Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sagu Keju 1/2 kg, Kue yang renyah dan gurih

Resep Sagu Keju 1/2 kg, Kue yang renyah dan gurih

Resep Sagu Keju 12 kg, Kue yang renyah dan gurih

Resep Sagu Keju 1/2 kg

Recipe By siti
Course: pemula Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

5 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

280 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 gram tepung sagu

  2. 200 gram margarin

  3. 150 gram keju cheddar parut

  4. 100 gram gula halus

  5. 2 butir kuning telur

  6. 1/2 sendok teh garam

DIRECTION

  1. Langkah Pembuatan

    <br>Pertama-tama, siapkan wadah dan mixer untuk menguleni adonan kue. Masukkan margarin ke dalam wadah, kemudian kocok hingga tekstur margarin menjadi lembut.<br>Tambahkan gula halus ke dalam wadah, kemudian kocok kembali hingga gula tercampur dengan baik bersama margarin.<br>Masukkan kuning telur ke dalam adonan, aduk merata hingga telur tercampur sempurna dengan margarin dan gula.<br>Selanjutnya, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kue sagu keju terbentuk.

  2. Proses Pemanggangan

    <br>Setelah adonan kue sagu keju siap, langkah selanjutnya adalah proses pemanggangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:<br>Panaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.<br>Ambil adonan kue sagu keju dan bentuk sesuai selera, kemudian susun di atas loyang yang telah diolesi margarin.<br>Panggang adonan kue sagu keju dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25-30 menit hingga matang dan berwarna keemasan.<br>Setelah matang, angkat kue sagu keju dari oven dan biarkan hingga dingin sebelum disajikan.

  3. Penyajian

    <br>Kue sagu keju siap disajikan sebagai camilan hangat atau pun dingin. Nikmati kue sagu keju bersama dengan secangkir teh atau kopi di waktu santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Resep Kuwah Tuhe Khas Aceh, Dessert Manis Khas Serambi Mekkah yang Tidak Kalah Lezat dari Mango Sticky Rice

NOTES

Siapa yang tidak suka kue sagu keju? Kue yang renyah dan gurih ini memang menjadi favorit banyak orang, terutama bagi pecinta kue tradisional. Kue sagu keju memiliki cita rasa yang unik, dimana kandungan sagu dan keju dipadukan menjadi satu. 

Tak heran jika kue ini sering menjadi pilihan untuk camilan di berbagai acara. Nah, jika Anda ingin mencoba membuat kue sagu keju sendiri di rumah, berikut ini adalah resep praktis dan mudah untuk membuat kue sagu keju seberat 1/2 kg.

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kue sagu keju, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat kue sagu keju seberat 1/2 kg, Anda memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 250 gram tepung sagu
  2. 200 gram margarin
  3. 150 gram keju cheddar parut
  4. 100 gram gula halus
  5. 2 butir kuning telur
  6. 1/2 sendok teh garam

Langkah Pembuatan

  1. Pertama-tama, siapkan wadah dan mixer untuk menguleni adonan kue. Masukkan margarin ke dalam wadah, kemudian kocok hingga tekstur margarin menjadi lembut.
  2. Tambahkan gula halus ke dalam wadah, kemudian kocok kembali hingga gula tercampur dengan baik bersama margarin.
  3. Masukkan kuning telur ke dalam adonan, aduk merata hingga telur tercampur sempurna dengan margarin dan gula.
  4. Selanjutnya, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kue sagu keju terbentuk.

Proses Pemanggangan

Setelah adonan kue sagu keju siap, langkah selanjutnya adalah proses pemanggangan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
  2. Ambil adonan kue sagu keju dan bentuk sesuai selera, kemudian susun di atas loyang yang telah diolesi margarin.
  3. Panggang adonan kue sagu keju dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25-30 menit hingga matang dan berwarna keemasan.
  4. Setelah matang, angkat kue sagu keju dari oven dan biarkan hingga dingin sebelum disajikan.
Baca Juga :  Resep Wedang Asle Khas Jawa Timur untuk Menghangatkan Tubuh

Penyajian

Kue sagu keju siap disajikan sebagai camilan hangat atau pun dingin. Nikmati kue sagu keju bersama dengan secangkir teh atau kopi di waktu santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Membuat kue sagu keju seberat 1/2 kg ternyata tidak terlalu sulit, bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat kue sagu keju sendiri di rumah. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan rasa kue sagu keju sesuai dengan selera Anda, misalnya dengan menambahkan aroma vanila atau bubuk kayu manis. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menikmati proses membuat kue sagu keju. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah saya menggunakan keju lain selain keju cheddar untuk membuat kue sagu keju?

Ya, Anda bisa menggunakan keju lain sesuai dengan selera Anda. Namun, pastikan keju yang digunakan memiliki rasa yang gurih agar kue sagu keju tetap enak.

2. Berapa lama kue sagu keju dapat disimpan?

Kue sagu keju dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 1-2 minggu. Pastikan kue dalam keadaan dingin dan kering untuk menjaga kelezatannya.

Baca Juga :  Resep Hotteok Pancake Manis Khas Korea

3. Apakah tepung sagu harus yang khusus untuk membuat kue sagu keju?

Ya, sebaiknya gunakan tepung sagu yang khusus untuk membuat kue sagu keju agar tekstur kue menjadi lebih renyah dan enak.

4. Bisakah saya menambahkan kacang ke dalam adonan kue sagu keju?

Tentu saja, Anda bisa menambahkan kacang cincang ke dalam adonan kue sagu keju untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda. Selamat mencoba!

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan