Lompat ke konten
Home » Resep » Memasak Gulai Ikan Kakap yang Eksklusif dan Lezat untuk Acara Spesial

Memasak Gulai Ikan Kakap yang Eksklusif dan Lezat untuk Acara Spesial

Gulai Ikan Kakap (1)

Resep gulai ikan kakap

Resep gulai ikan kakap sangat ccok dimasak dan dihidangkan saat Anda sedang mengadakan acara atau kegiatan spesial, seperti arisan keluarga, silahturohmi, Idul Fitri, atau yang lainnya.

Tebal dan lembuatnya daging ikan kakap dimasak dengan bumbu gulai yang bercitarasa rempah-rempah khas Nusantara. Dijamin sedap dan lezat saat disantap masih hangat bersama nasi putih.

Adapun Anda yang suka pedas bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya dengan menambahkan cabai rawit merah sesuai selera.

Menu kuliner yang satu ini cukup eksklusif, sehingga dijual oleh warung atau rumah makan cukup mahal.

Namun demikian, Anda dapat memasaknya sendiri di rumah dengan bahan-bahan bisa dibeli di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Lalu, bagaimana resep gulai ikan kakap yang sedap dan lezat?

Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan kakap segar ukuran sedang atau besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 liter santan sedang
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun kunyit disobek lalu disimpul
  7. 2 buah asam kandis
  8. 1 genggam daun ruku-ruku
  9. 10 buah cabai rawit merah utuh atau sesuai selera
  10. 1 sendok teh garam
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Membuat Menu Favorite Yang Enak Resep Semur Jengkol

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah keriting
  4. 5 cm jahe
  5. 5 cm lengkuas
  6. 2 cm kunyit

Cara memasak gulai ikan kakap

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gulai ikan kakap dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan kakap di bawah air mengalir. Buang semua sisik dan kotoran di bagian insangnya. Setelah itu, potong-potong ikan menjadi 2 – 3 bagian, lalu masukkan ke dalam wadah baskom.
  2. Beri perasan jeruk nipis dan aduk merata. Diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, bersihkan lagi di bawah air mengalir. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, masukkan semua bumbu halus dan tumis hingga harum.
  4. Kecilkan api kompor, lalu tuangkan semua santan ke dalam wajan. Aduk merata perlahan saja secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  5. Tambahkan batang serai, daun jeruk, daun kunyit, dan asam kandis. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya perlahan.
  6. Setelah itu, masukkan potongan ikan kakap dan terus diaduk dengan semua bumbunya. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya.
  7. Masak hingga ikan benar-benar matang, lalu masukkan semua cabai rawit utuh dan daun ruku-ruku. Aduk sebentar dan silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasakan masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu diaduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  8. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan gulai ikan kakap yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Permen Dalgona (Permen Sarang Lebah Korea)

Langkah dan cara memasak resep gulai ikan kakap diatas bisa Anda praktikkan sekarang juga di rumah. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Dijamin rasanya menggugah selera. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan