rebusan santan ke dalam wajan. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  6. Kecilkan api kompor, lalu masukkan potongan ikan tongkol goreng ke dalam wajan. Aduk merata lagi. Tambahkan potongan tomat dan daun bawang. Aduk merata. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan tongseng tongkol siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan tongseng tongkol yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Menikmati Seafood sehat dengan Resep Sixi scallop

Resep tongseng tongkol yang satu ini silahkan Anda coba masak sendiri, lalu dicicipi setelah matang. Dijamin rasanya mantap dan sedap. Apalagi disantap masih hangat di musim penghujan seperti ini. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan