Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Iga Penyet, Sajian Berselera Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Resep Iga Penyet, Sajian Berselera Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Iga Penyet (1)

Resep iga penyet

Resep iga penyet saat ini juga tidak kalah populernya. Tidak sedikit warung atau rumah makan yang menjual menu kuliner yang satu ini karena memang sedang digandrungi banyak orang.

Iga sapi goreng yang disajikan dengan sambal spesial yang rasa pedasnya dijamin menyengat lidah. Disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan sangat cocok untuk menu makan siang atau malam Anda sekalian.

Anda mungkin salah satu yang sudah pernah mencicipi menu iga penyet dan sekarang ingin menyantapnya lagi. Tidak perlu membelinya karena harganya tentu lumayan mahal meskipun hanya di warung pinggir jalan.

Lebih baik memasaknya sendiri di rumah dengan bahan, bumbu, dan langkah-langkah yang diuraikan pada resep iga penyet berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 kg iga sapi
  2. 3 cm jahe digeprek
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 3 lembar daun salam
  5. 2 liter air
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh garam
  4. ½ sendok teh ketumbar
  5. 3 cm lengkuas
  6. 1 cm kunyit
  7. 3 cm jahe

Bahan untuk sambal penyet

  1. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  2. 5 buah cabai merah besar
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 sendok teh terasi
  6. ½ sendok teh garam
  7. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  8. 1 buah tomat dipotong
Baca Juga :  Spaghetti Carbonara ala kosan Rasa Bintang 5

Bahan pelengkap

  1. 1 buah timun dipotong-potong
  2. ¼ buah kol dipotong-potong

Cara memasak iga penyet

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep iga penyet dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua iga sapi di bawah air mengalir, lalu potong-potong iga sekitar 5 cm. Setelah itu, rebus potongan iga dengan air yang sudah disiapkan.
  2. Tambahkan bumbu halus, jahe, daun salam, dan daun jeruk. Aduk merata dan rebus hingga air menyusut. Pastikan daging iga sudah empuk. Jika belum, tambahkan air secukupnya dan rebus lagi. Jika iga sapi sudah matang dan empuk, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu beberapa saat.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng iga sapi. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan semua potongan iga sapi satu per satu. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Langkah berikutnya membuat sambal penyet. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan semua cabai, potongan tomat, bawang merah, dan bawang putih ke dalam wajan. Tumis hingga setengah matang saja.
  5. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan diatasnya. Tambahkan garam, terasi, dan gula Jawa. Setelah itu, uleg hingga tercampur rata dan halus. Sisihkan.
  6. Semua bahan sudah matang dan tinggal diplating. Letakkan dan tata iga goreng yang sudah matang diatas cobek dan penyet hingga merata dengan sambalnya. Lengkapi dengan lalapan sayur dan nasi putih hangat. Sangat cocok disantap saat masih panas.
Baca Juga :  Membuat Bubur Kacang Hijau dengan Cara Sederhana

Resep iga penyet sudah matang dan siap disantap. Anda yang membacanya saja tentu sangat ingin mencicipinya. Oleh karenanya, silahkan coba memasaknya di rumah karena rasanya dijamin mantul dan menggugah selera. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan