Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Tongkol Suwir yang gurih dan lezat

Resep Tongkol Suwir yang gurih dan lezat

resep tongkol suwir1 (1)

Resep Tongkol Suwir yang gurih dan lezat

Recipe By siti
Course: Tongkol Suwir Cusine:id Difficulty:Mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

40 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

200 kcal

INGREDIENTS

  1. ikan tongkol segar

  2. bawang putih

  3. bawang merah

  4. cabai merah

  5. jahe

  6. kunyit

  7. serai

  8. daun jeruk

  9. garam

  10. gula

  11. santan encer

DIRECTION

  1. Langkah 1

    Setelah bumbu mendidih, masukkan suwiran ikan tongkol ke dalam bumbu dan aduk rata

  2. Langkah 2

    Biarkan ikan tongkol meresap bumbu selama beberapa menit agar rasanya semakin lezat

  3. Langkah 3

    Jika Anda menyukai masakan pedas, tambahkan potongan cabai rawit ke dalam tumisan

  4. Langkah 4

    Sajikan tongkol suwir hangat-hangat dengan nasi putih hangat sebagai pendampingnya

  5. Langkah 5

    Anda juga bisa menambahkan irisan daun seledri atau bawang goreng untuk memberikan aroma yang lebih segar

  6. Langkah 6

    Jika Anda ingin mencoba variasi lain, Anda bisa menambahkan santan kental untuk membuat tongkol suwir kuah santan yang kental dan lezat

  7. Langkah 7

    Anda juga bisa menambahkan belimbing wuluh untuk memberikan rasa segar pada masakan ini

  8. Langkah 8

    Selain itu, Anda bisa mencoba menggunakan ikan tongkol kaleng sebagai bahan pengganti ikan tongkol segar

  9. Langkah 9

    Pastikan Anda menyaring air kaleng ikan tongkol sebelum digunakan untuk menghilangkan bau amis yang menyengat

NOTES

    Ikan tongkol merupakan sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Protein diperlukan untuk membangun jaringan otot dan menjaga kesehatan kulit serta rambut. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mata.

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari tongkol suwir yang gurih dan lezat? Tongkol suwir adalah masakan yang terbuat dari ikan tongkol yang dimasak dengan cara direbus dan disuwir-suwir. Tekstur daging tongkol yang kenyal dan rasanya yang gurih membuat hidangan ini sangat populer di Indonesia. Berikut ini adalah resep tongkol suwir yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Wedang Kolang Kaling Jahe

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat tongkol suwir, Anda memerlukan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Bahan utama tentu saja adalah ikan tongkol segar yang sudah dibersihkan. Selain itu, Anda juga membutuhkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, garam, gula, dan santan encer. Jika Anda suka pedas, Anda juga bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus ikan tongkol hingga matang. Setelah itu, suwir-suwir daging ikan tongkol dan sisihkan. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, dan kunyit. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, lalu tambahkan serai, daun jeruk, garam, dan gula secukupnya. Masukkan santan encer dan biarkan bumbu mendidih.

Cara Memasak Tongkol Suwir

Setelah bumbu mendidih, masukkan suwiran ikan tongkol ke dalam bumbu dan aduk rata. Biarkan ikan tongkol meresap bumbu selama beberapa menit agar rasanya semakin lezat. Jika Anda menyukai masakan pedas, tambahkan potongan cabai rawit ke dalam tumisan. Sajikan tongkol suwir hangat-hangat dengan nasi putih hangat sebagai pendampingnya. Anda juga bisa menambahkan irisan daun seledri atau bawang goreng untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Jika Anda ingin mencoba variasi lain, Anda bisa menambahkan santan kental untuk membuat tongkol suwir kuah santan yang kental dan lezat. Anda juga bisa menambahkan belimbing wuluh untuk memberikan rasa segar pada masakan ini. Selain itu, Anda bisa mencoba menggunakan ikan tongkol kaleng sebagai bahan pengganti ikan tongkol segar. Pastikan Anda menyaring air kaleng ikan tongkol sebelum digunakan untuk menghilangkan bau amis yang menyengat.

Baca Juga :  Konro Bakar Saus Kacang yang Empuk, Pedas, dan Gurih

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Protein diperlukan untuk membangun jaringan otot dan menjaga kesehatan kulit serta rambut. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mata.

Selain itu, ikan tongkol mengandung mineral penting seperti selenium, fosfor, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin B12 dalam ikan tongkol juga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf. Dengan mengkonsumsi ikan tongkol secara teratur, Anda dapat meningkatkan asupan gizi harian Anda dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

Tongkol suwir adalah salah satu masakan yang mudah dan praktis untuk disajikan di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat menikmati hidangan lezat ini kapan pun Anda inginkan. Selain rasanya yang gurih dan lezat, tongkol suwir juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep tongkol suwir di atas dan sajikan kepada keluarga tercinta.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan ikan tongkol kaleng untuk membuat tongkol suwir?

Ya, Anda bisa menggunakan ikan tongkol kaleng sebagai bahan pengganti ikan tongkol segar. Pastikan Anda menyaring air kaleng ikan tongkol sebelum digunakan untuk menghilangkan bau amis yang menyengat.

Baca Juga :  Inilah Resep Nasi Bakar Ayam Suwir yang Bisa Anda Coba di Rumah

2. Bagaimana cara membuat tongkol suwir lebih pedas?

Jika Anda ingin membuat tongkol suwir lebih pedas, tambahkan potongan cabai rawit ke dalam tumisan bersama bumbu-bumbu lainnya sesuai selera.

3. Apakah saya bisa menambahkan santan kental ke dalam tongkol suwir?

Ya, Anda bisa menambahkan santan kental untuk membuat tongkol suwir kuah santan yang kental dan lezat. Pastikan Anda tidak menggoreng santan terlalu lama agar tidak pecah.

4. Berapa lama tongkol suwir dapat disimpan di dalam lemari es?

Tongkol suwir yang sudah dimasak dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan