Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cara membuat Nasi Goreng Kampung

Cara membuat Nasi Goreng Kampung

Nasi Goreng Kampung (2)

Resep Nasi Goreng Kampung

Untuk membuat nasi goreng kampung yang enak, Anda membutuhkan beberapa bahan dasar[1]. Diantaranya 

  1. nasi putih, 
  2. bawang merah, 
  3. batang seledri, 
  4. kecap manis, 
  5. garam, 
  6. dan gula [2]. 

Bahan lain yang biasa digunakan dalam resep nasi goreng kampung antara lain 

  1. ikan teri, 
  2. telur ayam, 
  3. dan daun bawang[3]. 

Meskipun bahan-bahan ini menjadi dasar masakan, ada banyak variasi dan tambahan yang dapat dibuat untuk menyesuaikan resep sesuai keinginan Anda. 

Misalnya, beberapa orang suka menambahkan terasi, bawang putih, dan berbagai jenis cabai untuk menambah rasa pedas pada masakannya[4].

Langkah-langkah membuat Nasi Goreng Kampung

  1. Untuk menyiapkan masakannya, mulailah dengan menggoreng bawang bombay dan bawang putih dengan minyak hingga harum [5]. 
  2. Kemudian masukkan telur dan orak-arik sebentar sebelum menambahkan nasi dan aduk rata[6]. 
  3. Selanjutnya tambahkan garam, penyedap rasa, dan merica, serta bahan lain yang diinginkan, seperti terasi atau cabai, lalu terus tumis hingga masakan tercampur rata[1]. 
  4. Beberapa orang suka menambahkan sayuran, seperti kubis atau wortel, untuk menambah tekstur dan rasa pada masakan[7]. 
  5. Kunci untuk membuat nasi goreng Kampung yang enak adalah memastikan nasi dimasak dengan sempurna dan semua bahan tercampur dengan baik dan merata ke seluruh hidangan[1].

Untuk menyempurnakan resep nasi goreng kampung Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. 

  1. Pertama, pastikan untuk menggunakan nasi dingin yang telah dimasak dan didinginkan semalaman, karena ini akan membantu mencegah nasi menjadi terlalu lengket atau menggumpal[8]. 
  2. Selain itu, penting untuk menggunakan minyak berkualitas baik yang tahan terhadap panas tinggi, seperti minyak sayur atau minyak canola, untuk memastikan masakan matang secara merata dan tidak lengket di wajan[9]. 
  3. Terakhir, pastikan untuk membumbui hidangan sesuai keinginan Anda, tambahkan lebih banyak garam, merica, atau bumbu sesuai kebutuhan untuk mencapai keseimbangan rasa yang sempurna[10]. 

Dengan tips berikut ini, Anda bisa membuat nasi goreng kampung yang enak dan mengenyangkan yang pasti akan membuat keluarga dan teman Anda terkesan.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Beras Sehari** – Menggunakan nasi sehari yang telah didinginkan akan membuat butirannya sedikit mengering, sehingga nasi gorengnya tidak lembek dan lengket. Nasi yang baru dimasak cenderung terlalu lembap dan dapat menghasilkan tekstur yang menggumpal. Ini adalah praktik umum di banyak masakan Asia, karena membantu mencapai tekstur dan konsistensi yang diinginkan pada hidangan nasi goreng.

Baca Juga :  Mau Buat Menu Sarapan Mie Goreng Oriental Ala Restoran? Begini Resepnya!

**Siapkan Bahan Sebelum Memasak** – Potong dan siapkan semua bahan sebelum mulai memasak. Ini termasuk sayuran, protein (seperti ayam, udang, atau tahu), dan aromatik seperti bawang putih dan jahe. Mempersiapkan segala sesuatunya memastikan bahwa proses memasak nasi goreng, yang biasanya cepat, berjalan lancar dan mencegah komponen-komponennya gosong atau terlalu matang.

**Gunakan Panas Tinggi** – Saat menumis bahan, penting untuk menggunakan api besar. Hal ini memungkinkan proses memasak cepat, memastikan sayuran tetap renyah dan proteinnya matang tanpa terlalu matang. Hal ini juga membantu menghasilkan karakteristik rasa wok hei (nafas wajan) yang dihargai dalam masakan tumis Tiongkok, termasuk nasi goreng.

**Tambahkan Bahan Secara Bertahap** – Tambahkan bahan ke dalam wajan atau wajan secara bertahap berdasarkan waktu memasaknya. Misalnya, mulailah dengan memasak protein, lalu keluarkan dari wajan sebelum menumis sayuran. Hal ini mencegah wajan terlalu penuh, yang dapat menyebabkan pengukusan alih-alih menggoreng, dan memastikan setiap bahan dimasak dengan tingkat kematangan ideal tanpa menjadi lembek.

**Bumbui dan Cicipi dengan Bijaksana** – Walaupun kecap asin adalah bumbu umum untuk nasi goreng, pertimbangkan untuk menambahkan bumbu dan bumbu lain seperti saus tiram, minyak wijen, dan lada putih untuk menambah rasa. Selain itu, pertimbangkan untuk menambahkan bahan-bahan kaya umami seperti udang kering, sosis Cina, atau kacang hitam yang difermentasi untuk meningkatkan profil rasa hidangan secara keseluruhan. Menyeimbangkan rasa dengan sentuhan manis dari mirin atau taburan gula juga dapat menambah kompleksitas hidangan. Ingatlah untuk mencicipi dan menyesuaikan bumbu sesuai kebutuhan selama proses memasak.

Baca Juga :  Resep Memek Khas Aceh, Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda yang Punya Cita Rasa Unik

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Nasi Goreng Kampung? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Nasi Goreng Kampung antara lain nasi putih, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun bawang, garam, merica, kecap manis, minyak goreng, telur, dan bahan tambahan seperti daging ayam atau udang sesuai selera.

Q: Bagaimana petunjuk langkah demi langkah dalam membuat Nasi Goreng Kampung? A: Langkah pertama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian tambahkan cabe rawit, daun bawang, dan bahan tambahan seperti daging ayam atau udang jika digunakan. Setelah itu, masukkan nasi putih dan aduk rata. Tambahkan garam, merica, dan kecap manis sesuai selera. Terakhir, buat cekungan di tengah wajan, lalu masukkan telur. Aduk telur hingga setengah matang, lalu campurkan dengan nasi. Aduk merata hingga matang dan siap disajikan.

Q: Apakah ada tips untuk menyempurnakan resep Nasi Goreng Kampung? A: Beberapa tips untuk menyempurnakan resep Nasi Goreng Kampung antara lain menggunakan nasi yang sudah dingin agar teksturnya lebih pas, memastikan api tidak terlalu besar agar bahan-bahan tidak gosong, dan menyesuaikan jumlah kecap manis, garam, dan merica sesuai dengan selera masing-masing.

Q: Bisakah saya menggunakan bahan tambahan lain dalam Nasi Goreng Kampung? A: Tentu, Anda dapat menambahkan bahan tambahan lain sesuai selera, seperti sayuran, sosis, atau bahan laut seperti cumi atau kerang. Sesuaikan bahan tambahan tersebut dengan langkah memasak agar hasilnya tetap lezat.

Q: Apakah Nasi Goreng Kampung bisa disajikan dengan contoh lain? A: Ya, Nasi Goreng Kampung dapat disajikan dengan pelengkap lain seperti kerupuk, acar, irisan mentimun, atau taburan bawang goreng untuk menambah variasi dan cita rasa pada hidangan.

Referensi : 

1.   Resep Nasi Goreng Kampung Simpel buat Sarapan.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Nasi Goreng Kampung.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari www.omela.com/id/resep-omela/resep-nasi-goreng-kampung 

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Nasi Liwet Sunda dengan Bahan-Bahan yang Mudah Ditemukan

3.   Resep Nasi Goreng Kampung, Lezatnya Tak Lekang oleh ….  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari www.idntimes.com 

4.   9 Resep Nasi Goreng Kampung Enak dan Sederhana.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari www.rukita.co/stories/resep-nasi-goreng-kampung 

5.   1.295 resep nasi goreng kampung enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari cookpad.com/id/cari/nasi%20goreng%20kampung 

6.   Resep Nasi Goreng Kampung oleh Mutiarani Merdiana.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari cookpad.com/id/resep/210806-nasi-goreng-kampung 

7.   Resep Nasi Goreng Kampung Enak dan Tips Memasaknya!.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari food.detik.com 

8.   Resep Nasi Goreng Kampung Istimewa 2022 | BlueBand.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari www.blueband.com 

9.   Resep Nasi Goreng Kampung oleh Munawarah.  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari cookpad.com/id/resep/17049701-nasi-goreng-kampung 

10.   Bagaimana cara membuat resep nasi goreng terenak yang ….  (n.d.)   Diperoleh January 26, 2024, dari id.quora.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info