Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Gulai Kambing untuk Acara Penting

Resep Membuat Gulai Kambing untuk Acara Penting

Membuat Gulai Kambing (1)

Membuat Gulai Kambing

Bahan-bahan : 

  1. 500 g daging kambing, 500 g iga kambing potong kotak
  2. 2 l air
  3. 3 buah daun jeruk
  4. 1 buah batang serai, memarkan
  5. 1 lembar daun kunyit, ikat
  6. 1 sdm Bango kecap manis
  7. 1 l santan cair
  8. 1 l santan kental
  9. 2 buah asam kandis
  10. 4 sdm minyak, untuk menumis
  11. 5 sdm Bango kecap manis pedas, untuk penyajian
  12. 100 g bawang merah goreng untuk penyajian

Bumbu halus

  1. 2 cm jahe
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt lada putih bubuk
  4. 1 sdm garam
  5. 8 butir bawang merah
  6. 12 buah cabai merah keriting
  7. 4 cm kunyit
  8. 5 buah kemiri
  9. 1/2 sdt ketumbar, disangrai
  10. 2 buah cengkeh utuh, disangrai
  11. 3 buah pekak, disangrai
  12. 3 buah kapulaga, disangrai
  13. 2 cm kayu manis, disangrai
  14. 2 sdt gula pasir

Langkah-langkah membuat kari kambing yang enak

  1. Untuk membuat gulai kambing yang enak, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan daging dan bumbu-bumbunya [1]. Potong daging kambing kecil-kecil sesuai selera lalu cuci bersih[2]. Untuk bumbunya, haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan biji sangria kemiri hingga menjadi pasta halus[3][4]. Campuran rempah-rempah ini akan memberikan aroma dan rasa khas pada kari. Setelah daging dan bumbu siap, saatnya melanjutkan ke proses memasak.
  2. Untuk memasak kari kambing, mulailah dengan merebus daging kambing dan iga domba dalam panci besar berisi air[5]. Tambahkan garam, cengkeh, dan bunga lawang ke dalam panci untuk menambah cita rasa daging. Selagi daging mendidih, panaskan wajan terpisah dan tambahkan pasta bumbu[6]. Masak bumbu hingga harum lalu masukkan daging rebus ke dalam wajan. Aduk daging dan bumbu hingga tercampur rata[7]. Terakhir, tambahkan daun kari, serai, dan daun jeruk untuk menambah rasa pada kari[8]. Biarkan kari mendidih selama beberapa menit hingga saus mengental dan daging empuk.
  3. Setelah kari siap, saatnya menyajikan dan menikmatinya[9]. Hiasi kari dengan daun ketumbar segar atau daun bawang cincang untuk menambah kesegaran dan warna. Sajikan kari dengan nasi kukus atau roti naan untuk menyerap kuahnya yang beraroma. Hidangan ini sangat cocok untuk makan malam keluarga atau acara spesial, seperti Idul Adha[10]. Baik Anda penggemar masakan khas Minangkabau atau Melayu, resep kari kambing ini pasti akan menggugah selera Anda[11]. Dengan bahan dan teknik memasak yang tepat, Anda bisa dengan mudah membuat gulai kambing yang enak dan menggugah selera di rumah[12][13].

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Potongan Daging Kambing yang Tepat** – Saat membuat kari kambing, penting untuk memilih potongan daging kambing yang tepat. Pilihlah potongan seperti bahu, kaki, atau leher, karena cocok untuk dimasak perlahan dan akan menghasilkan daging yang empuk dan beraroma. Hindari potongan daging tanpa lemak, karena daging kambing bisa sangat kurus dan bisa menjadi keras jika tidak dimasak dengan benar.

Baca Juga :  Resep Mokbang Jamur Enoki Pedas Yang Viral

**Memarinasi untuk Daging Beraroma** – Merendam daging kambing sebelum dimasak sangat penting untuk menambah rasa dan melunakkannya. Gunakan kombinasi yogurt, rempah-rempah, dan bahan-bahan asam seperti jus lemon atau cuka untuk menciptakan bahan dasar kari yang beraroma dan empuk. Biarkan daging direndam setidaknya selama beberapa jam atau, idealnya, semalaman untuk hasil terbaik.

**Menyeimbangkan Campuran Rempah** – Mencapai perpaduan bumbu yang sempurna adalah kunci dari kari kambing yang lezat. Bereksperimenlah dengan kombinasi rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, kunyit, garam masala, dan bubuk cabai untuk menghasilkan kari yang seimbang dan beraroma. Memanggang seluruh bumbu sebelum digiling dapat meningkatkan aroma dan rasanya.

**Memasak Lambat untuk Kelembutan** – Kari kambing yang dimasak perlahan akan membuat daging menjadi empuk dan menyerap rasa bumbu dan bahan lainnya. Pertimbangkan untuk menggunakan slow cooker atau Dutch oven untuk memasak kari dengan suhu rendah dalam waktu lama, untuk memastikan daging menjadi lezat dan beraroma.

**Menambahkan Bahan Aromatik** – Tingkatkan aroma dan kedalaman rasa pada kari kambing Anda dengan menambahkan bahan aromatik seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah segar seperti daun ketumbar atau daun kari. Bahan-bahan ini tidak hanya menambah kerumitan pada hidangan tetapi juga berkontribusi terhadap kekayaan dan aroma keseluruhannya.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kari kambing? A: Untuk membuat kari kambing yang enak, Anda memerlukan daging kambing, bumbu kari seperti serbuk kari, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun salam, santan, serta rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan jintan.

Baca Juga :  15 Resep Olahan Seafood, Mudah dan Sehat

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak kari kambing yang lezat? A: Langkah pertama adalah menyiapkan daging kambing dengan membersihkan dan memotongnya sesuai selera. Kemudian tumis bumbu halus dan tambahkan rempah-rempah, daun salam, dan serai. Setelah itu masukkan daging kambing dan biarkan meresap bumbu. Terakhir masukkan santan dan biarkan kari mendidih hingga daging empuk.

Q: Apa tips membuat kari kambing yang empuk? A: Untuk membuat kari kambing empuk, pastikan Anda memilih potongan daging kambing yang sesuai untuk kari, seperti daging yang mengandung sedikit lemak. Selain itu, memasak dengan api kecil dan memberi waktu yang cukup untuk proses memasak juga dapat membantu membuat daging kambing menjadi empuk.

Q: Bagaimana cara menyajikan kari kambing dengan baik? A: Kari kambing dapat disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi biryani. Anda juga dapat menambahkan irisan mentimun, tomat, atau akar sebagai pelengkap. Jangan lupa untuk menyajikan kari kambing dengan aneka kerupuk atau papadum untuk menambah kenikmatan hidangan.

Q: Bisakah saya menyimpan kari kambing untuk dimakan nanti? A: Ya, Anda dapat menyimpan kari kambing dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan. Kari kambing dapat tahan selama 2-3 hari dalam lemari es.

Referensi : 

1.   3 Cara untuk Membuat Gulai Kambing.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.wikihow.com/Membuat-Gulai-Kambing 

2.   Resep Gulai Daging Kambing #228⁹ oleh minarsih. ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13316262-gulai-daging-kambing-228 

3.   Resep Gulai Daging Kambing – Cocok untuk Hidangan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari mamasuka.com 

4.   Resep Gulai Kambing khas Ponorogo.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.fimela.com 

5.   Resep Gulai Kambing yang Lezat dan Gurih – UFS.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.unileverfoodsolutions.co.id 

Baca Juga :  Kwetiau Goreng Spesial yang Mudah Dimasak? Baca Resepnya

6.   29 resep gulai kambing daun kari enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/cari/gulai%20kambing%20daun%20kari 

7.   Resep Kari Kambing Aceh, Kuahnya Kental dan Gurih.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompas.com 

8.   Resep Cara Membuat Kari Kambing Pedas Gurih, … – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.fimela.com 

9.   Resep Kari / Gulai Kambing oleh Mey’s Cila.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16366213-kari-gulai-kambing 

10.   Resep Gulai Kambing yang Empuk Gak Bau Prengus, Pas ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com 

11.   Bagi Anda Penggemar Masakan Khas Minangkabau dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari tebo.pikiran-rakyat.com 

12.   Rahasia Mengolah Gulai Kambing Lezat.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompasiana.com 

13.   Resep Gulai Kambing Empuk, Sedap, dan Tidak Bau | MAHI.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.masakapahariini.com/resep/resep-gulai-kambing/

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan