Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep membuat otak-otak ikan yang mantab

Resep membuat otak-otak ikan yang mantab

Resep membuat otak-otak ikan (2)

Resep membuat otak-otak ikan

Bahan-bahan

  1. 500 gr ikan yg sudah dihaluskan (bisa tenggiri, kakap atau gabus)
  2. 300 ml santan kental (dimasak kemudian tunggu dingin baru dicampurkan ke adonan)
  3. 2 btr putih telur kocok lepas
  4. 140 gr tepung sagu / tapioka
  5. 10 gr maizena
  6. secukupnya Garam, gula, merica

Bumbu yg dihaluskan :

  1. 5 siung bawang putih
  2. 8 btr bawang merah
  3. secukupnya daun bawang iris (kalo sy lebih suka pakai seledri)

Langkah-langkah menyiapkan otak ikan

  1. Langkah pertama dalam membuat otak otak ikan adalah membersihkan dan menyiapkan kepala ikan[1]. 
  2. Pertama-tama, bersihkan ikan dari kotoran dan sisik. 
  3. Kemudian, pisahkan daging ikan dari kulitnya. 
  4. Setelah itu, rebus ikan dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. 
  5. Setelah selesai merebus, biarkan ikan dingin dan pisahkan dari tulang di belakangnya. Setelah ikan siap, maka tahap selanjutnya adalah memasak otak ikan dalam saus.
  6. Langkah kedua dalam membuat otak ikan adalah Kemudian, haluskan ikan dengan blender atau food processor hingga halus. 
  7. Setelah itu tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. 
  8. Tambahkan potongan daun bawang ke dalam adonan dan aduk rata.
  9. Langkah terakhir adalah memasak otak ikan dalam saus[3]. 
  10. Campurkan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan gula pasir ke dalam mangkuk besar. 
  11. Aduk rata bumbu halus tersebut dengan santan kelapa. 
  12. Setelah itu tambahkan adonan ikan ke dalam campuran bumbu halus dan santan. 
  13. Aduk rata hingga tercampur merata. 
  14. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng, lalu masukkan adonan otak ikan dan masak hingga matang. 
  15. Otak Otak  ikan siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai pendamping makanan lainnya.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Otak Ikan Segar** – Saat membuat resep yang mengandung otak ikan, penting untuk memulai dengan otak ikan segar. Carilah ikan yang memiliki mata jernih, cerah, kulit berkilau, dan aroma segar dan lembut. Otak harus kencang dan bebas dari perubahan warna atau bau yang tidak sedap. Selain itu, pilihlah ikan yang terkenal dengan otaknya yang beraroma dan empuk, seperti salmon, trout, atau ikan mas.

Baca Juga :  Beef Slice Teriyaki dan Ebi Furai, Makanan Hits ala Negeri Sakura

**Membersihkan dan Menyiapkan Otak Ikan** – Membersihkan dan menyiapkan otak ikan dengan benar sangat penting untuk menghasilkan hidangan yang lezat. Mulailah dengan mengeluarkan otak ikan secara hati-hati, berhati-hatilah agar tidak merusaknya. Kemudian, bilas otak dengan lembut dengan air dingin untuk menghilangkan darah atau kotoran. Setelah dibersihkan, Anda bisa merendam otak dalam semangkuk air dingin dengan sedikit jus lemon atau cuka untuk lebih menghilangkan rasa atau bau yang tidak diinginkan.

**Meningkatkan Rasa dengan Bumbu** – Membumbui otak ikan dapat meningkatkan cita rasa hidangan secara keseluruhan secara signifikan. Pertimbangkan untuk merendam otak dalam campuran herba, rempah-rempah, dan bahan aromatik seperti bawang putih, timi, kulit lemon, dan sedikit minyak zaitun. Langkah ini memungkinkan rasa meresap ke dalam otak, sehingga menghasilkan hasil yang lebih kompleks dan gurih.

**Teknik Memasak Otak Ikan** – Saat memasak otak ikan, ada berbagai teknik yang perlu dipertimbangkan. Salah satu cara yang populer adalah dengan menumis sebentar otak dalam wajan dengan mentega atau minyak zaitun hingga bagian luarnya berwarna cokelat keemasan namun masih empuk di bagian dalam. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memasukkan otak ikan ke dalam sup makanan laut yang lembut atau kari yang beraroma, sehingga otak ikan dapat menyerap kekayaan rasa dari bahan-bahan yang menyertainya.

Baca Juga :  Resep Ikan Sale Khas Sumatera Utara, Kuliner yang Jadi Favorit Para Raja di Mandailing

**Menyajikan Hidangan** – Penyajian sajian otak ikan sama pentingnya dengan persiapannya. Baik menyajikan otak sebagai hidangan tersendiri atau sebagai bagian dari hidangan laut yang lebih banyak, pertimbangkan untuk menghiasi hidangan dengan rempah segar, sedikit minyak zaitun berkualitas, atau perasan lemon untuk menambah kecerahan dan daya tarik visual. Selain itu, menyajikan hidangan dengan roti kering atau nasi aromatik dapat melengkapi rasa dan tekstur otak ikan.

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat otak ikan? A: Untuk membuat otak ikan, Anda membutuhkan kepala ikan, air, garam, merica, dan bahan kuahnya, yang bisa berbeda-beda tergantung selera dan variasi resep.

Q: Bagaimana cara membersihkan dan menyiapkan kepala ikan untuk memasak otak ikan? A: Untuk membersihkan dan menyiapkan kepala ikan, mulailah dengan membuang sisik dan insangnya. Potong siripnya dan potong bagian yang berlebih. Bilas kepala secara menyeluruh dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

Q: Bagaimana proses merebus kepala ikan untuk diambil otaknya? A: Setelah dibersihkan, kepala ikan direbus dalam air yang dibumbui garam dan merica. Kepalanya direbus hingga dagingnya empuk dan otaknya mudah lepas dari tengkoraknya.

Q: Bagaimana cara memisahkan otak ikan dari kepala dan memasaknya dengan saus? A: Setelah kepala ikan direbus, otaknya bisa dikeluarkan dengan hati-hati dari tengkoraknya. Mereka kemudian dimasak dengan saus beraroma, yang mungkin mengandung bahan-bahan seperti bawang putih, bawang bombay, tomat, dan berbagai bumbu. Otaknya direbus perlahan dalam saus sampai matang sepenuhnya dan meresap ke dalam rasa.

Q: Bisakah saya menggunakan metode yang sama untuk menyiapkan otak ikan dengan jenis ikan yang berbeda? A: Ya, cara mengolah otak ikan bisa diterapkan pada berbagai jenis ikan. Namun rasa dan tekstur otaknya bisa berbeda-beda tergantung spesies ikan yang digunakan. Penting untuk menyesuaikan waktu memasak dan bumbu berdasarkan karakteristik spesifik ikan yang digunakan.

Baca Juga :  Resep Martabak Khas Aceh, Lebih Sehat dan Ekonomis Karena Tanpa Minyak Goreng

Referensi : 

1.   Resep Otak-otak Ikan Bandeng (Ikan Bolu) oleh Taqwantari.  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari cookpad.com/id/resep/487817-otak-otak-ikan-bandeng-ikan-bolu 

2.   Resep Otak otak Ikan Goreng oleh Yeni Tirtasiwi.  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari cookpad.com/id/resep/1652743-otak-otak-ikan-goreng 

3.   Resep Otak-otak Ikan Panggang, Masak Bersama ….  (n.d.)   Diperoleh January 31, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan