Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera

Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera

Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera (1)

Resep Tekwan

Tekwan adalah salah satu hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Untuk membuat tekwan, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 

  1. ikan tenggiri, 
  2. sagu cap tani, 
  3. putih telur, 
  4. garam, 
  5. dan merica[1]. 

Selain itu, untuk membuat kuahnya, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 

  1. bawang putih, 
  2. garam, 
  3. gula pasir, 
  4. minyak wijen, 
  5. dan penyedap rasa[2]. 

Untuk membuat tekwan yang lezat, pastikan semua bahan yang digunakan segar dan berkualitas baik.

Langkah-langkah pembuatan tekwan cukup sederhana. 

  1. Pertama-tama, masukkan ikan tenggiri yang sudah dicincang halus ke dalam wadah bersama dengan bahan-bahan lain seperti putih telur, garam, gula, dan kaldu bubuk[3]. 
  2. Setelah itu, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan[4]. 
  3. Setelah adonan siap, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan rebus dalam air mendidih hingga matang. Tekwan yang matang memiliki tekstur yang kenyal dan lembut[5].

Untuk menyajikan tekwan yang lezat, letakkan beberapa bola tekwan dalam mangkuk dan siram dengan kuah yang gurih dan lezat[6]. 

Kuah dapat dibuat dengan menumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan air, garam, gula, dan penyedap rasa. 

Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan kuah mendidih[7]. Selain itu, tambahkan potongan jamur, sedap malam, dan irisan bengkoang untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda pada hidangan[8]. 

Tekwan dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai hidangan pembuka yang segar dan lezat[9].

Tips And Best Practices

Pilih Bahan Segar – Gunakan ikan segar untuk sup tekwan untuk memastikan rasa dan tekstur terbaik. Ikan segar seperti makarel atau makarel spanyol biasa digunakan dalam tekwan. Bahan-bahan segar akan meningkatkan cita rasa masakan secara keseluruhan dan membuatnya lebih nikmat bagi yang mengkonsumsinya.

Baca Juga :  Cocok Disajikan di Musim Hujan, Cwie Mie Malang

Siapkan Bakso Ikan dengan Hati-hati – Saat membuat bakso ikan, pastikan campurannya dibumbui dengan baik dengan garam dan merica untuk menonjolkan rasa. Selain itu, konsistensi adonan bakso ikan harus pas—tidak terlalu keras atau terlalu gembur. Ini akan memastikan bakso ikan tetap mempertahankan bentuknya selama dimasak dan memberikan tekstur yang sempurna pada sup.

Kuasai Basis Sup – Mendapatkan basis sup yang beraroma dan jernih sangat penting untuk tekwan yang lezat. Kaldunya harus kaya dan gurih, dengan keseimbangan rasa dari bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan lada putih. Untuk menambah rasa umami, Anda juga bisa menambahkan dashi atau kaldu seafood ke dalam kaldu.

Sempurnakan Tekstur Topping – Tekstur topping, seperti suwiran ikan dan jamur, sangatlah penting. Mereka harus diparut atau diiris halus untuk memastikannya menyatu dengan baik dengan sup dan menambahkan tekstur yang nikmat pada setiap gigitan tekwan.

Hiasi dengan Bijaksana – Menghias dengan herba segar seperti daun ketumbar dan daun bawang menambah kesegaran dan warna pada tekwan. Hiasan hijau cerah tidak hanya meningkatkan daya tarik visual hidangan namun juga berkontribusi pada profil cita rasa keseluruhan. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa membuat tekwan lezat dan autentik yang pasti akan membuat keluarga dan teman Anda terkesan.

Faqs

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tekwan? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tekwan antara lain daging ikan tenggiri, tepung sagu, bawang putih, bawang merah, garam, lada, penyedap rasa, dan air es. Selain itu, untuk kuahnya, Anda memerlukan udang, bawang putih, bawang merah, jahe, daun bawang, garam, penyedap rasa, dan air.

Q: Bagaimana langkah-langkah pembuatan tekwan yang baik? A: Langkah-langkah pembuatan tekwan meliputi: – Pertama, campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu, bawang putih, bawang merah, garam, lada, penyedap rasa, dan air es. – Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan rebus hingga matang. – Untuk membuat kuahnya, tumis bawang putih, bawang merah, jahe, dan udang. Tambahkan air, garam, dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih, lalu tambahkan tekwan yang sudah matang. – Sajikan tekwan dalam mangkuk dengan kuahnya dan tambahan bawang goreng, seledri, dan daun bawang.

Baca Juga :  Resep Steak Sapi Lokal Enak ternyata Mudah

Q: Apa yang membuat penyajian tekwan menjadi lezat? A: Penyajian tekwan yang lezat terletak pada kuahnya yang kaya rasa karena bumbu-bumbu yang digunakan. Selain itu, tambahan bawang goreng, seledri, dan daun bawang juga menambah aroma dan rasa yang lezat pada hidangan tekwan.

Q: Apakah tekwan memiliki kandungan gizi yang baik? A: Ya, tekwan memiliki kandungan gizi yang baik karena terbuat dari ikan tenggiri. Ikan tenggiri mengandung protein tinggi serta nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, vitamin D, dan mineral. Dengan tambahan bahan-bahan lain seperti sagu, bawang, dan rempah-rempah, tekwan dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

Q: Apa perbedaan antara tekwan dan model? A: Perbedaan utama antara tekwan dan model terletak pada proses pembuatan dan rasanya. Tekwan dibuat tanpa tahu dan dimasak dengan cara direbus dengan kuahnya yang lebih berbumbu. Sementara itu, model dibuat dengan tahu dengan cara digoreng dan memiliki kuah yang lebih manis.

Referensi : 

1.   Resep Tekwan Palembang oleh epifanakomar.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari cookpad.com/id/resep/711222-tekwan-palembang 

2.   5 Resep Tekwan Tanpa Ikan yang Lembut dan Gurih.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.orami.co.id/magazine/resep-tekwan-tanpa-ikan 

3.   5 Resep Tekwan Palembang Enak Berkuah Gurih … – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

Baca Juga :  Resep dan Cara buat Pangsit Kuah Isi Ayam

4.   7 Resep tekwan enak ala rumahan, sederhana dan mudah ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.briliofood.net 

5.   Resep Tekwan Khas Palembang yang Gurih Segar.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari food.detik.com 

6.   Resep dan Cara Membuat Tekwan Sederhana, Lengkap ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari palembang.tribunnews.com 

7.   10 Cara Membuat Tekwan yang Lembut dan Kenyal, ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.liputan6.com 

8.   Resep Tekwan Ikan Kenyal dengan Kuah Gurih ….  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.kompas.com 

9.   Resep Tekwan Asli khas Palembang – Fimela.  (n.d.)   Diperoleh January 12, 2024, dari www.fimela.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan