Lompat ke konten
Home » Nasi Goreng Mawut Pedas ala Rumahan yang Rasanya Maknyos

Nasi Goreng Mawut Pedas ala Rumahan yang Rasanya Maknyos

Nasi Goreng Mawut (1)

Resep nasi goreng mawut

Resep nasi goreng mawut memang unik karena mencampurkan berbagai bahan ke dalam satu masakan, lalu dimasak dengan bumbu nasi goreng.

Bahan yang digunakan mulai dari mie atau bihun, beragam sayuran, nasi putih, hingga irisan protein hewani seperti daging ayam, ati ampela, atau yang lainnya. Jadilah sebuah menu nasi goreng yang benar-benar mawut, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan berantakan.

Meskipun nasi gorengnya mawut, tetapi rasanya benar-benar menggugah selera. Tidak sedikit orang yang menyukai menu nasi goreng semacam ini karena cukup unik dan rasanya enak.

Apalagi nasi gorengnya dimasak dengan level kepedasan cukup tinggi. Anda harus menyiapkan banyak air putih dingin untuk menetralisir rasa pedasnya tersebut.

Lalu, apakah Anda penasaran dengan rasa nasi goreng yang berantakan seperti itu? Jika iya, silahkan memasaknya sendiri dengan panduan resep nasi goreng mawut berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 2 piring penuh nasi putih
  2. 1 genggam mie basah
  3. 1 genggam bihun basah
  4. 5 butir bakso dipotong kecil
  5. 1 genggam suwiran daging ayam
  6. 3 lembar daun kol dipotong-potong
  7. 3 lembar sawi hijau dipotong-potong
  8. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  9. 1 batang seledri dipotong kecil
  10. 3 sendok makan kecap manis
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Paru Goreng Bumbu Bacem dengan Sambal Bajak Memang Sangat Istimewa

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 2 butir kemiri
  5. 2 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh merica butiran atau bubuk

Bahan pelengkap

  1. 1 buah telur dadar atau ceplok
  2. Acar mentimun secukupnya
  3. Bawang merah goreng secukupnya
  4. Krupuk secukupnya

Cara memasak nasi goreng mawut

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep nasi goreng mawut dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan ukuran sedang, lalu beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan bakso dan suwiran ayam. Aduk merata. Setelah itu, masukkan nasi putih, bakmi, dan bihun. Aduk merata dan kecilkan api kompor.
  3. Tambahkan kecap manis dan terus diaduk merata. Masukkan juga daun kol, sawi hijau, daun bawang, dan seledri. Aduk merata lebih cepat agar semua bumbu dan bahan tercampur.
  4. Jangan lupa dicicipi sedikit untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih belum pas di lidah, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk cepat lagi secara merata. Matikan kompor dan nasi goreng sudah matang, siap dihidangkan.
  5. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan nasi goreng mawut yang sudah matang diatas piring saji. Taburi bawang goreng secukupnya agar lebih sedap. Lengkapi dengan telur dadar atau ceplok, acar, dan kerupuk. Nasi goreng mawut siap disantap.
Baca Juga :  Membuat Soto Ayam Madura Yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Silahkan Anda coba memasak resep nasi goreng mawut yang diinformasikan diatas. Cocok disantap untuk makan siang atau malam. Bagi Anda penggemar masakan pedas, bisa ditambah jumlah cabai rawit dalam bumbunya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info