Skip to main content

Cara Membuat Pempek Khas Palembang, Lembut dan Gurih

Tina Farida

Pempek Khas Palembang


Pempek  merupakan salah satu makanan khas palembang yang cukup digemari oleh banyak orang. 

Pempek  adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, dimana empek - empek dibuat dari bahan ikan yang mengandung banyak protein.
 
Sehingga dengan mengonsumsi makanan jenis ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.  Empek - empek khas palembang juga dibuat dengan cara yang mudah.
 
Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat makanan jenis ini. Bagi Anda yang masih belum mengetahui bahan dan cara pembuatannya, simak artikel di bawah ini :
 

Bahan Pempek  yang perlu disiapkan

  1. Tepung sagu dengan kualitas bagus secukupnya
  2. Ikan tenggiri
  3. Air bersih dan air es secukupnya
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. Garam
  6. Penyedap rasa

Setelah beberapa bahan di atas Anda siapkan, lalu Anda bisa membuat makanan ini dengan cara sebagai berikut :

Bagaimana Cara Membuat Pempek  Khas Palembang?

  1. Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu tumbuk ikan tenggiri, lalu campurkan dengan beberapa bahan seperti garam, penyedap rasa dan air es. Kemudian aduk secara merata hingga bahan tersebut tercampur.
  2. Kedua yaitu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu uleni hingga adonan tersebut menjadi halus.
  3. Setelah itu, ambil adonan pempek secukupnya, dan bentuk sesuai ukuran dan selera yang Anda inginkan.
  4. Cara ke empat yang perlu dilakukan yaitu rebus atau masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air yang mendidih, dan tunggu hingga matang. Jika dikira sudah matang, lalu angkat dan letakkan pada wadah.
  5. Selanjutnya yaitu siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Kemudian goreng adonan pempek yang sudah direbus hingga matang dengan warna agak kecoklatan.
  6. Setelah itu, angkat pempek yang sudah matang dan tiriskan. Lalu potong – potong sesuai selera dan letakkan pada wadah.
  7. Pempek  khas Palembang sudah siap disajikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar