Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tengkleng Kambing: Nikmatnya Kuliner Tradisional yang Kaya Rasa

Resep Tengkleng Kambing: Nikmatnya Kuliner Tradisional yang Kaya Rasa

resep tengkleng kambing (1)

Resep Tengkleng Kambing: Nikmatnya Kuliner Tradisional yang Kaya Rasa

Recipe By siti
Course: Tengkleng Kambing Cusine:ID Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. tulang belulang kambing

  2. daging kambing

  3. santan kelapa

  4. serai

  5. daun salam

  6. lengkuas

  7. jahe

  8. bawang merah

  9. bawang putih

  10. cabai merah

  11. cabai rawit

  12. kemiri

  13. garam

  14. gula

  15. minyak goreng

  16. air

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Langkah pertama dalam memasak tengkleng kambing adalah merebus tulang belulang kambing hingga empuk

  2. Langkah 2

    Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong kecil

  3. Langkah 3

    Tambahkan santan, air, serai, daun salam, lengkuas, jahe, garam, gula, dan masak hingga matang

  4. Langkah 4

    Jangan lupa untuk mencicipi masakan dan sesuaikan dengan selera Anda

  5. Langkah 5

    Sajikan tengkleng kambing hangat dengan nasi putih, sambal, dan irisan jeruk nipis untuk tambahan rasa segar

NOTES

    Tengkleng kambing memiliki beragam variasi sesuai selera dan keinginan Anda. Beberapa variasi yang populer adalah tengkleng kambing pedas, tengkleng kambing goreng, tengkleng kambing kecap, dan tengkleng kambing bakar. Anda dapat menyesuaikan bumbu dan cara memasak sesuai dengan preferensi masing-masing. Nikmati tengkleng kambing dengan keluarga dan teman-teman sebagai hidangan spesial di berbagai acara.

Tengkleng kambing merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tengkleng sendiri adalah nama dari masakan yang menggunakan tulang belulang kambing sebagai bahan utamanya. Dengan bumbu yang khas dan cita rasa yang gurih, tengkleng kambing menjadi pilihan yang tepat bagi pecinta kuliner pedas dan berbumbu.

Baca Juga :  Mochi Gulung, Unik dan Rasanya Enak

Sejarah Tengkleng Kambing

Sejarah tengkleng kambing sebenarnya tidak dapat dipastikan secara pasti, namun masakan ini diyakini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Awalnya, tengkleng merupakan masakan sederhana yang dimasak oleh para petani atau pekerja di pedesaan menggunakan tulang belulang kambing yang sudah tidak terpakai. Namun, seiring berjalannya waktu, tengkleng kambing menjadi makanan yang diolah dengan berbagai bumbu rempah-rempah dan diramu dengan cita rasa yang khas.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tengkleng kambing, Anda membutuhkan bahan-bahan utama seperti tulang belulang kambing, daging kambing, santan kelapa, serai, daun salam, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, garam, gula, minyak goreng, dan air. Bahan-bahan ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih bahan yang segar dan berkualitas agar hasil masakan tengkleng kambing menjadi lebih lezat.

Cara Memasak Tengkleng Kambing

Langkah pertama dalam memasak tengkleng kambing adalah merebus tulang belulang kambing hingga empuk. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong kecil. Tambahkan santan, air, serai, daun salam, lengkuas, jahe, garam, gula, dan masak hingga matang. Jangan lupa untuk mencicipi masakan dan sesuaikan dengan selera Anda. Sajikan tengkleng kambing hangat dengan nasi putih, sambal, dan irisan jeruk nipis untuk tambahan rasa segar.

Variasi Tengkleng Kambing

Tengkleng kambing memiliki beragam variasi sesuai selera dan keinginan Anda. Beberapa variasi yang populer adalah tengkleng kambing pedas, tengkleng kambing goreng, tengkleng kambing kecap, dan tengkleng kambing bakar. Anda dapat menyesuaikan bumbu dan cara memasak sesuai dengan preferensi masing-masing. Nikmati tengkleng kambing dengan keluarga dan teman-teman sebagai hidangan spesial di berbagai acara.

Baca Juga :  Sop Bakso yang Cocok Disantap di Musim Penghujan

Manfaat Tengkleng Kambing

Tengkleng kambing tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Daging kambing mengandung protein tinggi yang baik untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam tengkleng kambing seperti jahe, lengkuas, dan cabai merah memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan.

Kesimpulan

Tengkleng kambing adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang kaya akan cita rasa dan memiliki sejarah yang menarik. Dengan bumbu yang khas dan daging kambing yang lembut, tengkleng kambing menjadi pilihan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Cobalah untuk memasak tengkleng kambing di rumah dan nikmati sensasi gurih dan pedas dari masakan lezat ini.

FAQ

Apakah saya bisa menggunakan daging kambing tanpa tulang untuk membuat tengkleng kambing? Ya, Anda bisa menggunakan daging kambing tanpa tulang untuk membuat tengkleng kambing. Namun, hasil akhirnya mungkin sedikit berbeda dari tengkleng kambing tradisional yang menggunakan tulang belulang kambing.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak tengkleng kambing? Waktu memasak tengkleng kambing bisa bervariasi tergantung dari jumlah bahan dan jenis peralatan yang digunakan. Namun, umumnya memasak tengkleng kambing membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam hingga matang.

Baca Juga :  Resep Chicken Tofu yang Mudah Membuatnya dan Lezat Makanannya

Apakah saya bisa menambahkan sayuran ke dalam tengkleng kambing? Ya, Anda bisa menambahkan sayuran seperti kentang, wortel, atau kacang panjang ke dalam tengkleng kambing untuk memberikan variasi pada masakan. Pastikan untuk memasak sayuran hingga matang sebelum disajikan.

Apakah tengkleng kambing dapat disimpan dalam lemari es? Ya, tengkleng kambing dapat disimpan dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara dan hangatkan kembali sebelum disajikan untuk menjaga tekstur daging yang lembut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info