Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Iga Bakar yang gurih dan lezat

Resep Iga Bakar yang gurih dan lezat

resep iga bakar

Resep Iga Bakar yang gurih dan lezat

Recipe By siti
Course: Iga Bakar Cusine:amerika Difficulty:mudah

Servings

2 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. iga sapi

  2. kecap manis

  3. kecap asin

  4. minyak wijen

  5. bawang putih

  6. bawang merah

  7. jahe

  8. garam

  9. saus sambal

  10. mentimun

  11. tomat

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, bersihkan iga sapi dengan baik dan rendam dalam air jeruk nipis selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis. .

  2. Langkah 2

    Kemudian, lumuri iga dengan bumbu marinasi yang telah Anda siapkan dan diamkan minimal selama 1 jam agar bumbu meresap sempurna

  3. Langkah 3

    Setelah itu, bakar iga di atas bara api sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu marinasi agar matang merata dan memiliki aroma yang harum.

NOTES

    Agar iga bakar yang Anda buat memiliki tekstur yang empuk dan aromanya semakin menggugah selera, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda memilih iga sapi yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan terlalu banyak memasukkan bumbu agar cita rasa asli dari daging sapi tetap terjaga. Selama proses pemanggangan, balik iga secara berkala dan olesi dengan bumbu agar matang sempurna dan tidak gosong.

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari iga bakar yang gurih dan lezat? Menu yang satu ini memang selalu berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner. Iga bakar memiliki cita rasa yang khas dan tentunya membuat lidah bergoyang. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri iga bakar di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda coba.

Baca Juga :  Yuk, Memasak Resep Semur Ati Ampela ala Warteg yang Rasanya Menggugah Selera

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak iga bakar, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Beberapa bahan utama yang Anda perlukan antara lain adalah iga sapi, bumbu marinasi seperti kecap manis, kecap asin, minyak wijen, bawang putih, bawang merah, jahe, dan garam. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan bahan pelengkap seperti saus sambal dan irisan mentimun serta tomat untuk penyajian.

Langkah-Langkah Memasak Iga Bakar

Pertama-tama, bersihkan iga sapi dengan baik dan rendam dalam air jeruk nipis selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, lumuri iga dengan bumbu marinasi yang telah Anda siapkan dan diamkan minimal selama 1 jam agar bumbu meresap sempurna. Setelah itu, bakar iga di atas bara api sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu marinasi agar matang merata dan memiliki aroma yang harum.

Tips agar Iga Bakar Empuk dan Beraroma

Agar iga bakar yang Anda buat memiliki tekstur yang empuk dan aromanya semakin menggugah selera, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda memilih iga sapi yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan terlalu banyak memasukkan bumbu agar cita rasa asli dari daging sapi tetap terjaga. Selama proses pemanggangan, balik iga secara berkala dan olesi dengan bumbu agar matang sempurna dan tidak gosong.

Variasi Menu Iga Bakar yang Bisa Anda Coba

Selain dengan bumbu marinasi yang khas, Anda juga bisa mencoba variasi menu iga bakar dengan bumbu lain yang tidak kalah lezat. Misalnya, Anda dapat mencoba membuat iga bakar dengan bumbu barbeque yang manis dan gurih. Atau Anda juga bisa menambahkan bumbu pedas dengan saus sambal sebagai pelengkapnya. Cobalah berkreasi dengan berbagai bumbu dan racikan rahasia Anda sendiri untuk menciptakan iga bakar yang unik dan lezat.

Baca Juga :  Resep Nasi Pecel Ala Sederhana

Manfaat Mengkonsumsi Iga Bakar

Selain rasanya yang lezat, mengkonsumsi iga bakar juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Daging sapi mengandung protein tinggi yang baik untuk membangun otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, iga bakar juga mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia dan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Namun, konsumsilah dengan bijak dan jangan berlebihan agar tetap menjaga kesehatan tubuh Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak iga bakar?

Untuk memasak iga bakar dengan sempurna, Anda memerlukan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari tingkat kematangan dan keempukan daging yang Anda inginkan.

2. Apakah bisa menggunakan bumbu lain selain bumbu yang disebutkan di atas?

Tentu saja! Anda bisa bereksperimen dengan berbagai bumbu sesuai dengan selera Anda. Cobalah dengan bumbu-bumbu lain yang Anda suka untuk menciptakan cita rasa yang berbeda.

3. Bagaimana cara memastikan iga bakar telah matang secara menyeluruh?

Anda dapat menggunakan tusukan sate atau garpu untuk mengecek keempukan iga bakar. Jika daging sudah lunak dan tidak ada cairan berwarna merah muda yang keluar, berarti iga bakar Anda telah matang.

Baca Juga :  Lobster Bakar Madu Keju Meleleh, Resep Membuatnya

4. Bisakah iga bakar disimpan untuk dikonsumsi di lain waktu?

Tentu saja! Anda dapat menyimpan iga bakar dalam lemari es dengan wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya. Untuk menghangatkan kembali, Anda bisa memanaskannya di atas panggangan atau microwave sebelum disajikan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info