Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cumi Saus Tiram yang menggiurkan

Resep Cumi Saus Tiram yang menggiurkan

Cumi Saus Tiram

Resep Cumi Saus Tiram yang menggiurkan

Recipe By siti
Course: Cumi Saus Tiram Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

3 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. 350 gram cumi 

  2. 50 mililiter minyak goreng

  3. 2 ikat daun bawang iris tipis

  4. 3 buah tomat dipotong-potong

  5. 200 mililiter air

  6. 3 siung bawang putih

  7. 2 siung bawang merah

  8. 1 sendok teh merica

  9. 1 sendok teh garam

DIRECTION

  1. Tumis

    Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai hijau dan merah, aduk hingga layu[1]. 

  2. Masukkan

    Masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan disiapkan ke dalam adonan tumis, aduk hingga cumi berubah warna[4]. 

  3. Panaskan

    Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu masukkan cumi yang sudah dipotong, aduk hingga rata dan berwarna keemasan[5].

NOTES

Pembuatan Cumi Saus Tiram

Untuk menyiapkan hidangan Cumi Saus Tiram yang menggiurkan, Anda memerlukan daftar bahan-bahan penting yang tersedia di pasaran[1]. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk resep lezat ini meliputi: 

  1. 350 gram cumi 
  2. 50 mililiter minyak goreng 
  3. 2 ikat daun bawang iris tipis 
  4. 3 buah tomat dipotong-potong 
  5. 200 mililiter air 

Bumbu halus seperti 

  1. 3 siung bawang putih, 
  2. 2 siung bawang merah, 
  3. 1 sendok teh merica, 
  4. dan 1 sendok teh garam[2] 

Bahan-bahan ini sangat penting dalam menciptakan cita rasa khas Cumi Saus Tiram dan sangat penting untuk keberhasilan hasil kuliner.

Cara memasak Cumi Saus Tiram yang mudah dan tidak memerlukan langkah-langkah yang rumit

menjadikannya hidangan yang nyaman untuk diolah di berbagai kesempatan[3]. Proses memasaknya meliputi langkah-langkah berikut: 

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai hijau dan merah, aduk hingga layu[1]. 
  2. Masukkan cumi yang sudah dibersihkan dan disiapkan ke dalam adonan tumis, aduk hingga cumi berubah warna[4]. 
  3. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu masukkan cumi yang sudah dipotong, aduk hingga rata dan berwarna keemasan[5]. 

Petunjuk memasak yang tidak rumit ini memastikan bahkan juru masak amatir pun dapat berhasil menciptakan kembali Cumi Saus Tiram yang lezat di rumah.

Baca Juga :  Memasak dan Menyajikan Resep Ikan Bandeng Bumbu Bali yang Menggugah Selera

Setelah Cumi Saus Tiram dimasak dengan sempurna, sekarang saatnya mempertimbangkan saran penyajian dan pilihan hiasan untuk meningkatkan pengalaman bersantap[3]. 

Untuk menyajikan Cumi Saus Tiram dengan menggugah selera, simak rekomendasi berikut ini: 

  1. Hiasi dengan daun ketumbar segar atau peterseli untuk menambah warna dan kesegaran – Sajikan panas bersama nasi atau mie kukus untuk hidangan lengkap 
  2. Tambahkan perasan air jeruk nipis atau taburan biji wijen untuk menambah rasa 

Saran penyajian ini tidak hanya meningkatkan daya tarik visual dari hidangan namun juga melengkapi kekayaan rasa Cumi Saus Tiram, memastikan pengalaman kuliner yang menyenangkan bagi mereka yang ikut serta dalam kelezatan hidangan laut yang gurih ini.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Cumi Segar** – Saat membuat resep cumi saus tiram, pemilihan cumi segar sangat penting untuk memastikan rasa dan tekstur yang optimal. Carilah cumi-cumi yang permukaannya mengkilat dan halus dengan sedikit bau laut. Hindari cumi-cumi dengan bau amis atau tekstur berlendir, karena ini merupakan tanda-tanda pembusukan. Cumi-cumi segar juga harus memiliki mata yang jernih, cerah, dan daging yang keras.

**Pembersihan dan Persiapan yang Benar** – Sebelum memasak cumi, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh dengan membuang kepala, tentakel, paruh, dan jeroan. Kupas kulit ungunya dan bilas cumi dengan air dingin. Untuk melunakkan cumi, Anda bisa menggores dagingnya dengan pola garis silang atau memukulnya perlahan dengan palu daging. Pembersihan dan persiapan yang tepat memastikan pengalaman bersantap yang lebih menyenangkan dan mencegah rasa atau tekstur yang tidak diinginkan pada hidangan.

**Marinasi untuk Infus Rasa** – Merendam cumi dalam campuran saus tiram, kecap asin, bawang putih, jahe, dan bumbu lainnya dapat menambah cita rasa masakan. Biarkan cumi direndam setidaknya selama 30 menit atau hingga beberapa jam di lemari es agar rasa meresap ke dalam daging. Pengasinan juga membantu melunakkan cumi sehingga lebih lezat dan beraroma saat dimasak.

**Memasak Cepat dan Panas Tinggi** – Cumi dimasak dengan cepat dan paling baik dimasak dengan api besar agar tidak menjadi keras dan kenyal. Baik menggoreng, memanggang, atau menumis cumi dengan saus tiram, pastikan wajan atau wajan Anda panas sebelum menambahkan cumi. Masak cumi beberapa menit saja hingga berubah warna menjadi buram dan menggulung, hati-hati jangan sampai terlalu matang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tekstur yang empuk dan juicy pada hidangan yang sudah jadi.

Baca Juga :  Resep Udang Goreng Telur Asin Buatan Rumahan yang Sedap

**Menyeimbangkan Rasa dan Tekstur** – Resep cumi saus tiram yang dijalankan dengan baik harus memiliki keseimbangan rasa dan tekstur. Saus tiram yang kaya umami memberikan kedalaman gurih pada hidangan, sementara bahan-bahan segar seperti bawang putih, jahe, dan daun bawang menambah aroma aromatik. Pastikan untuk menambahkan sentuhan manis, asam, dan asin untuk mencapai profil rasa yang harmonis. Untuk menyempurnakan teksturnya, pertimbangkan untuk menambahkan sayuran renyah seperti paprika atau kacang polong agar renyah dan kontras warna. Bereksperimenlah dengan kombinasi bahan yang berbeda untuk menemukan keseimbangan sempurna antara rasa dan tekstur dalam hidangan cumi saus tiram.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cumi Saus Tiram? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cumi Saus Tiram antara lain cumi segar, saus tiram, bawang putih, jahe, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, merica bubuk, air, dan bahan pelengkap seperti wortel dan paprika.

Q: Bagaimana cara memasak Cumi Saus Tiram? A: Untuk memasak Cumi Saus Tiram, pertama-tama tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu tambahkan cumi yang sudah dipotong-potong, aduk hingga cumi berubah warna. Selanjutnya tambahkan saus tiram, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, merica bubuk, dan air. Masak hingga bumbu meresap dan cumi matang sempurna.

Q: Apa yang bisa dijadikan sarana penyajian untuk Cumi Saus Tiram? A: Cumi Saus Tiram dapat disajikan dengan nasi putih hangat, mie, atau kwetiau sebagai menu utama. Anda juga bisa menambahkan hiasan seperti irisan wortel, paprika, atau daun bawang untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Q: Apakah Cumi Saus Tiram bisa disimpan selama beberapa hari? A: Ya, Cumi Saus Tiram bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, disarankan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan agar tekstur dan rasa cumi tetap enak.

Baca Juga :  Membuat Es Pisang Ijo, Sajian Segar Berbuka Puasa

Q: Bisakah saya mengganti cumi dengan bahan laut lain dalam resep ini? A: Tentu, Anda bisa mengganti cumi dengan bahan laut lain seperti udang, kerang, atau ikan dalam resep Cumi Saus Tiram ini. Pastikan untuk menyesuaikan waktu memasak agar bahan laut yang digunakan matang dengan sempurna.

1.   Resep Cumi Saus Tiram, Makanan Enak Masaknya Cepat.  (n.d.)   Diperoleh April 29, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Cumi Saos Tiram oleh Hatta.  (n.d.)   Diperoleh April 29, 2024, dari cookpad.com/id/resep/13827879-cumi-saos-tiram 

3.   Resep Cumi Saus Tiram Kenyal dan Gurih – UFS.  (n.d.)   Diperoleh April 29, 2024, dari www.unileverfoodsolutions.co.id 

4.   2 Resep Praktis Cumi Saus Tiram, Bonus Trik Masak ….  (n.d.)   Diperoleh April 29, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

5.   Resep Cumi Saus Tiram Pedas ala Restoran untuk Lauk ….  (n.d.)   Diperoleh April 29, 2024, dari food.detik.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info