Skip to main content

Resep Bebek Bumbu Rendang, Gurih Kenyal dengan Rempah Istimewa

Anaya Lariencia

Cara Mengolah Bebek Bumbu Rendang


Hidangan lezat dan enak dimana menjadi menu buka puasa yaitu bebek dengan bumbu rendang yang istimewa. 

Supaya anda tidak penasaran cara mengolah resep hidangan menu buka puasa yang istimewa dengan bumbu rendang mari kita lihat resep di bawah ini.

Resep Bumbu Bebek Rendang


Bahan yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut ini:

  1. 1 ekor bebek 
  2. garam secukupnya saja
  3. 2 sdm air asam jawa

Lalu bumbu yang harus anda persiapkan adalah:

  1. 4 daun kunyit 
  2. 3 cm lengkuas digeprek
  3. 4 asam kandis 
  4. 2 serai, digeprek ko
  5. 110 gr kelapa parut, anda sangrai, kemudian anda haluskan  
  6. 610 ml santan encer yang berasal dari perasan santan kental 
  7. 410 ml santan kental berasal dari 2 kelapa

Kemudian bumbu yang akan dihaluskan adalah sebagai berikut:

  1. 11 bawang merah 
  2. 4 cabai merah besar 
  3. 2 cm kunyit, anda bakar 
  4. 6 bawang putih 
  5. 9 cabai merah keriting 
  6. 5 kemiri, sangrai 
  7. 2 ½ sdt garam 
  8. 2 cm jahe

Lalu langkah untuk memasaknya adalah sebagai berikut dibawah ini:

  1. Langkah pertama adalah anda bersihkan dahulu daging bebek sampai bersih. Banyak orang yang belum mengetahui cara untuk membersihkan daging bebek. Maka dari itu, mari kita lihat cara membersihkan daging bebek yang benar untuk langkahnya. 
  2. Maka dari itu silahkan anda mulai masukkan daging bebek yang anda beli kedalam baskom yang nanti akan dibawa ke tempat cucian.
  3. Di Tempat cucian anda potong dulu daging bebek memakai pisau menjadi 4 bagian. Jangan memotong daging bebek terlalu kecil sebab daging bebek biasanya lebih keras dimana akan lebih susah untuk dikonsumsi. Bebek yang dagingnya dipotong kecil disebabkan dagingnya tidak ada.
  4. Selanjutnya potong dan bersihkan daging bebek memakai air yang mengalir. Sama dengan membersihkan ayam anda bersihkan daging bebek dari bulu-bulu halus yang masih ada sisa.
  5. Apabila telah bersih, anda angkat daging dari cucian kemudian tiriskan airnya dengan rata. Ke Dalam wadah.
  6. selanjutnya adalah anda lumuri daging bebek memakai air asam jawa dengan rata dan beri taburan garam. Hal ini dimaksudkan menghilangkan bau amis yang ada pada daging bebek agar hilang secara merata. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit.

Lalu langkah untuk memasaknya atau mengolahnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama dalam membuat hidangan tersebut silahkan anda campur bebek dengan bumbu halus yang telah anda siapkan. 
  2. Kemudian Aduk dan pastikan apabila seluruh bagian daging bebek sudah dilumuri memakai bahan dengan merata. 
  3. Selanjutnya silahkan campur asam kandung, lengkuas, kunyit, serai dan santan encer kedalam daging bebek secara merata sampai tercampur.

Lalu berikutnya adalah cara memasak bebek rendang seperti berikut dibawah ini:

  1. Saat mengolah hidangan ini campurkan bebek dengan bumbu halus yang telah anda persiapkan. Campurkan kemudian apabila seluruh daging bebek sudah dilumuri memakai bahan ini dengan merata. 
  2. Selanjutnya, silahkan anda campur asam kandung, lengkuas, kunyit, serai juga santan encer ke daging bebek dengan merata hingga tercampur.
  3. Lalu anda Siapkan wajan yang sudah dipanaskan diatas kompor memakai api yang sedang. Tuang daging bebek dengan bumbu ke wajan lalu masak bahan tersebut dengan memakai api yang kecil hingga matang juga mengental. 
  4. Setelah itu Tambah dengan santan kental juga kelapa parut yang telah disangrai dengan rata. Campur bahan tersebut dengan merata hingga tercampur. Masak lagi hingga matang dan kuah santan jadi berminyak.
  5. Bebek bumbu rendang sudah siap untuk dihidangkan bersama keluarga besar anda yang dapat dijadikan menu berbuka puasa atau menu makan sehari hari. Selamat mencoba 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar