Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Nasi Tim Ayam untuk santapan Keluarga

Memasak Nasi Tim Ayam untuk santapan Keluarga

nasi tim ayam (1)

Resep nasi tim ayam

Resep nasi tim ayam merupakan sebuah menu perpaduan Chineese food dengan Indonesian food. Cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu dengan dikukus bersama potongan daging ayam yang sudah dibumbui.

Adapun daging ayamnya dimasak dengan campuran kecap manis dan saus tiram, sehingga rasa gurihnya begitu menonjol.

Anda bisa menemukan kuliner yang satu ini di rumah makan atau restoran Cina yang ada disini. Harganya juga cukup terjangkau, tetapi rasanya begitu enak dan sedap.

Dijamin mulai dari anak-anak orang tua pasti menyukainya. Apalagi disantap waktu masih hangat beramai-ramai akan lebih menyenangkan.

Anda sekalian yang penasaran dengan rasa masakannya silahkan memasaknya sendiri di rumah. Namun sebelumnya, baca dulu resep nasi tim ayam selengkapnya berikut.

Bahan untuk nasi

  1. 500 gram beras putih dicuci bersih di bawah air mengalir
  2. 1 liter air
  3. 3 siung bawang putih digeprek dan dicincang halus
  4. 1 cm jahe dicincang halus
  5. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bahan untuk tumisan ayam

  1. 300 gram daging ayam dibersihkan dan dipotong dadu
  2. 3 siung bawang putih dicincang halus
  3. 3 sendok makan kecap manis
  4. 2 sendok makan saus tiram
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 1 sendok makan minyak wijen
  8. 2 gelas air
  9. 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Resep Sup Ikan Nila Kemangi yang Lezat dan Menyegarkan

Bahan untuk kuahnya

  1. 3 siung bawang putih
  2. 7 gelas air
  3. 2 helai daun bawang diiris kecil
  4. 1 sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  8. Tulang ayam secukupnya
  9. Bakso secukupnya

Cara memasak nasi tim ayam

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep nasi tim ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, membuat tumisan ayam. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan jahe dan tumis terus hingga layu.
  2. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk merata hingga berubah warna. Tambahkan kecap manis dan saus tiram, lalu aduk merata lagi.
  3. Tuangkan air yang sudah disiapkan, dan bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk merata dan masak hingga airnya menyusut. Sebelum dimatikan kompor, tambahkan minyak wijen dan aduk sebentar. Tumisan ayam sudah matang.
  4. Langkah berikutnya, yaitu membuat kuahnya. Caranya, siapkan panci ukuran sedang dan rebus air yang sudah disiapkan hinga mendidih. Masukkan tulang ayam dan rebus hingga mengeluarkan kaldu. Matikan kompor dan saring kuah kaldunya.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum.
  6. Setelah itu, tuangkan kaldu ayam ke dalam wajan. Tambahkan bakso dan masak hingga mendidih. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata dan jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sedap, matikan kompor.
  7. Selanjutnya, siapkan pancici kukusan. Tambahkan air secukupnya di dalamnya dan panaskan hingga mendidih.
  8. Siapkan mangkok aluminiun yang tahan panas. Beri tumisan ayam di dalamnya, lalu penuhi dengan beras yang sudah dicuci sebelumnya. Setelah itu, kukus sekitar 40 menit atau hingga nasi matang.
  9. Setelah matang, matikan kompor dan keluarkan mangkoknya. Siapkan piring saji untuk plating, lalu sajikan nasi tim ayam yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan kuahnya di mangkuk berbeda.
Baca Juga :  Resep Ikan Arsik Khas Sumatera Utara, Sajian yang Tidak Pernah Absen di Perayaan Hari Natal Suku Batak

Itulah resep nasi tim ayam selengkapnya yang bisa Anda coba memasaknya di rumah. Jika sudah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk menyantapnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan