Sabtu, 03 Oktober 2020

Cantiknya Gugusan Batu Pantai Gigi Hiu Lampung

Pantai Gigi Hiu, Keunikan Wisata di Lampung





Pantai Gigi Hiu merupakan satu diantara keindahan pantai di Lampung yang tidak boleh kamu lewatkan. Ciri khas utama dari kawasan ini adalah jajaran karang, memecah ombak sehingga, nyaman digunakan untuk bermain air bersama dengan anak-anak. Hamparan pasirnya landai, dan cenderung tidak memiliki pasir.

Nama gigi hiu sendiri diambil dari penampakan karang yang menjulang tinggi kurang lebih 1 sampai 10 meter. Beberapa diantaranya, ada yang lancip menyerupai gigi ikan hiu, tidak heran kalau masyarakat dan wisatawan menyebut demikian. Tempat ini tidak cocok bagi kamu yang ingin berenang.

Daya Tarik pantai Gigi Hiu

Sebelum mendapat julukan sebagai Gigi Hiu, penduduk setempat menyebutnya sebagai Batu Layar. Oleh karena itu, jika Anda tersesat dan tidak ada yang tahu mengenai nama pantai ini. Bisa menggunakan nama lamanya. Di tempat ini, ada salah satu karang yang bentuknya seperti layar perahu.

Keunggulan dan daya tarik yang ada di tempat ini adalah Anda bisa melihat keindahan dari matahari terbit. Pesonanya seakan tidak ada yang bisa mengalahkan. Cukup jelas dan sangat cantik. Bila ingin melihat keindahan sesungguhnya, datanglah antara bulan mei dan Desember. Dimana, sinar matahari berada dalam bumi bagian selatan.

Sehingga, pesonanya lebih dua kali lipat dibandingkan kawasan lain. Pantai ini memang masih sepi, terutama saat weekday. Tidak salah rasanya datang membawa kamera, dan berbagai macam peralatan pendukung lainnya. Hampir semua sudut dan titiknya mempunyai keindahan yang tak terbatas.

Setelah puas menikmati matahari terbit, jangan lewatkan panorama menawan matahari terbenamnya. Senja yang turun menghadirkan siluet nan menawan. Bila Anda ada di posisi yang pas, hasilnya begitu luar biasa. Mungkin, sebagian orang tidak percaya bila foto tersebut ada di Indonesia.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bagi kamu yang berada di luar Pulau Sumatera, menuju ke kawasan ini wajib masuk dulu ke daerah Bandar Lampung. Dari sini, ada dua alternatif jalan bisa dipilih. Melalui rute Teluk Kiluan yang mempunyai jarak tempuh 80 km kurang lebih 2 jam 20 menit.

Jalanan berliku dan cukup tajam berkelok kanan kiri, Menariknya sudah banyak papan petunjuk yang ada disini, sehingga memudahkan kamu mencapai titik lokasi. Atau menuju ke Padang Cermin, masuk ke Bawang sampai kecamatan dan Desa Kelumbayan. Jalannya sedikit lebih baik tetapi tetap dengan belokan tajam.

Setelah sampai di kampung, kamu bisa naik ojek dengan harga 150 ribu rupiah untuk pulang pergi. Bila ingin melihat keindahan sunrise dan sunset sekaligus tarif akan naik jadi 200 ribu rupiah. Sudah mendapatkan fasilitas makan siang. Untuk harga tiket masuknya sendiri Hanya 10 ribu rupiah saja.
Tips Mengunjungi Pantai Gigi Hiu

Sayangnya, fasilitas di Pantai ini masih sangat minim. Belum ada penginapan, warung, atau toilet. Sehingga, kami sarankan untuk membawa semua perbekalan dari rumah. Untuk Penginapan terdekat ada di Teluk Kiluan, lebih baik sewa penginapan terlebih dahulu baru berangkat.

Walaupun, masih minim jangan sampai buang sampah sembarangan. Apalagi ke pantai, banyak hewan yang memakan sampah plastik, membuat mereka mati dan langka. Rawat dengan baik kawasan ini, agar tetap bisa dinikmati oleh kita dan seluruh keturunan nanti. Sayang, bila kondisi yang sudah bersih harus dikotori.

Untuk harga penginapannya kurang lebih 200 ribu sampai 300 ribu rupiah.  Berada di kawasan ini rugi rasanya, bila tidak menikmati pesona wisata sekitarnya. Jadi, efektifkan waktu untuk berkeliling. Pantai Gigi Hiu adalah keindahan Lampung yang sulit dilupakan, walau jalannya sulit tetapi, keindahan sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan.
Disqus Comments