Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Lumpia Udang Mayonais yang Cocok untuk Cemilan Keluarga

Lumpia Udang Mayonais yang Cocok untuk Cemilan Keluarga

Lumpia Udang Mayonais (1)

Resep lumpia udang mayonais

Ada resep lumpia udang mayonais yang bisa Anda coba masak dan buat di rumah. Lumpia menjadi salah satu makanan khas Semarang, Jawa Tengah. Ada jenis lumpia goreng dan basah.

Keduanya sama-sama enak karena adonan bumbunya memang spesial. Rasa gurihnya benar-benar terasa dan sangat cocok disantap dengan saos cabai, tomat, mayonais, ataupun cabai rawit hijau.

Resep lumpia yang satu ini lebih spesial karena adonan di dalamnya dicampur dengan cacahan udang. Setelah digoreng matang, lalu lumpia disajikan dengan mayonais dengan rasa asamnya.

Jadilah makanan dengan rasa umami yang begitu lezat di lidah. Anda yang ingin coba membuatnya di rumah silahkan membaca terlebih dulu resep lumpia udang mayonais selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram udang segar
  2. 10 lembat kulit lumpia
  3. Acar mentimun secukupnya
  4. Cabai rawit hijau secukupnya
  5. Mayonais secukupnya
  6. 1 sendok teh tepung terigu yang dilarutkan dengan air secukupnya sebagai perekat
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan isi lumpia

  1. 200 gram rebung dipotong-potong kecil memanjang
  2. 200 gram touge
  3. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  4. 2 sendok makan kecap manis
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. 1 butir telur ayam dikocok lepas
Baca Juga :  Resep Mie Pedas Gacoan Mudah Dibuat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. ½ sendok teh garam
  4. ¼ sendok teh merica bubuk

Cara membuat lumpia udang mayonais

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep lumpia udang mayonais dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang di bawah air mengalir, lalu kupas cangkang dan bagian kepalanya. Setelah itu, cacah atau iris kecil udang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan cacahan udang dan kocokan telur dan masak orak-arik. Bumbui dengan kecap manis, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata.
  4. Setelah itu, masukkan potongan rebung, touge, dan daun bawang. Aduk lagi merata dan masak hingga matang. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, matikan kompor dan sisihkan agar mendingin.
  5. Siapkan satu kulit lumpia, lalu beri tengahnya dengan adonan isi yang sudah matang sekitar 2 sendok makan. Setelah itu, lipat dan gulung kulit lumpia serta rekatkan bagian ujungnya dengan larutan tepung terigu yang sudah disiapkan. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonan isi dan kulit lumpia habis. Sisihkan.
  6. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng lumpia. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan lumpia satu per satu ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik saat menggorengnya agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata lumpia udang goreng yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan mayonais, acar mentimun, dan cabai rawit hijau. Lumpia siap disantap.
Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Cah Sayur Udang untuk Lauk Makan yang Lezat

Cukup mudah bukan membuat resep lumpia udang mayonais? Oleh karenanya, silahkan mencobanya di rumah. Lebih mantap disantap saat masih hangat untuk cemilan seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan