Lompat ke konten
Home » Resep » Anda Harus Mencoba Resep Semur Ati Ampela, Enak deh

Anda Harus Mencoba Resep Semur Ati Ampela, Enak deh

semur ati ampela (1)

Resep semur ati ampela

Resep semur ati ampela bisa Anda masak di rumah untuk dijadikan variasi menu makan siang atau malam seluruh keluarga. Terutama Anda yang menyukai rasa ati ampela ayam yang lezat.

Jika biasanya, ati ampela digoreng biasa atau digoreng tepung krispi. Sekarang, ati ampela dimasak dengan bumbu semur yang rasanya menjadi gurih pedas manis sesuai selera Anda masing-masing.

Anda bisa menemukan menu semur ati ampela yang biasanya dijual di warung atau rumah makan khas Jawa. Tidak perlu membelinya di luar karena Anda juga bisa memasaknya sendiri dengan bahan, bumbu, serta langkah-langkah yang direkomendasikan.

Dengan begitu, rasa masakannya benar-benar menggugah selera. Untuk lebih jelas dan lengkap perihal resep semur ati ampela, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 pasang ati ampela ayam segar
  2. ½ sendok teh pala
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 2 cm lengkuas digeprek
  6. 2 sendok makan kecap manis
  7. ¼ sendok teh garam
  8. ½ sendok teh kaldu bubuk
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. ¼ sendok teh lada bubuk
  11. 2 gelas air putih
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Rendang Kentang Jamur, Variasi Masakan Tanpa Protein Hewani yang Tetap Sedap

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri disangrai
  4. 2 cm jahe
  5. 1 buah cabai merah besar
  6. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera

Cara memasak semur ati ampela

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep semur ati ampela dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ati ampela di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus semuanya di air mendidih dengan menambahkan selembar daun salam selama 15 menit atau hingga mengeluarkan busa. Setelah matang, angkat dan tiriskan ati ampela.
  2. Sisihkan beberapa waktu hingga agak mendingin. Lalu, Anda bisa memotong ati ampela tersebut sesuai selera, jika ukurannya terlalu besar. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan batang serai, lengkuas, daun salam, dan pala. Tumis hingga semua bahan tersebut layu. Setelah itu, tuangkan air putih yang sudah disiapkan, lalu kecilkan api kompor.
  5. Masukkan potongan ati ampela dan aduk merata. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, kecap manis, dan lada bubuk. Aduk merata dan masak hingga air menyusut.
  6. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakannya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Lalu, tuangkan masakan semur ati ampela yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Acar Bawang Putih yang Populer di Tiktok

Anda sekalian sudah mengetahui resep semur ati ampela yang ternyata mudah memasaknya. Oleh karenanya, silahkan dipraktikkan sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan