Skip to main content

Kari Ikan Kakap, Hidangan Berprotein Khas Ujung Pulau Sumatera

Risca Monita

Kari Ikan Kakap


Aceh merupakan sebuah provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. 

Tak hanya kelezatan mie Aceh yang terkenal terdapat beberapa kuliner khas Aceh yang tak kalah lezatnya salah satunya kari ikan kakap ini. 

Menggunakan ikan kakap sebagai sumber protein dan bahan baku utamanya, yang diolah dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia tentunya memiliki cita rasa khas yang tersendiri. 

Seperti yang kita ketahui untuk olahan kari banyak memakai protein hewani seperti ayam maupun bebek, nah kalian boleh coba nih kenikmatan kari yang dipadu padankan dengan gurihnya ikan kakap. Yuk mari kita memulai memasak !

BAHAN :

  1. 500 gram ikan kakap, potong 2 kepala dan ekornya
  2. 2 sdt jeruk nipis atau lemon
  3. 1/2 sdt garam
  4. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu halus :

  1. 8 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah besar
  4. 5 buah cabai rawit (optional)
  5. 4 cm kunyit, bakar terlebih dahulu
  6. 3 butir kemiri, sangrai lebih dahulu

 Bahan aromatik :

  1. 4 lembar daun jeruk
  2. 2 batang serai memarkan
  3. 2 buah asam kandis
  4. 800ml santan dari 1 butir kelapa bisa juga diganti dengan susu full cream
  5. 1 sdm gula pasir
  6. 1 sdt jeruk nipis
  7. 5 buah cabai rawit utuh

Cara memasaknya :

  1. Cuci bersih ikan kakap, potong menjadi 2 bagian kepala dan ekor. Lumuri ikan kakap dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan hingga 15 menit, lalu cuci kembali ikan kemudian tiriskan. Siapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Goreng ikan kakap hingga matang
  2. Menggunakan wajan penggorengan yang lain, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, serai dan asam kandis hingga harum.
  3. Masukkan santan atau susu full cream, garam, gula lalu aduk-aduk hingga bumbu merata dan masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan cabai rawit utuh.
  4. Masukkan ikan kakap goreng, masak hingga kuah mengental. Sesaat sebelum mematikan kompor tambahkan air jeruk nipis lalu aduk kembali hingga rata. Matikan kompor, lalu sajikan kari ikan kakap ke dalam wadah saji. Menikmatinya dengan sepiring nasi hangat ditemani dengan segelas es jeruk yang dingin menambah nikmatnya cita rasa makanan khas kota Aceh ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar