Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Goreng Santan dengan Sambal Bawang yang Menggugah Selera

Resep Ayam Goreng Santan dengan Sambal Bawang yang Menggugah Selera

Resep Ayam Goreng Santan (1)

Resep ayam goreng santan

Ada resep ayam goreng santan yang mungkin Anda belum pernah mencobanya, baik mencoba mencicipi atau memasaknya.

Hal itu dikarenakan proses pengungkepan ayamnya menggunakan santan, sehingga rasa santan yang gurih meresap ke dalam dagingnya. Selain santan, masih masih ada beberapa bumbu dan rempah yang digunakan.

Setelah diungkep, ayam dapat digoreng garing lalu disajikan dengan sambal bawang yang pedas. Dijamin makan siang Anda semakin berselera dan bersemangat untuk menghabiskan banyak nasi putih hangat.

Jika penasaran dengan rasanya, Anda bisa coba memasaknya di rumah dengan semua bahan dan bumbu yang mudah didapatkan. Namun sebelumnya, silahkan membaca dulu resep ayam goreng santan selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam pedaging segar ukuran sedang
  2. 1 sendok makan air jeruk lemon
  3. 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  4. 4 lembar daun salam
  5. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya saja
  6. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng ayam

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 4 cm lengkuas
  5. 4 cm kencur
  6. 2 sendok teh ketumbar disangrai
  7. 1 sendok teh merica butiran disangrai
  8. 5 butir kemiri disangrai
  9. 2 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Kacang Tojin, Makanan khas yang berasal dari Jawa Timur

Bahan lapisan

  1. 2 butir telur ayam dikocok lepas
  2. 100 gram kelapa parut disangrai garing

Bahan sambal bawang

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 3 buah cabai merah besar
  3. 2 siung bawang putih
  4. ½ sendok teh garam

Cara memasak ayam goreng santan

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam goreng santan beserta sambal bawang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu satu ekor ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi 10 – 12 bagian sesuai selera Anda.
  2. Ambil sebuah baskom dan masukkan semua potongan ayam ke dalamnya. Lalu, tuangkan air jeruk lemon dan aduk merata. Diamkan sekitar 10 menit.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan batang serai, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, tuangkan santan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan saja hingga bercampur dengan bumbunya.
  5. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk merata dengan semua bumbu. Pastikan semua ayam terendam santan. Masak dan ungkep hingga kuahnya menyusut dan mengental serta pastikan ayamnya sudah empuk. Jika belum, Anda bisa menambahkan air secukupnya untuk mengungkep ayamnya hingga empuk.
  6. Setelah matang dan empuk, matikan kompor lalu angkat semua ayam. Sisihkan dulu. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lainnya dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ayam.
  7. Celupkan dulu potongan ayam yang sudah diungkep bumbu santan ke dalam kocokan telur, lalu guling-gulingkan di kelapa parut kering. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak panas untuk digoreng hingga matang.
  8. Pastikan permukaan ayam sudah berwarna kecoklatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  9. Langkah berikutnya membuat sambal bawang. Caranya, haluskan semua bahan sambal dengan menguleg diatas cobek atau menggunakan chopper.
  10. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan semua ayam goreng santan yang sudah matang diatasnya. Sementara itu, siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah sambal bawang. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikannya lauk makan siang.
Baca Juga :  Resep Tongseng Ayam Kampung, Perpaduan Gurih Pedas yang Menggugah Selera

Dijamin resep ayam goreng santan setelah matang rasanya lezat dan mantul. Seluruh keluarga Anda pasti menyukai ayam gorengnya. Jadi, silahkan untuk coba memasaknya di rumah.

Lihat video Resep Ayam Goreng Santan

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan