Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Abon Sapi yang Direkomendasikan Ini Harus Anda Ketahui

Resep Abon Sapi yang Direkomendasikan Ini Harus Anda Ketahui

Abon Sapi (1)

Resep abon sapi

Resep abon sapi bisa dijadikan menu kuliner alternatif saat Hari Raya Idhul Adha nanti. Dimana biasanya stok daging sapi cukup banyak di rumah dan hanya disimpan di kulkas.

Sementara itu, menu masakan daging sapi hanya itu-itu saja yang pastinya membosankan. Anda mungkin salah satu orang yang merasakan hal tersebut. Maka dari itu, Anda bisa coba memasak daging sapi menjadi abon.

Daging sapi yang dimasak menjadi abon akan lebih tahan lama hingga berhari-hari karena diolah kering. Selain itu, rasa abon sapi yang gurih dan manis memang sangat lezat apalagi dijadikan lauk pendamping.

Misalnya, nasi goreng, mie goreng, nasi sayur, dan lain sebagainya. Untuk bisa memasaknya dengan citarasa sedap, Anda perlu membaca resep abon sapi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi segar tanpa lemak
  2. 2 batang serai digeprek
  3. 4 lembar daun salam
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. 1 sendok teh garam
  6. 3 sendok teh gula Jawa
  7. 500 ml santan
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 1 sendok teh ketumbar disangrai
Baca Juga :  Resep membuat otak-otak ikan yang mantab

Cara memasak abon sapi

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep abon sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus daging sapi bersama batang serai, daun salam, dan lengkuas. Rebus hingga dagingnya empuk. Anda yang memiliki panci presto, bisa menggunakannya dan merebus daging sapi sekitar 45 menit.
  2. Setelah direbus, angkat dan tiriskan. Biarkan sejenak dagingnya hingga mendingin. Setelah itu, suwir-suwir daging sapi kecil-kecil. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan tumis hingga layu.
  4. Tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk merata perlahan secara terus menerus agar tidak pecah. Setelah itu, masukkan suwiran daging sapi dan aduk merata lagi.
  5. Bumbui dengan garam dan gula Jawa dan aduk merata. Masak hingga kuah santannya habis dan dagingnya mengering. Anda harus terus mengaduknya agar daging tidak gosong. Oleh karenanya, memasaknya menggunakan api kompor kecil saja. Setelah daging mengering, matikan kompor dan biarkan sejenak.
  6. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng suwiran daging. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan suwiran daging abon ke dalamnya. Goreng di api kompor kecil saja hingga abon benar-benar kering. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan piring atau mengkuk saji untuk plating. Tuangkan abon sapi yang sudah matang diatasnya. Anda bisa menjadikan abonnya untuk lauk utama atau lauk pendamping saat menyantap berbagai menu kuliner lainnya. Jika abonnya masih tersisa, masukkan ke dalam wadah toples dan tutup rapat agar lebih tahan lama. Setelah itu, simpan di tempat bersuhu udara normal. Anda bisa menakannya lagi di keesokan harinya.
Baca Juga :  Resep Tahu Kupat Khas Magelang, Hidangan Paling Istimewa Untuk Sarapan

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui cara memasak resep abon sapi yang benar dan direkomendasikan. Selanjutnya, silahkan dipraktikkan saat menyambut Hari Raya Idul Adha nanti. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan