Rabu, 30 September 2020

Cara Mudah Bikin Puding Lumut Berbagai Varian

Resep Puding Lumut



Disaat cuaca panas terik seperti ini memang sangat cocok minum atau makan yang dingin dan segar, bisa juga dengan Es Buah atau makan puding yang lumer dan dingin. Pasti tenggorokan akan terasa adem banget deh.

Kalau untuk makanan yang cocok sih enak makan puding ya moms, gak repot, manis dan pastinya enak banget ketika di makan. Salah satu puding yang menjadi rekomendasi topwisata adalah puding lumut dan puding gula merah.

Kedua puding ini memang sangat cocok mengganjal perut dan menyegarkan tenggorokan ya moms. Nah, yang menjadi kendala adalah, dimana beli puding seperti ini, pasti susah ya menemukan, apalagi di saat pandemi covid seperti ini.

Tenang saja, moms masih membuatnya kok dirumah aja. Bahan-bahan serta alat yang dibutuhkan tidaklah sulit ya. Puding Lumut ini memiliki warna hijau pekat dari daun pandan dan adonan telur. Sehingga menghasilkan gradasi warna hijau ke bening yang sangat memikat siapapun.

Kalian juga bisa mencoba membuat warna seperti ini dengan mencampurkan agar-agar kok moms, itu cara yang gak bikin repot sih. Oke deh tanpa berlama-lama lagi, kita coba bikin yuk, Puding Lumut dan Puding Gula merahnya.

Resep Puding Lumut Pandan

Puding Lumut Pandan ini memiliki tampilan yang cantik ya moms, berpadu dengan warna gradasi hijau sampai transparan. Akan membuat siapapun pasti tertarik ingin memakannya.

Tidak juga warnanya saja yang menarik ya moms, namun rasanya juga sangat enak dan cocok sebagai hidangan penutup atau camilan.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

  1. 2 butir telur
  2. 2 bungkus santan instan 60 ml
  3. 1 bungkus agar-agar satelit plain
  4. 1 sdm pasta pandan
  5. Sejumput garam
  6. 10 sdm gula pasir (sesuai selera)
  7. 600 ml air

Cara Membuat Puding Lumut Pandan

  1. langkah pertama untuk membuat Puding Lumut Pandan yang enak adalah dengan mengocok telur terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan pengaduk atau whisk.
  2. Setelah itu masukkan gula pasir, bubuk agar-agar, santan, garam, air dan pasta pandan. aduk-aduk semua hingga merata. setelah itu saring.
  3. Rebus bahan campuran tadi dengan api sedang, sembari terus mengaduk-aduk agar bahan tidak mengental sebagian. aduk-aduk terus juga bertujuan untuk membuat tekstur lumutnya nanti.
  4. Setelah dirasa matang, angkat dan dinginkan. Mendinginkan dulu supaya mendapatkan tekstur gradasi dan lumutnya.
  5. Sudah seperti hangat kuku, kemudian tuangkan ke dalam cetakan. Diamkan.
  6. Jadi deh, Puding Lumut sebagai teman penutup makanan atau camilan nikmat.

Resep Puding Lumut Gula Merah

Nah, resep yang kedua ini adalah membuat puding lumut namun dengan varian yang berbeda. Yaitu membuat Puding Lumut Gula Merah. Sebenarnya cara yang dibutuhkan hampir sama ya moms. Yang membedakan hanyalah campuran gula merahnya saja.

Oke deh, tanpa berlama-lama kita coba buat Puding Lumut Gula Merah.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

  1. 130 gr gula merah sisir
  2. 30 gr gula pasir
  3. 625 ml air
  4. 1 butir telur
  5. 2 tetes essens pandan
  6. 1 kotak santan kara kecil
  7. 1 bungkus agar-agar plain

Cara Membuat Puding Lumut Gula Merah

  1. Langkah pertama untuk membuat Puding Gula Merah yang enak adalah mencampurkan beberapa bahan seperti gula pasir, gula merah dan air ke dalam wadah. Aduk-aduk sampai larut.
  2. Kemudian tambahkan kocokan telur, dan aduk-aduk lagi hingga merata. Tambahkan lagi perasa pandan dan santan, aduk-aduk lagi.
  3. Tambahkan agar-agar ke dalam wadah tadi, dan siapkan panci untuk memasak bahan ini. Masak sampai benar-benar mendidih, kemudian matikan api.
  4. Jangan diangkat dulu setelah api mati, aduk-aduk terus untuk membuat tekstur lumut dan air rebusan menjadi bening. Setelah itu tuangkan di cetakan.
  5. jadi deh, Puding Lumut Gula Merahnya.

Selamat mencoba ya moms.



TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments