Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Chicken Nanban, Kuliner Fusion Jepang dan Eropa yang Menggugah Selera

Resep Chicken Nanban, Kuliner Fusion Jepang dan Eropa yang Menggugah Selera

Resep Chicken Nanban

Resep chicken nanban

Apakah Anda sudah mengenal resep chicken nanban? Namanya mungkin tidak umum dan asing karena kuliner yang satu ini biasanya dijual di restoran atau rumah makan khas Jepang. Anda yang mengaku sebagai penggila Japanese food mungkin sudah mengetahui dan pernah mencicipinya.

Diketahui bahwa chicken nanban merupakan jenis kuliner fusion atau gabungan antara Jepang dengan Eropa yang begitu menggugah selera. Isinya adalah ayam goreng renyah yang ditambah dengan saus nanban. Sejenis saus masakan khas Jepang yang berasa manis gurih. Masih ditambah saus tartar yang berasa asam segar. Sanga menarik, bukan?

Anda yang tertarik dengan kuliner tersebut silahkan coba membuatnya sendiri di rumah dengan panduan resep chicken nanban berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging ayam fillet tanpa tulang dan kulit dipotong-potong sedang
  2. 200 gram daun selada disiangi
  3. 8 buah tomat merah masing-masing dipotong dua bagian
  4. 5 sendok makan tepung terigu
  5. 1 sendok makan saus tiram
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok makan kaldu bubuk ayam
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Baca Juga :  Yuk, Memasak Sendiri di Rumah Gulai Kapau Khas Sumatra Barat yang Mantul

Bahan saus nanban

  • 2 butir telur rebus dicincang halus
  • 5 sendok makan saus mayonais
  • ½ butir bawang bombay dicincang halus
  • 2 sendok makan susu cair putih
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk

Cara membuat chicken nanban

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep chicken nanban dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan. Lalu, siapkan wadah baskom bersih dan masukkan semua potongan ayam ke dalamnya.
  2. Tambahkan saus tiram dan sedikit kaldu bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk merata sambil dipijit-pijit daging ayamnya. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan sekitar 30 menit.
  3. Selanjutnya, siapkan wadah bersih lainnya dan masukkan ke dalamnya tepung terigu dan kaldu bubuk. Aduk merata.
  4. Ambil daging ayam yang sudah dimarinasi dari dalam kulkas. Masing-masing potongannya celupkan ke dalam telur, lalu guling-gulingkan ke dalam tepung. Lakukan sekali lagi, lalu sisihkan.
  5. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan daging lainnya. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng aya.
  6. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan di semua sisinya. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Langkah berikutnya, membuat saus nanban. Caranya, siapkan sebuah wadah baskom bersih, lalu masukkan satu per satu semua bahan saus yang sudah disiapkan.
  8. Aduk merata menggunakan sendok atau garpu hingga semua bahan tercampur. Silahkan Anda mencicipi sedikit sausnya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera.
  9. Waktunya plating. Siapkan beberapa piring, lalu beri ayam goreng tepung yang sudah matang. Lengkapi dengan potongan selada dan tomat di pinggir piring. Setelah itu, tuang ayamnya dengan saus nanban yang sudah jadi.
Baca Juga :  Ceker Mercon Pedas Menyengat, Berani Coba? Ini Resepnya

Sekilas mirip dengan steak ayam, tetapi rasa masakan resep chicken nanban ini berbeda. Terutama dari saus nanban yang menjadi ciri khasnya. Oleh karenanya, Anda harus mencobanya sendiri.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan