Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Kuliner yang Menggoda Lidah: Resep Martabak Manis dan Asin yang Wajib Dicoba

Kuliner yang Menggoda Lidah: Resep Martabak Manis dan Asin yang Wajib Dicoba

Resep Martabak Manis dan Asin yang Wajib Dicoba (1)

Resep Martabak Manis dan Asin yang Wajib Dicoba

Siapa yang tidak kenal dengan martabak? Hidangan yang satu ini sudah menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Dari martabak manis hingga martabak asin, keduanya memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Bagi pecinta kuliner, mencoba berbagai variasi martabak merupakan sebuah keharusan. Artikel ini akan mengupas tuntas seputar martabak, mulai dari sejarah hingga resep-resep yang wajib dicoba. Jadi, siapkan diri Anda untuk tergoda oleh kelezatan martabak!

Sejarah Singkat Martabak

Martabak merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari negara Yaman. Pada awalnya, martabak dibuat dengan adonan tepung terigu, telur, dan daging yang digoreng. Hidangan ini kemudian dibawa oleh para pedagang ke Indonesia, khususnya di daerah Betawi (Jakarta) pada abad ke-19. Di Indonesia, martabak mengalami modifikasi dan penyesuaian dengan budaya lokal, sehingga tercipta berbagai varian yang kita kenal saat ini.

Martabak awalnya hanya dikenal dalam bentuk martabak asin yang berisi daging. Namun, seiring perkembangan zaman, muncul pula martabak manis yang dibuat dengan adonan yang lebih lembut dan diberi berbagai isian manis seperti cokelat, keju, dan kacang. Hingga saat ini, martabak telah menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua.

Mengenal Jenis-Jenis Martabak

Martabak dapat dibedakan menjadi dua jenis utama, yaitu martabak manis dan martabak asin. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan cita rasa yang berbeda, sehingga pecinta kuliner dapat menikmati keduanya sesuai dengan selera.

Martabak Manis

Martabak manis adalah jenis martabak yang memiliki adonan dasar yang lebih lembut dan diberi berbagai isian manis. Isian yang umum digunakan adalah cokelat, keju, kacang, serta berbagai jenis buah-buahan. Martabak manis biasanya disajikan dalam bentuk lingkaran atau persegi, dengan tekstur yang lembut dan berpori-pori. Cita rasa yang manis dan gurih membuat martabak manis menjadi favorit banyak orang.

Selain isian yang manis, martabak manis juga dapat ditambahkan berbagai topping, seperti mentega, meses, dan susu kental manis. Topping-topping ini akan menambah kelezatan dan keunikan dari setiap potongan martabak manis. Tidak jarang pula, martabak manis disajikan dengan taburan gula halus atau sirup untuk menambah kemanisan.

Martabak Asin

Berbeda dengan martabak manis, martabak asin memiliki adonan dasar yang lebih tebal dan tekstur yang lebih padat. Isian yang umum digunakan adalah daging cincang, telur, sayuran, dan keju. Martabak asin biasanya disajikan dalam bentuk lingkaran atau persegi panjang, dengan pinggiran yang renyah dan bagian dalam yang lembut.

Baca Juga :  15 Resep Olahan Ikan Mudah, Ini Rekomendasinya

Cita rasa martabak asin cenderung lebih gurih dan lezat, dengan perpaduan antara isian daging, telur, dan sayuran. Beberapa varian martabak asin juga dapat diberi tambahan saus atau sambal untuk menambah rasa pedas dan nikmat. Martabak asin seringkali disajikan sebagai hidangan utama, namun tidak jarang juga dinikmati sebagai camilan.

Resep Martabak Manis yang Lezat

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat martabak manis di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti:

Bahan-bahan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur
  3. 1 sdt ragi instan
  4. 1 sdt baking powder
  5. 1 sdt garam
  6. 180 ml air hangat
  7. 50 gram gula pasir
  8. 2 sdm mentega, lelehkan

Isian:

  1. Cokelat batangan, potong-potong
  2. Keju cheddar, parut
  3. Kacang tanah, goreng dan haluskan
  4. Pisang, potong-potong

Topping:

  1. Mentega
  2. Meses
  3. Susu kental manis

Langkah-langkah:

  1. Dalam wadah besar, campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan garam. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan telur, gula pasir, dan air hangat. Aduk hingga membentuk adonan yang licin dan tidak terlalu kental.
  3. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan teflon atau wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang adonan secukupnya, lalu ratakan hingga membentuk lingkaran.
  5. Biarkan adonan matang hingga bagian atas berlubang-lubang kecil. Angkat dan letakkan di piring.
  6. Olesi permukaan martabak dengan mentega, lalu beri topping sesuai selera, seperti cokelat, keju, kacang, atau pisang.
  7. Lipat martabak menjadi setengah lingkaran, lalu potong-potong.
  8. Sajikan martabak manis selagi hangat dengan taburan meses dan susu kental manis.

Resep Martabak Asin yang Menggugah Selera

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat martabak asin, berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti:

Bahan-bahan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur
  3. 1 sdt ragi instan
  4. 1 sdt baking powder
  5. 1 sdt garam
  6. 180 ml air hangat
  7. 2 sdm mentega, lelehkan

Isian:

  1. 200 gram daging cincang
  2. 2 butir telur, kocok
  3. 1 buah wortel, parut
  4. 100 gram kubis, iris tipis
  5. 50 gram keju cheddar, parut

Pelengkap:

  1. Sambal
  2. Kecap manis

Langkah-langkah:

  1. Dalam wadah besar, campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, dan garam. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan telur, air hangat, dan mentega leleh. Aduk hingga membentuk adonan yang kental dan licin.
  3. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.
  4. Panaskan teflon atau wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang adonan secukupnya, lalu ratakan hingga membentuk lingkaran.
  5. Biarkan adonan matang hingga bagian atas berubah warna. Angkat dan letakkan di piring.
  6. Isi martabak dengan campuran daging cincang, telur, wortel, kubis, dan keju.
  7. Lipat martabak menjadi setengah lingkaran, lalu potong-potong.
  8. Sajikan martabak asin selagi hangat dengan sambal dan kecap manis.
  9. Variasi Martabak yang Menggugah Selera
Baca Juga :  6 Resep Masakan Lebaran Khas Sumatera yang Wajib Dicoba di Hari Raya

Selain martabak manis dan asin, terdapat pula beragam variasi martabak yang dapat dicoba, seperti:

Martabak Telur

Martabak telur adalah jenis martabak asin yang diisi dengan telur, daging, dan sayuran. Teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta cita rasa yang gurih, membuat martabak telur menjadi salah satu favorit banyak orang.

Martabak Durian

Untuk pecinta durian, martabak durian dapat menjadi pilihan yang menarik. Martabak ini dibuat dengan adonan dasar yang lembut, lalu diisi dengan potongan buah durian yang manis dan creamy.

Martabak Oreo

Bagi Anda yang menyukai perpaduan antara rasa manis dan gurih, martabak Oreo dapat menjadi pilihan yang tepat. Martabak ini terbuat dari adonan dasar yang lembut, lalu diisi dengan potongan Oreo dan diberi topping menarik.

Martabak Pisang Cokelat

Kombinasi antara pisang dan cokelat selalu menjadi favorit banyak orang. Martabak pisang cokelat dibuat dengan adonan dasar yang lembut, lalu diisi dengan potongan pisang dan potongan cokelat yang lumer.

Tips Membuat Martabak yang Sempurna

Untuk mendapatkan hasil martabak yang sempurna, baik manis maupun asin, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Gunakan tepung terigu berprotein tinggi atau tepung khusus untuk martabak. Hal ini akan membuat adonan menjadi lebih kenyal dan mudah dibentuk.
  2. Pastikan untuk mengistirahatkan adonan selama 30 menit sebelum dimasak. Proses fermentasi ini akan membuat adonan menjadi lebih lembut dan berpori.
  3. Gunakan teflon atau wajan anti lengket yang sudah dipanaskan dengan baik. Ini akan membuat martabak mudah diangkat dan tidak lengket.
  4. Jangan terlalu sering membuka tutup wajan saat memasak, karena akan mengurangi panas dan membuat martabak tidak mengembang maksimal.
  5. Isi martabak dengan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Hal ini akan memberikan cita rasa yang lebih lezat.
  6. Sajikan martabak selagi hangat agar tekstur dan rasa tetap sempurna.

Kesimpulan

Martabak, baik manis maupun asin, merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Dengan beragam variasi dan resep yang menggugah selera, martabak menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner. Dari sejarah hingga tips membuat martabak yang sempurna, artikel ini telah mengupas tuntas informasi seputar martabak yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

Baca Juga :  10 Resep olahan Kentang Goreng mudah dan simpel

FAQ

1. Apa perbedaan antara martabak manis dan martabak asin? Perbedaan utama antara martabak manis dan martabak asin terletak pada adonan dasar dan isian yang digunakan. Martabak manis memiliki adonan dasar yang lebih lembut dan diberi isian manis, sedangkan martabak asin memiliki adonan dasar yang lebih tebal dan diberi isian gurih seperti daging, telur, dan sayuran.

2. Bagaimana cara membuat martabak yang lembut dan berpori? Untuk mendapatkan martabak yang lembut dan berpori, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menggunakan tepung terigu berprotein tinggi, mengistirahatkan adonan sebelum dimasak, serta menjaga suhu penggorengan agar tetap stabil.

3. Apa saja varian martabak yang populer di Indonesia? Selain martabak manis dan asin, terdapat beragam varian martabak yang populer di Indonesia, seperti martabak telur, martabak durian, martabak Oreo, dan martabak pisang cokelat.

4. Bagaimana cara menyimpan martabak agar tetap segar? Martabak sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan di suhu ruangan. Jika ingin disimpan lebih lama, martabak dapat dimasukkan ke dalam freezer. Namun, sebelum disajikan, martabak harus dipanaskan kembali agar tekstur dan rasanya tetap sempurna.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan