Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pastel Kering isi Abon, Suguhan Lebaran yang Sering diburu

Resep Pastel Kering isi Abon, Suguhan Lebaran yang Sering diburu

Resep Pastel Kering isi Abon (1)

Resep Pastel Kering isi Abon

Siapa yang tidak kenal dengan camilan klasik nan lezat bernama pastel? Pastel adalah salah satu jenis kudapan yang sangat populer di Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, pastel juga memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Nah, kali ini kita akan membahas tentang resep Pastel Kering isi Abon yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang.

Pengenalan Pastel Kering isi Abon

Pastel Kering isi Abon adalah variasi dari pastel tradisional yang memiliki isian berupa abon. Abon sendiri merupakan makanan kering yang terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan yang disuwir-suwir dan dibumbui. Abon memiliki tekstur yang renyah dan gurih, sehingga sangat cocok dipadukan dengan kulit pastel yang renyah.

Pastel Kering isi Abon memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Tekstur kulitnya yang renyah berpadu dengan isian abon yang gurih dan lezat, membuat camilan ini sangat diminati oleh banyak orang. Selain itu, Pastel Kering isi Abon juga memiliki umur simpan yang relatif lama, sehingga dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Pastel Kering isi Abon di rumah, tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini, kami akan memberikan resep lengkap beserta tips dan triknya. Jadi, siapkan diri Anda untuk membuat camilan lezat nan renyah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Pastel Kering isi Abon, Anda membutuhkan beberapa bahan dasar. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  1. Tepung terigu
  2. Margarin
  3. Garam
  4. Air es
  5. Telur
  6. Abon (bisa dibuat sendiri atau dibeli jadi)

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti talenan, rolling pin, dan wajan untuk menggoreng pastel.

Langkah-langkah Pembuatan Pastel Kering isi Abon

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan Pastel Kering isi Abon:

Langkah 1: Membuat Adonan Kulit Pastel

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, margarin, dan garam dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Tutup adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan selama 30 menit.

Setelah itu, ambil adonan dan bagi menjadi beberapa bagian. Lalu, gilas adonan dengan rolling pin hingga tipis. Potong-potong adonan dengan menggunakan cetakan berbentuk lingkaran atau persegi.

Baca Juga :  Resep Membuat Nasi Kari Korea, Enak Mantab

Langkah 2: Mengisi Pastel dengan Abon

Ambil satu potong kulit pastel, lalu isi bagian tengahnya dengan abon secukupnya. Lipat kulit pastel menjadi setengah lingkaran atau persegi panjang, lalu tekan-tekan bagian pinggirnya agar abon tidak keluar.

Langkah 3: Menggoreng Pastel

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan pastel yang telah diisi abon. Goreng pastel hingga berwarna kuning keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

Langkah 4: Meniriskan Pastel

Letakkan pastel yang sudah digoreng di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Biarkan hingga dingin.

Langkah 5: Pengemasan

Setelah dingin, Pastel Kering isi Abon siap untuk dikemas dan disimpan. Anda bisa menggunakan toples atau plastik kedap udara agar pastel tetap renyah.

Tips dan Trik Membuat Pastel Kering isi Abon

Agar Pastel Kering isi Abon yang Anda buat memiliki tekstur yang renyah dan isian yang lezat, ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan:

  1. Gunakan Tepung Terigu Berkualitas: Pastikan Anda menggunakan tepung terigu dengan kualitas baik agar adonan kulit pastel bisa menjadi renyah.
  2. Jangan Terlalu Banyak Mengaduk Adonan: Semakin sedikit Anda mengaduk adonan, semakin renyah tekstur kulit pastelnya.
  3. Istirahatkan Adonan Sebelum Dicetak: Dengan mengistirahatkan adonan selama 30 menit, gluten dalam adonan akan beristirahat sehingga kulit pastel tidak mudah sobek saat dicetak.
  4. Jangan Mengisi Terlalu Banyak Abon: Isi pastel dengan abon secukupnya saja agar tidak bocor saat digoreng.
  5. Goreng Dengan Minyak Panas: Pastikan minyak goreng sudah benar-benar panas sebelum memasukkan pastel. Hal ini akan membuat kulit pastel menjadi renyah.
  6. Tiriskan Pastel dengan Baik: Setelah digoreng, tiriskan pastel dengan baik agar tidak terlalu berminyak.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda pasti bisa membuat Pastel Kering isi Abon yang renyah dan lezat!

Variasi Resep Pastel Kering isi Abon

Selain isian abon, Anda juga bisa membuat Pastel Kering dengan isian lainnya. Berikut ini adalah beberapa variasi resep Pastel Kering yang bisa Anda coba:

  1. Pastel Kering isi Coklat: Ganti isian abon dengan potongan atau pasta coklat.
  2. Pastel Kering isi Keju: Isi pastel dengan potongan keju atau keju leleh.
  3. Pastel Kering isi Daging: Ganti abon dengan daging cincang yang sudah dibumbui.
  4. Pastel Kering isi Sayuran: Isi pastel dengan campuran sayuran seperti wortel, kentang, atau sayuran lainnya.
  5. Pastel Kering isi Kacang: Isi pastel dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dibumbui.
  6. Pastel Kering isi Ubi: Isi pastel dengan potongan ubi yang sudah dihaluskan dan diberi gula.
Baca Juga :  Resep Jasuke Jepang, Cocok Untuk Jualan

Dengan beragam isian, Anda bisa membuat Pastel Kering yang lebih variatif dan menarik.

Cara Menyimpan Pastel Kering isi Abon

Pastel Kering isi Abon memiliki umur simpan yang cukup lama, sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah cara menyimpan Pastel Kering isi Abon agar tetap renyah dan tahan lama:

Setelah pastel digoreng dan ditiriskan, biarkan hingga benar-benar dingin.

Masukkan pastel ke dalam toples atau wadah kedap udara.

Jika menggunakan plastik, pastikan plastik tersebut juga kedap udara.

Simpan di tempat yang kering dan sejuk, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Pastel Kering isi Abon dapat bertahan hingga 1-2 minggu jika disimpan dengan benar.

Dengan menyimpan Pastel Kering isi Abon dengan baik, Anda dapat menikmati camilan lezat ini kapan pun Anda mau.

Kesimpulan

Pastel Kering isi Abon merupakan camilan klasik yang memiliki rasa lezat dan tekstur yang renyah. Dengan mengikuti resep dan tips yang telah dijabarkan di atas, Anda dapat membuat Pastel Kering isi Abon yang nikmat di rumah. Selain isian abon, Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai isian lainnya sesuai selera. Jangan lupa untuk menyimpan Pastel Kering isi Abon dengan baik agar tetap tahan lama dan renyah. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan minyak goreng biasa untuk menggoreng pastel?

Tentu saja bisa. Namun, kami menyarankan Anda untuk menggunakan minyak goreng yang memiliki titik asap yang tinggi, seperti minyak goreng zaitun atau minyak kelapa. Hal ini akan membuat pastel menjadi lebih renyah dan tahan lama.

Baca Juga :  Resep Jajanan Tradisional, Kue Cucur Gula Merah

2. Apakah pastel bisa disimpan dalam freezer?

Ya, pastel kering isi abon bisa disimpan dalam freezer. Caranya adalah dengan membiarkan pastel yang sudah digoreng dan ditiriskan hingga benar-benar dingin. Kemudian, masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam freezer. Saat ingin dimakan, cukup keluarkan dari freezer dan goreng kembali sebentar hingga kering dan renyah.

3. Apa yang terjadi jika adonan pastel terlalu lama didiamkan?

Jika adonan pastel terlalu lama didiamkan, gluten dalam adonan akan terlalu banyak terurai sehingga adonan menjadi sulit dibentuk dan teksturnya akan menjadi keras. Oleh karena itu, pastikan untuk hanya mengistirahatkan adonan selama 30 menit saja sebelum dicetak.

4. Apakah pastel kering isi abon bisa dimakan langsung tanpa digoreng ulang?

Secara teknis, pastel kering isi abon bisa dimakan langsung tanpa digoreng ulang. Namun, teksturnya akan menjadi kurang renyah dan kurang gurih. Kami menyarankan untuk menggoreng ulang pastel sebelum dimakan agar teksturnya kembali renyah dan lezat.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan