Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Telur Gabus Keju, camilan yang praktis, lezat, dan menggugah selera

Resep Telur Gabus Keju, camilan yang praktis, lezat, dan menggugah selera

Resep Telur Gabus Keju (1)

Resep Telur Gabus Keju

Recipe By siti
Course: pemula Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

250 kcal

INGREDIENTS

  1. telur

  2. keju parut

  3. tepung terigu

  4. margarin

  5. garam

  6. merica bubuk

DIRECTION

  1. Langkah-langkah Pembuatan

    <br>Pertama, siapkan mangkuk besar dan masukkan telur, keju parut, tepung terigu, margarin yang telah dilelehkan, garam, dan merica bubuk. Aduk semua bahan hingga merata dan membentuk adonan yang kental.<br>Setelah adonan tercampur dengan baik, siapkan loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.<br>Panggang atau Goreng, Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, panggang adonan telur gabus keju selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan berwarna keemasan.<br>Setelah matang, keluarkan telur gabus keju dari oven dan biarkan sejenak hingga suhu ruang. Potong-potong telur gabus keju sesuai dengan selera dan sajikan.

NOTES

Apakah Anda sedang mencari resep camilan yang praktis, lezat, dan menggugah selera? Telur gabus keju bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba. Camilan yang satu ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang lembut, membuatnya cocok disantap kapan saja. Telur gabus keju juga mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep telur gabus keju beserta langkah-langkahnya secara detail. Mari kita simak bersama!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan telur gabus keju, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat telur gabus keju antara lain telur, keju parut, tepung terigu, margarin, garam, dan merica bubuk. Pastikan keju yang digunakan berkualitas baik agar memberikan rasa yang nikmat pada telur gabus keju Anda. Anda juga dapat menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti daun bawang atau smoked beef.

Baca Juga :  Resep Pepes Oncom, Kuliner Sederhana yang Sedap dan Mudah Membuatnya

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Pertama, siapkan mangkuk besar dan masukkan telur, keju parut, tepung terigu, margarin yang telah dilelehkan, garam, dan merica bubuk. Aduk semua bahan hingga merata dan membentuk adonan yang kental.
  2. Setelah adonan tercampur dengan baik, siapkan loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi dengan kertas roti. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.
  3. Panggang atau Goreng, Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, panggang adonan telur gabus keju selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan berwarna keemasan.
  4. Setelah matang, keluarkan telur gabus keju dari oven dan biarkan sejenak hingga suhu ruang. Potong-potong telur gabus keju sesuai dengan selera dan sajikan.

Variasi Rasa Telur Gabus Keju

Selain telur gabus keju biasa, Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai variasi rasa untuk camilan ini. Salah satu variasi yang populer adalah telur gabus keju pedas, dengan menambahkan cabai bubuk atau saus sambal ke dalam adonan. Anda juga dapat mencoba telur gabus keju dengan tambahan bawang putih yang dipanggang atau rempah-rempah lainnya untuk memberikan aroma dan rasa yang berbeda.

Baca Juga :  Mencoba Buat Resep Sambal Ijo Padang Yang Mengugah Selera

Penyajian Telur Gabus Keju

Telur gabus keju dapat disajikan dalam berbagai suasana, baik sebagai camilan di tengah hari atau hidangan pembuka saat acara kumpul-kumpul. Anda dapat menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap, agar telur gabus keju menjadi lebih segar dan lezat. Selain itu, Anda juga dapat menyajikan telur gabus keju dengan taburan daun ketumbar atau wijen sangrai untuk memberikan sentuhan kriuk pada camilan ini.

Kesimpulan

Telur gabus keju adalah camilan yang praktis dan lezat, cocok untuk dinikmati kapan saja. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah pembuatan yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat telur gabus keju sendiri di rumah. Selain itu, variasi rasa telur gabus keju juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk bereksperimen dengan cita rasa yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep telur gabus keju di atas dan nikmati sensasi gurihnya!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah telur gabus keju bisa disimpan dalam jangka waktu lama? Telur gabus keju dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau toples kaca di suhu ruang selama 2-3 hari. Pastikan camilan tersebut tidak terkena udara langsung agar tetap renyah.

Bagaimana cara membuat telur gabus keju lebih renyah? Untuk membuat telur gabus keju lebih renyah, Anda dapat menambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan sebelum dipanggang. Baking powder akan membuat tekstur telur gabus keju menjadi lebih mengembang dan renyah.

Dapatkah saya menggunakan keju yang sudah diparut dan dikemas untuk membuat telur gabus keju? Ya, Anda dapat menggunakan keju yang sudah diparut dan dikemas untuk membuat telur gabus keju. Namun, keju segar yang diparut langsung memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih lembut.

Baca Juga :  Tongkol Kecap Pedas dan Oseng Toge Tofu, Enak Banget

Apakah telur gabus keju bisa dibekukan untuk disimpan dalam jangka waktu lama? Telur gabus keju yang sudah matang sebenarnya dapat dibekukan untuk disimpan dalam jangka waktu lama. Pastikan telur gabus keju dibungkus rapat sebelum dimasukkan ke dalam freezer untuk mencegah terjadinya pembekuan yang berlebihan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info