Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sayur Asem Nila Goreng, Sambal Terasi Memang Tiada Duanya

Sayur Asem Nila Goreng, Sambal Terasi Memang Tiada Duanya

Sayur Asem Nila Goreng (1)

Resep sayur asem nila goreng

Resep sayur asem nila goreng sangat lezat disantap untuk makan siang. Apalagi sayur asemnya dimasak khas Betawi, sementara ikan nilanya dimarinasi dulu sebelum digoreng garing. Kombinasi keduanya kurang lengkap jika belum ada sambal terasi yang nikmat. Dijamin makan semakin lahap karena menghabiskan nasi putih.

Sayur asem memang sudah populer sejak dulu. Bahan dan bumbunya cukup sederhana dan mudah mendapatkannya dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

Cara memasaknya juga mudah dan cepat, tetapi rasa sayurnya enak serta menyegarkan karena banyak berkuah. Apalagi disantap saat udara di luar panas.

Adapun ikan nila juga mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga cukup murah. Cara memasaknya hanya dengan diberi bumbu marinasi, lalu digoreng garing.

Lalu, bagaimana resep sayur asem nila goreng selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan sayur asem Betawi

  1. ¼ buah nangka muda dipotong-potong
  2. 3 helai kacang panjang dipotong-potong
  3. ¼ buah pepaya muda dipotong-potong
  4. 10 lembar daun melinjo
  5. 1 genggam kacang tanah
  6. 2 buah jagung muda
  7. 2 cm lengkuas digeprek
  8. 2 lembar daun salam
  9. ½ sendok makan garam
  10. 1 sendok makan gula pasir
  11. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  12. ½ sendok makan asam Jawa dilarutkan dengan 2 sendok makan air matang
  13. 1½ liter air
Baca Juga :  Nasi Pepes Kukus Ati Ampela, Cara Membuatnya Seperti Ini

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 5 buah cabai merah keriting
  3. 3 buah kemiri
  4. 2 cm terasi

Bahan untuk nila goreng

  1. 3 ekor ikan nila segar
  2. 1 bungkus bumbu marinasi
  3. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan

Bahan untuk sambl terasi

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 3 buah cabai merah besar
  5. 1 sendok teh terasi
  6. Kaldu bubuk secukupnya
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak sayur asem nila goreng

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sayur asem nila goreng dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, yaitu membuat sayur asem khas khas Betawi. Caranya, siapkan panci ukuran sedang terlebih dulu. Setelah itu, rebus air yang sudah disiapkan bersama bumbu halus, lengkuas, daun salam, dan kacang tanah. Aduk merata dan rebus hingga mendidih.
  2. Setelah itu, masukkan semua sayuran, kecuali daun melinjo. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan air asam Jawa. Aduk merata dan kecilkan api kompor.
  3. Setelah mendidih, baru masukkan daun melinjo dan aduk sebentar. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa sayur tersebut. Jika sudah pas, matikan kompor dan sayur asem siap disajikan.
  4. Langkah berikutnya, yaitu menggoreng ikan nila. Caranya, bersihkan dulu semua ikan nila di bawah air mengalir. Buang semua sisik dan kotoran di bagian perut dan insangnya.
  5. Setelah itu, beri bumbu marinasi yang sudah dicampur air secukupnya. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap. Sisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng ikan nila. Pastikan jumlah minyak hingga merendam seluruh tubuh ikan dan sudah panas. Lalu, masukkan satu per satu ikan nila yang sudah dimarinasi ke dalam wajan. Goreng hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Anda juga harus membuat sambal terasi. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak sedikit untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai besar hingga setengah matang.
  8. Siapkan cobek, lalu tuangkan tumisan diatasnya. Tambahkan terasi dan kaldu bubuk secukupnya. Setelah itu, uleg hingga lembut dan tercampur semuanya.
  9. Siapkan mangkuk besar, piring datar, dan mangkuk kecil untuk plating. Tuangkan sayur asem ke dalam mangkuk besar. Letakkan ikan nila goreng diatas piring datar. Tuangkan juga sambal terasi ke dalam mangkuk kecil. Lengkapi dengan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Resep Semur Daging Kentang Enak

Akhirnya, resep sayur asem nila goreng sudah matang dan siap disantap. Silahkan mencoba menu kuliner yang satu ini karena dijamin rasanya mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan