Minggu, 04 Oktober 2020

Langkah Bikin Risol Mayo yang Mantap

Risol Mayo Mantap



Melihat orang-orang berjualan Risol Mayo yang enak jadi kepikiran ingin membuatnya sendiri dirumah. Risoles Mayonaise atau yang orang gampang menyebutnya yaitu Risol Mayo adalah salah satu jenis makanan atau cemilan yang enak serta modern ya moms.

Memang varian dari Risoles Mayonaise ini sangat banyak, dan hampir semua pembuatannya sama. Namun yang membedakan adalah isiannya yang beraneka ragam. Ada yang membuatnya dengan isian sayuran atau bahan-bahan tradisional lainnya. Ada juga yang membuat isiannya dengan mayonaise plus sosis sekarang ini sedang trend.

Untuk isian Mayonaise sendiri memiliki cita rasa yang gurih dan lumer saus mayonaisenya. Risoles sendiri untuk kulitnya dibuat dengan tepung terigu bercampur dengan telur dan margarin. Nah, untuk membuat rasa kulit Risoles yang gurih dan lembut sendiri ada trik khususnya, yaitu dengan menambahkan campuran susu UHT.

Membuat Risoles Mayonaise di rumah tidaklah sulit ya moms, cuma butuh beberapa bahan dapur umum serta peralatan seperti wajan datar anti lengket. Oke deh, tanpa berlama-lama kita coba yuk membuat Risol Mayo dirumah aja. Hanya dengan beberapa langkah dan resep ini, kalian sudah bisa membuat Risol Mayo seenak toko kuliner.

Bahan-bahan yang digunakan:

  1. 200 gr tepung terigu serbaguna
  2. 350 ml susu cair (+/- 2 gelas sedang)
  3. 3 sdm margarin, cairkan
  4. 1 btr telur ayam
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk
  7. minyak untuk menggoreng

Bahan Isian:

  1. 200 gr mayonaise
  2. 6 btg sosis, cincang dadu
  3. 5 buah telur rebus, belah 6 bagian
  4. 50 gr keju cheddar parut

Bahan Pelapis:

  1. 1 btr telur ayam, kocok lepas 
  2. tepung roti kasar secukupnya

Oke deh, setelah beberapa bahan-bahan diatas sudah kalian siapkan, sekarang saatnya membuat Risol Mayo yang enak dari rumah saja.

Cara Membuat Risoles Mayonaise:

  1. Untuk membuat Risol Mayo yang enak, pertama-tama adalah membuat Kulit Risolnya terlebih dahulu. Siapkan tepung terigu, susu uht, telur ayam, kaldu bubuk dan garam. Campurkan dalam satu wadah dan aduk-aduk hingga merata. Kalian bisa menggunakan pengaduk whisk ataupun yang lainnya.
  2. Tambahkan margarin ke dalam wadah tadi, kemudian aduk-aduk lagi hingga merata. Untuk membuat tekstur kulit Risol yang kenyal sesuaikan tambahan Susu UHT, aduk-aduk terus hingga teksturnya pas.
  3. Setelah semuanya sudah merata, diamkan dulu adonan tadi beberapa saat kurang lebih 20 menit. Agar adonan benar-benar tercampur merata.
  4. Sambil menunggu adonan, kalian bisa menyiapkan wajan penggorengan datar, panaskan dengan api kecil kemudian masukan adonan menggunakan sendok sayur kemudian melebarkan adonan di wajan tadi. Kalian bisa meratakan adonan dengan sendok sayur ataupun lainnya.
  5. Kurang lebih 5 menit, kulit Risoles matang, hal yang menandakan kulit matang adalah permukaan kulit tidak lengket di wajan, dan kulit sudah mulai mengering.
  6. Lakukan hal ini sampai adonan kulit Risoles habis.
  7. Setelah sesi pembuatan kulit Risoles selesai, sekarang saatnya membuat isiannya. Siapkan sosis potong, keju cheddar parut, potongan telur rebus dan saus Mayonaise.
  8. Letakan bahan isian tadi diatas kulit mayo sampai pas sesuai selera, kemudian gulungkan kulit Risol sampai membentuk gulungan tikar. atau kalian juga bisa membentuk segitiga atau persegi panjang sesuai selera. Lakukan hal ini sampai isian dan kulit Risol habis.
  9. Siapkan wadah untuk mengocok telur, celupkan satu persatu Risol Mayo yang sudah selesai dibuat tadi, kemudian gulingkan diatas tepung roti sampai seluruh permukaan terselimuti.
  10. Siapkan panci penggorengan tadi, Goreng satu persatu Risol Mayo tadi sampai matang dengan berwarna kuning kecoklatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan Risol Mayo selagi hangat, jangan lupa sambal cocolannya kalian siapkan disamping Risol Mayo agar semakin nikmat.
Disqus Comments