Lompat ke konten
Home » Resep » Bagaimana Cara Memasak Kakap Bumbu Rujak yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Bagaimana Cara Memasak Kakap Bumbu Rujak yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

resep kakap bumbu rujak

Keyword : resep kakap bumbu rujak

Apakah Anda sudah pernah memasak resep kakap bumbu rujak atau belum? Sebuah menu kuliner yang mempunyai citarasa luar biasa karena mengkombinasikan bumbu rujak yang pedas gurih dengan ikan kakap.

Jenis ikan yang memiliki daging lembut, apalagi jika dimasak dengan bumbu istimewa. Ikan kakap dibumbui sederhana dengan garam dan gula pasir saja, lalu digoreng garing rasanya sudah sangat enak. Apalagi ikan kakap dimasak dengan bumbu rujak, pasti rasanya lebih enak lagi.

Menu kakap bumbu rujak dijual di rumah makan dengan harga lumayan mahal. Oleh karena itu, lebih baik Anda memasaknya sendiri daripada membelinya di luar sana. Anda pun bisa menyantapnya lebih puas karena porsinya besar. Ajak juga seluruh keluarga dan orang terdekat saat menyantapnya nanti.

Lalu, apa saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan, serta cara memasaknya yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca selengkapnya resep kakap bumbu rujak berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan kakap segar
  2. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. ½ sendok makan gula Jawa
  6. 2 sendok makan kecap manis
  7. 5 buah cabai merah besar diiris
  8. ½ sendok teh garam
  9. ½ sendok teh gula pasir
  10. Kaldu bubuk secukupnya
  11. Air matang secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
  13. 2 buah jeruk nipis
Baca Juga :  Resep Bebek Betutu Khas Bali dengan Citarasa Autentik dan Dijamin Lezat

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. 5 butir kemiri
  7. 2 cm kunyit
  8. 2 cm jahe

Cara memasak kakap bumbu rujak


Semua bahan dan bumbu di atas harus Anda siapkan dulu. Setelah semuanya siap, silahkan praktekkan memasak resep kakap bumbu rujak berikut.

  1. Ambil ikan kakap dan bersihkan dulu di bawah air mengalir. Buang sisik, kotoran, dan bagian insangnya. Jika ukuran ikan terlalu besar, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan aduk merata. Diamkan beberapa saat untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Sembari menunggu ikan kakap, silakan menghaluskan bumbu yang sudah disiapkan.
  3. Siapkan wajan penggorengan, nyalakan kompor api besar, dan beri minyak goreng secukupnya. Lalu, masukkan ikan kakap satu per satu. Goreng ikan kakap hingga berwarna kuning keemasan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan lagi wajan penggorengan yang sudah diganti minyak gorengnya secukupnya. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum. Kecilkan api kompor, lalu masukkan ikan kakap goreng ke dalamnya. Aduk merata.
  5. Tambahkan air matang secukupnya. Masukkan bumbu lainnya, seperti batang serai, daun salam, cabai, garam dan gula pasir. Aduk terus perlahan.
  6. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengoreksi rasanya. Jika dirasa belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi merata.
  7. Matikan kompor dan masakan kakap bumbu rujak siap di plating.
  8. Siapkan piring saji. Ambil kakap bumbu rujak dan letakkan di atas piring saji. Beri taburan bawang goreng secukupnya.
Baca Juga :  Membuat makanan Kofta Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Ternyata, memasak resep kakap bumbu rujak cukup mudah. Setelah matang, Anda bisa menyantapnya dengan nasi hangat. Pasti dijamin lebih mantap.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan