Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Asem Asem Daging, bumbu asem yang segar dan pedas

Resep Asem Asem Daging, bumbu asem yang segar dan pedas

resep asem asem daging

Resep Asem Asem Daging

Recipe By siti
Course: resep asem asem daging Cusine:ID Difficulty:Starter

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. daging sapi

  2. bumbu asem

  3. daun salam

  4. daun jeruk

  5. cabai merah

  6. bawang merah

  7. bawang putih

  8. gula merah

  9. garam

  10. minyak goreng

  11. tomat

  12. kacang panjang

  13. terong

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, siapkan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil sesuai selera

  2. Langkah 2

    Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum

  3. Langkah 3

    Masukkan daging sapi, daun salam, dan daun jeruk lalu aduk hingga daging berubah warna

  4. Langkah 4

    Tambahkan air secukupnya dan biarkan daging matang hingga empuk

  5. Langkah 5

    Setelah itu, masukkan bumbu asem, cabai merah, gula merah, dan garam lalu aduk rata

  6. Langkah 6

    Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental

  7. Langkah 7

    Terakhir, tambahkan sayuran seperti tomat, kacang panjang, dan terong lalu masak sebentar hingga sayuran matang namun tetap renyah

NOTES

    Agar masakan asem asem daging Anda semakin lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan untuk menggunakan daging sapi yang berkualitas dan empuk agar hasil masakan menjadi lebih nikmat. Kedua, jangan terlalu banyak menggunakan bumbu asem agar rasanya tidak terlalu asam. Ketiga, tambahkan sedikit gula merah untuk menyeimbangkan rasa asam pada masakan. Keempat, jangan lupa untuk mencicipi dan koreksi rasa saat proses memasak berlangsung agar masakan sesuai dengan selera Anda.

Siapa yang tidak suka dengan masakan yang segar dan pedas seperti asem asem daging? Masakan khas Jawa Barat ini memang memiliki rasa yang unik dan menggugah selera. Asem asem daging merupakan masakan yang terbuat dari bahan utama daging sapi yang dimasak dengan bumbu asem yang segar dan pedas. Kombinasi antara rasa asam, pedas, dan gurih pada masakan ini membuat lidah siapa pun yang mencicipinya pasti akan ketagihan. Tidak hanya enak, asem asem daging juga kaya akan nutrisi karena mengandung protein dari daging sapi serta vitamin dan antioksidan dari bumbu-bumbu yang digunakan.

Baca Juga :  Resep Sup Brokoli Cheddar dari Panera

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat asem asem daging, Anda memerlukan beberapa bahan utama seperti daging sapi, bumbu asem, daun salam, daun jeruk, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula merah, garam, dan minyak goreng. Pastikan untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas agar hasil masakan menjadi lebih lezat. Bumbu asem dapat Anda buat sendiri atau membeli yang sudah siap pakai di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Selain itu, tambahkan juga sayuran seperti tomat, kacang panjang, dan terong untuk menambah tekstur dan rasa pada masakan asem asem daging Anda.

Langkah-langkah Memasak Asem Asem Daging

Pertama-tama, siapkan daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil sesuai selera. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Masukkan daging sapi, daun salam, dan daun jeruk lalu aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan air secukupnya dan biarkan daging matang hingga empuk. Setelah itu, masukkan bumbu asem, cabai merah, gula merah, dan garam lalu aduk rata. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Terakhir, tambahkan sayuran seperti tomat, kacang panjang, dan terong lalu masak sebentar hingga sayuran matang namun tetap renyah.

Tips Memasak Asem Asem Daging yang Lezat

Agar masakan asem asem daging Anda semakin lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan untuk menggunakan daging sapi yang berkualitas dan empuk agar hasil masakan menjadi lebih nikmat. Kedua, jangan terlalu banyak menggunakan bumbu asem agar rasanya tidak terlalu asam. Ketiga, tambahkan sedikit gula merah untuk menyeimbangkan rasa asam pada masakan. Keempat, jangan lupa untuk mencicipi dan koreksi rasa saat proses memasak berlangsung agar masakan sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga :  Yuk, Masak Ratatouille! Resep Sederhana dan Praktis

Variasi Asem Asem Daging yang Bisa Dicoba

Selain menggunakan daging sapi, Anda juga bisa bereksperimen dengan bahan lain untuk membuat variasi asem asem daging. Misalnya, Anda dapat mengganti daging sapi dengan ikan, ayam, atau tahu untuk variasi menu yang berbeda. Selain itu, tambahkan juga bahan seperti kemangi, jagung manis, atau tauge untuk menambahkan tekstur dan rasa pada masakan Anda. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat pedas dan asam sesuai dengan selera keluarga atau tamu yang akan menikmati masakan asem asem daging tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa asem asem daging merupakan masakan yang lezat dan sehat. Dengan kombinasi rasa asam, pedas, dan gurih, asem asem daging cocok disantap sebagai lauk pendamping nasi hangat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa mencoba membuat masakan ini di rumah untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa dan variasi sesuai dengan selera agar masakan asem asem daging Anda semakin istimewa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Dapatkah saya menggunakan daging ayam untuk membuat asem asem daging?

Ya, Anda bisa menggunakan daging ayam sebagai alternatif dari daging sapi untuk membuat asem asem daging. Pastikan untuk memilih daging ayam yang segar dan lembut agar hasil masakan menjadi enak.

  1. Apakah harus menggunakan bumbu asem yang sudah siap pakai?
Baca Juga :  Mie Kangkung Ayam yang Praktis, Nikmat, dan Lezat

Anda bisa menggunakan bumbu asem yang sudah siap pakai atau membuat sendiri bumbu asem sesuai dengan selera. Bumbu asem yang sudah siap pakai dapat mempercepat proses memasak.

  1. Bagaimana cara menyimpan sisa asem asem daging?

Sisa asem asem daging dapat disimpan di dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam lemari es. Anda bisa menghangatkannya kembali sebelum disantap agar tetap enak.

  1. Bisakah saya menambahkan santan ke dalam asem asem daging?

Anda bisa menambahkan santan ke dalam asem asem daging untuk memberikan tekstur yang lebih kaya dan gurih. Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak menambahkan santan agar tidak mengubah cita rasa asam pedas pada masakan tersebut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info