Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tahu Goreng Crispy, rasa yang gurih di luar, namun lembut di dalam

Resep Tahu Goreng Crispy, rasa yang gurih di luar, namun lembut di dalam

Tahu Goreng Crispy

Resep Tahu Goreng Crispy, rasa yang gurih di luar, namun lembut di dalam

Recipe By siti
Course: Tahu Goreng Crispy Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. tahu putih segar

  2. tepung terigu

  3. tepung maizena

  4. bawang putih

  5. garam

  6. merica bubuk

  7. kaldu bubuk

  8. air secukupnya

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Pertama-tama, haluskan bawang putih dan sisihkan

  2. Langkah 2

    Kemudian, potong tahu sesuai selera dan siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan lainnya

  3. Langkah 3

    Campurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam wadah tersebut

  4. Langkah 4

    Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata

  5. Langkah 5

    Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental namun tetap dapat dicelupkan tahu.

  6. Langkah 6

    Setelah adonan siap, panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak dalam wajan

  7. Langkah 7

    Celupkan potongan tahu ke dalam adonan tepung hingga tertutup secara merata

  8. Langkah 8

    Pastikan tahu terbalut adonan dengan baik agar hasilnya nanti akan lebih crispy

  9. Langkah 9

    Goreng tahu dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan terlihat renyah

  10. Langkah 10

    Angkat tahu dan tiriskan. Tahu goreng crispy siap disajikan dan dinikmati selagi hangat.

NOTES

    Agar tahu goreng crispy yang Anda buat lebih nikmat dan renyah, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan tahu yang digunakan dalam keadaan segar dan memiliki tekstur yang padat. Tahu yang terlalu lembek akan sulit untuk dibalut tepung dan hasilnya tidak akan secrispy tahu yang diinginkan. Selain itu, pastikan juga minyak dalam keadaan panas yang cukup saat menggoreng tahu agar tahu dapat matang dengan baik dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi adonan tepung sebelum memasukkan tahu ke dalamnya untuk memastikan rasanya sudah pas dan sesuai selera.

Baca Juga :  Resep Beef Stroganoff Asal Rusia yang Mudah Cara Memasaknya

Siapa yang tidak menyukai tahu goreng crispy? Makanan yang satu ini memang selalu berhasil membuat lidah bergoyang dan lidah tak bisa berhenti mengunyah. Tahu goreng crispy memiliki rasa yang gurih di luar, namun lembut di dalam. Kombinasi sempurna yang membuat siapa pun ketagihan untuk terus mencicipinya. Apalagi, tahu goreng crispy bisa disantap kapan pun dan di mana pun, baik sebagai camilan di sela-sela aktivitas maupun sebagai teman makan nasi hangat. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat tahu goreng crispy sendiri di rumah, berikut ini adalah resep yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan tahu goreng crispy, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut relatif mudah didapatkan dan mungkin sudah ada di dapur Anda. Yang Anda butuhkan adalah tahu putih segar, tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, dan air secukupnya. Pastikan tahu yang Anda gunakan memiliki tekstur yang cukup padat agar hasil tahu goreng crispy lebih renyah dan gurih.

Langkah-langkah untuk Membuat Tahu Goreng Crispy

Pertama-tama, haluskan bawang putih dan sisihkan. Kemudian, potong tahu sesuai selera dan siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan lainnya. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam wadah tersebut. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental namun tetap dapat dicelupkan tahu.

Setelah adonan siap, panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak dalam wajan. Celupkan potongan tahu ke dalam adonan tepung hingga tertutup secara merata. Pastikan tahu terbalut adonan dengan baik agar hasilnya nanti akan lebih crispy. Goreng tahu dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan terlihat renyah. Angkat tahu dan tiriskan. Tahu goreng crispy siap disajikan dan dinikmati selagi hangat.

Baca Juga :  Resep Puding Susu lembut dan tahan lama

Tips agar Tahu Goreng Crispy Lebih Nikmat

Agar tahu goreng crispy yang Anda buat lebih nikmat dan renyah, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan tahu yang digunakan dalam keadaan segar dan memiliki tekstur yang padat. Tahu yang terlalu lembek akan sulit untuk dibalut tepung dan hasilnya tidak akan secrispy tahu yang diinginkan. Selain itu, pastikan juga minyak dalam keadaan panas yang cukup saat menggoreng tahu agar tahu dapat matang dengan baik dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi adonan tepung sebelum memasukkan tahu ke dalamnya untuk memastikan rasanya sudah pas dan sesuai selera.

Variasi Tahu Goreng Crispy yang Bisa Dicoba

Selain tahu goreng crispy biasa, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai variasi rasa untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan bubuk cabai atau bubuk paprika ke dalam adonan tepung untuk memberikan sentuhan pedas yang sedikit berbeda. Anda juga bisa mencampurkan wijen atau taburan rempah-rempah lainnya ke dalam adonan tepung untuk menambah aroma dan rasa yang khas. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan tahu sutra atau tahu sutra untuk hasil tahu goreng crispy yang lebih lembut dan renyah.

Kesimpulan

Tahu goreng crispy memang menjadi camilan favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Dengan mengikuti resep di atas dan tips-tips yang diberikan, Anda bisa mencoba membuat tahu goreng crispy sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah tahu yang digunakan harus tahu putih?

Idealnya, tahu putih digunakan karena teksturnya yang padat cocok untuk tahu goreng crispy. Namun, Anda juga bisa mencoba menggunakan tahu sutra atau tahu biasa sesuai selera.

Baca Juga :  Mempraktikkan Resep Nugget Ayam Wortel untuk Menu Lauk yang Lezat

Bagaimana cara menjaga agar tahu goreng crispy tetap renyah?

Agar tahu goreng crispy tetap renyah, pastikan tahu yang digunakan tidak terlalu lembek dan adonan tepung yang digunakan cukup kental. Selain itu, pastikan minyak dalam keadaan panas yang cukup saat menggoreng tahu.

Apakah tahu goreng crispy bisa disimpan untuk dikonsumsi nanti?

Tahu goreng crispy sebaiknya disajikan dan dimakan selagi hangat agar tetap renyah. Jika ingin menyimpannya, pastikan tahu sudah benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap crispy.

Apakah bisa menambahkan saus atau bumbu lain saat menyantap tahu goreng crispy?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan saus sambal, saus keju, atau bumbu lain sesuai selera untuk menambah cita rasa saat menyantap tahu goreng crispy. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info