Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Pempek Dos, makanan khas Palembang

Resep Pempek Dos, makanan khas Palembang

resep pempek dos1

Resep Pempek Dos, makanan khas Palembang

Recipe By siti
Course: Pempek Dos Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. ikan tenggiri fillet

  2. tepung kanji

  3. bawang putih

  4. garam

  5. merica bubuk

  6. penyedap rasa

  7. air es

  8. ebi kering

  9. mentimun

  10. cuka

  11. gula merah

  12. garam

  13. merica bubuk

  14. air

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, haluskan ikan tenggiri fillet dengan blender atau food processor hingga halus

  2. Langkah 2

    Campurkan ikan yang telah dihaluskan dengan tepung kanji, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, merica bubuk, penyedap rasa, dan air es

  3. Langkah 3

    Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan adonan terasa kenyal

  4. Langkah 4

    Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih dan goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan

  5. Langkah 5

    Sajikan pempek dos dengan kuah cuko, irisan mentimun, dan ebi sebagai pelengkap

NOTES

    Agar pempek dos yang Anda buat memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang gurih, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan ikan tenggiri yang digunakan segar dan tidak bau amis, serta haluskan ikan dengan baik agar adonan pempek dos tidak terlalu kasar. Selain itu, gunakan tepung kanji sesuai takaran yang tepat dan jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tekstur pempek dos tetap kenyal. Selalu gunakan minyak panas yang cukup banyak saat menggoreng pempek dos agar matang merata dan memiliki warna yang cantik.

Pempek dos adalah salah satu jenis makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampur dengan tepung kanji. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, sehingga banyak disukai oleh orang-orang. Pempek dos biasanya disajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam segar, serta irisan mentimun dan ebi sebagai pelengkap. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat pempek dos di rumah, berikut ini adalah resep yang dapat Anda ikuti.

Baca Juga :  Resep membuat Tahu Walik Uenak, Siap dipakai untuk Jualan

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat pempek dos, Anda memerlukan bahan-bahan seperti ikan tenggiri fillet, tepung kanji, bawang putih, garam, merica bubuk, penyedap rasa, dan air es. Selain itu, Anda juga memerlukan ebi kering, mentimun, cuka, gula merah, garam, merica bubuk, dan air untuk membuat kuah cuko sebagai pelengkap. Pastikan Anda memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Langkah Pembuatan Pempek Dos

Pertama-tama, haluskan ikan tenggiri fillet dengan blender atau food processor hingga halus. Campurkan ikan yang telah dihaluskan dengan tepung kanji, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, merica bubuk, penyedap rasa, dan air es. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan adonan terasa kenyal. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih dan goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sajikan pempek dos dengan kuah cuko, irisan mentimun, dan ebi sebagai pelengkap.

Tips dan Trik dalam Membuat Pempek Dos

Agar pempek dos yang Anda buat memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang gurih, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan ikan tenggiri yang digunakan segar dan tidak bau amis, serta haluskan ikan dengan baik agar adonan pempek dos tidak terlalu kasar. Selain itu, gunakan tepung kanji sesuai takaran yang tepat dan jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tekstur pempek dos tetap kenyal. Selalu gunakan minyak panas yang cukup banyak saat menggoreng pempek dos agar matang merata dan memiliki warna yang cantik.

Baca Juga :  Resep Salad Tahu Korea dengan Vinaigrette Cabai Kedelai Madu

Variasi Pempek Dos yang Lezat

Selain pempek dos biasa, Anda juga dapat mencoba variasi pempek dos yang lebih menarik. Misalnya, Anda dapat menambahkan potongan telur rebus di dalam adonan pempek dos untuk menambahkan kandungan protein. Anda juga dapat mencoba membuat pempek dos isi tahu, udang, atau daging ayam cincang untuk variasi rasa yang berbeda. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai bahan tambahan sesuai selera Anda untuk menciptakan pempek dos yang unik dan lezat.

Manfaat dan Kelezatan Pempek Dos

Pempek dos tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Ikan tenggiri yang menjadi bahan utama pempek dos mengandung banyak protein, omega-3, dan zat besi yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, tepung kanji yang digunakan dalam pempek dos juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Dengan mengonsumsi pempek dos secara teratur, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam sambil menikmati cita rasa yang lezat.

Kesimpulan

Pempek dos adalah salah satu makanan khas Palembang yang memiliki cita rasa gurih dan tekstur kenyal. Dengan mengikuti resep dan tips di atas, Anda dapat membuat pempek dos sendiri di rumah dengan mudah. Jangan lupa untuk menambahkan variasi dan bahan tambahan sesuai selera untuk menciptakan pempek dos yang unik dan lezat. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah bisa menggunakan jenis ikan lain selain tenggiri untuk membuat pempek dos? > Ya, Anda bisa menggunakan jenis ikan lain seperti belida atau kakap sebagai pengganti ikan tenggiri. Namun, pastikan ikan yang digunakan memiliki daging yang tidak terlalu berair dan tidak berlemak agar pempek dos tetap kenyal dan gurih.

Apakah kuah cuko harus pedas? > Kuah cuko pada pempek dos memang biasanya pedas, namun tingkat kepedasan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda dapat menambahkan cabai rawit atau sambal untuk menambah tingkat kepedasan sesuai selera.

Baca Juga :  Seblak Basah Cirambay, Enaknya kebangetan

Berapa lama pempek dos bisa disimpan? > Pempek dos yang sudah matang dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, disarankan untuk mengkonsumsi pempek dos segera setelah matang agar tekstur dan cita rasanya tetap terjaga.

Bagaimana cara membuat kuah cuko untuk pempek dos? > Untuk membuat kuah cuko, Anda hanya perlu mencampurkan cuka, gula merah, garam, merica bubuk, dan air secukupnya. Aduk semua bahan hingga gula merah larut dan kuah cuko siap disajikan bersama pempek dos.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info