Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » 6 Resep Nastar Klasik yang Tetap Menggoda di Lidah

6 Resep Nastar Klasik yang Tetap Menggoda di Lidah

Resep Nastar Klasik

Resep Nastar Klasik

Nastar merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer dan menjadi hidangan wajib saat momen kebersamaan seperti Lebaran. Kue nastar yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, dan selai nanas ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang lembut dan renyah. Nastar juga memiliki bentuk yang unik dengan taburan gula halus di bagian atasnya, membuatnya semakin menggoda untuk disantap.

Meskipun terdapat berbagai jenis kue dan dessert lainnya, tetapi tidak ada yang dapat menandingi kelezatan dan kepopuleran dari kue nastar. Bahkan, hingga saat ini, kue nastar masih menjadi primadona dan tidak lekang oleh waktu. Dengan berbagai variasi dan inovasi yang dilakukan, kue nastar masih tetap menggoda di lidah dan menjadi favorit bagi banyak orang. Inilah 10 resep nastar klasik yang tetap menggoda di lidah.

1. Nastar Klasik dengan Selai Nanas Asli

Nastar klasik yang pertama tidak akan lengkap tanpa selai nanas asli sebagai bahan utamanya. Selai nanas merupakan bahan yang memberikan citarasa khas pada kue nastar, membuatnya semakin lezat dan istimewa. Untuk membuat selai nanas asli, diperlukan nanas yang sudah matang dan manis, serta gula pasir sebagai pemanisnya. Nanas diiris kecil-kecil dan dimasak bersama gula pasir hingga menjadi kental dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, selai nanas dapat langsung diaplikasikan pada adonan nastar yang sudah dibentuk.

Selain memberikan rasa yang unik, selai nanas juga memberikan tekstur yang lembut dan manis pada kue nastar. Dengan menggunakan selai nanas asli, kue nastar klasik akan memiliki cita rasa yang autentik dan tidak dapat ditemukan di kue nastar komersial yang menggunakan selai buatan. Selain itu, selai nanas asli juga lebih sehat karena tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

2. Nastar Klasik dengan Bahan Dasar Tepung Ketan

Salah satu varian dari kue nastar klasik yang tetap menggoda di lidah adalah nastar dengan bahan dasar tepung ketan. Tepung ketan menjadi alternatif yang menarik dan memberikan sensasi yang berbeda dalam menikmati kue nastar. Tepung ketan memiliki tekstur yang lebih lembut dan lengket, sehingga membuat kue nastar menjadi lebih chewy dan kenyal.

Baca Juga :  Jualan Jajanan Buka Puasa Online? Ini Dia Tips Suksesnya!

Untuk membuat nastar klasik dengan bahan dasar tepung ketan, pertama-tama tepung ketan dicampur dengan tepung terigu dan gula pasir. Kemudian, campuran tepung ditambahkan dengan mentega dan telur. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan diisi dengan selai nanas. Setelah itu, kue dapat dipanggang hingga matang dan disajikan. Nastar klasik dengan bahan dasar tepung ketan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan kenyal, serta memberikan sensasi yang unik di lidah.

3. Nastar Klasik dengan Topping Keju Parut

Salah satu cara untuk membuat nastar klasik menjadi lebih menarik dan menggoda di lidah adalah dengan menambahkan topping keju parut di bagian atasnya. Keju parut yang ditaburkan di atas kue akan memberikan rasa gurih yang kontras dengan manisnya kue nastar. Selain itu, keju juga memberikan tekstur yang renyah dan lembut, membuat kue nastar semakin nikmat untuk disantap.

Untuk membuat nastar klasik dengan topping keju parut, pertama-tama adonan nastar dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan selai nanas. Kemudian, bagian atas kue diolesi dengan putih telur dan ditaburi dengan keju parut. Kue kemudian dipanggang hingga matang dan keju menjadi leleh dan renyah di bagian atasnya. Nastar klasik dengan topping keju parut ini akan memberikan sensasi yang berbeda dan meningkatkan cita rasa dari kue nastar.

4. Nastar Klasik dengan Topping Kacang Mede

Selain keju, topping kacang mede juga menjadi favorit dan memberikan cita rasa yang khas pada kue nastar. Kacang mede yang ditaburkan di atas kue akan memberikan rasa gurih yang memberikan kontras dengan manisnya kue nastar. Selain itu, kacang mede juga memberikan tekstur yang renyah dan lembut, membuat kue nastar semakin nikmat untuk disantap.

Baca Juga :  Sahur Ala Chef: 10 Inspirasi Menu Sahur yang Sederhana namun Lezat

Untuk membuat nastar klasik dengan topping kacang mede, prosesnya sama dengan nastar klasik dengan topping keju parut. Adonan nastar dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan selai nanas. Bagian atas kue diolesi dengan putih telur dan ditaburi dengan kacang mede yang sudah dihancurkan. Kue kemudian dipanggang hingga matang dan kacang mede menjadi renyah di bagian atasnya. Nastar klasik dengan topping kacang mede ini juga memberikan sensasi yang unik dan menambah cita rasa dari kue nastar.

5. Nastar Klasik dengan Bahan Dasar Tepung Almond

Nastar klasik dengan bahan dasar tepung almond juga menjadi salah satu varian yang tidak kalah menggoda di lidah. Tepung almond memberikan cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut serta renyah pada kue nastar. Tepung almond juga memberikan kandungan nutrisi yang lebih baik, sehingga kue nastar menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Untuk membuat nastar klasik dengan bahan dasar tepung almond, prosesnya sama dengan nastar klasik dengan tepung ketan. Tepung almond dicampur dengan tepung terigu dan gula pasir, kemudian ditambah dengan mentega dan telur. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan selai nanas. Kue kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan. Nastar klasik dengan bahan dasar tepung almond ini memiliki cita rasa yang unik dan lebih sehat untuk dikonsumsi.

6. Nastar Klasik dengan Bahan Dasar Tepung Beras

Terakhir, namun tidak kalah lezat, nastar klasik dengan bahan dasar tepung beras juga menjadi varian yang tetap menggoda di lidah. Tepung beras memberikan tekstur yang lebih ringan dan renyah pada kue nastar, serta memberikan rasa manis yang khas. Selain itu, tepung beras juga memberikan kandungan nutrisi yang lebih baik bagi kue nastar.

Baca Juga :  3 Resep Rujak Khas Surabaya, dari Mulai yang Rasanya Manis Sampai Pedas nan Mampu Menggetarkan Lidah

Untuk membuat nastar klasik dengan bahan dasar tepung beras, tepung beras dicampur dengan tepung terigu dan gula pasir. Adonan kemudian ditambah dengan mentega dan telur, dan dibentuk menjadi bulatan kecil yang diisi dengan selai nanas. Kue kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan. Nastar klasik dengan bahan dasar tepung beras ini memiliki tekstur yang ringan dan renyah, serta memberikan cita rasa yang unik dan khas pada kue nastar.

Kesimpulan

Dari 6 resep nastar klasik yang tetap menggoda di lidah di atas, dapat diketahui bahwa kue nastar merupakan kue yang memiliki banyak variasi dan inovasi yang menarik untuk dicoba. Nastar klasik yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, dan selai nanas telah mengalami berbagai modifikasi yang membuatnya semakin menggoda dan menarik untuk disantap. Dengan berbagai varian dan inovasi yang dilakukan, kue nastar tetap menjadi kue yang populer dan tidak lekang oleh waktu.

FAQ

1. Apakah nastar klasik hanya dapat dibuat dengan bahan dasar tepung terigu? Tidak, nastar klasik dapat dibuat dengan berbagai bahan dasar lainnya seperti tepung ketan, tepung almond, dan tepung beras.

**2. Bisakah selai nanas diganti dengan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan