Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Ceker Pedas Manis buat Camilan atau Makan, Bikin Makin Nafsu

Membuat Ceker Pedas Manis buat Camilan atau Makan, Bikin Makin Nafsu

Membuat Ceker Pedas Manis (1)

Membuat Ceker Pedas Manis

Resep Ceker Pedas Manis

Untuk membuat Ceker pedas manis, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut[1]: 

  1. 20 ceker ayam 
  2. 3 lembar daun jeruk 
  3. 2 lembar daun salam 
  4. 1 sdt merica bubuk 
  5. 2 sdt garam 
  6. 3 sdm minyak sayur 
  7. 100 ml kecap manis 
  8. 1 sdm pasta asam jawa 
  9. 1 sdm gula 
  10. 500 ml air 

Langkah membuat Ceker Pedas Manis : 

  1. Pertama, bersihkan ceker ayam dan buang kukunya. Kemudian rebus dalam air bersama daun jeruk, daun salam, merica bubuk, dan garam selama kurang lebih 30 menit hingga empuk.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat saus manis dan pedas. Dalam wajan, panaskan minyak sayur dan tambahkan bawang putih cincang, jahe, dan cabai. Tumis hingga harum. Lalu masukkan kecap manis, pasta asam jawa, dan gula pasir. Aduk rata dan biarkan mendidih selama beberapa menit hingga saus mengental. Setelah sausnya siap, masukkan ceker ayam rebus ke dalam wajan dan aduk rata dengan saus. Masak lagi 10 menit hingga ceker ayam terlumuri saus secara merata.
  3. Untuk penyajiannya, Anda bisa menaburkan daun bawang cincang dan daun ketumbar di atas Ceker pedas manis. Anda juga bisa menambahkan irisan jeruk nipis di sampingnya untuk kesegaran ekstra[1]. Hidangan ini dapat dinikmati sebagai camilan atau hidangan pembuka, dan cocok dipadukan dengan bir dingin atau minuman menyegarkan lainnya. Jika ingin mencoba beberapa variasi, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai jenis cabai atau menyesuaikan jumlah gula dan asam jawa sesuai keinginan. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit cuka atau saus Worcestershire ke dalam saus untuk mendapatkan rasa yang tajam[2]. Apapun kesukaan Anda, membuat ceker pedas manis adalah cara menikmati ceker ayam yang menyenangkan dan nikmat.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Bahan yang Tepat** – Saat membuat Ceker manis dan pedas, penting untuk memilih bahan yang tepat dan saling melengkapi. Misalnya, pertimbangkan untuk menggunakan madu atau gula merah untuk rasa manis dan cabai rawit atau bubuk cabai untuk rasa pedas. Keseimbangan rasa manis dan pedas menjadi kunci terciptanya sajian lezat.

Baca Juga :  Mengetahui Resep Soto Ayam Jawa Kuah Bening

**Eksperimen dengan Kombinasi Rasa** – Jangan takut bereksperimen dengan kombinasi rasa yang berbeda untuk menemukan keseimbangan sempurna antara manis dan pedas. Misalnya, Anda dapat mencoba memasukkan bahan-bahan seperti mangga, nanas, atau bahkan sedikit jeruk untuk rasa manis, sambil menambahkan jalapeños, sriracha, atau paprika untuk rasa pedas. Bersikaplah terbuka untuk mencoba bahan-bahan baru untuk menciptakan rasa yang unik dan menarik.

**Kontrol Tingkat Panas** – Perhatikan tingkat kepedasan pada Ceker manis dan pedas Anda. Tidak semua orang memiliki toleransi yang sama terhadap panas, jadi penting untuk mengontrol tingkat kepedasan. Anda dapat mencapainya dengan menyesuaikan jumlah bahan pedas atau memilih pilihan yang lebih lembut seperti paprika manis daripada bubuk cabai pedas.

**Seimbangkan Teksturnya** – Perhatikan tekstur Ceker Anda yang manis dan pedas. Mencampur unsur-unsur yang renyah dan renyah, seperti kacang karamel atau kelapa panggang, dengan bahan-bahan yang lebih lembut seperti tumis buah atau sayuran dapat menambah kedalaman hidangan. Kontras tekstur dapat meningkatkan pengalaman makan secara keseluruhan.

**Pasangkan dengan Makanan Pendamping** – Saat menyajikan Ceker manis dan pedas, pikirkan makanan pendamping yang dapat meningkatkan cita rasa. Misalnya, memadukannya dengan bahan dingin dan lembut seperti sesendok yogurt atau satu sendok es krim vanila dapat membantu menyeimbangkan panasnya. Sebagai alternatif, menyajikannya bersama salad segar dapat memberikan kontras yang menyegarkan dengan rasa pedasnya. Pertimbangkan pengalaman bersantap secara keseluruhan saat memutuskan makanan pendamping.

Baca Juga :  Resep Es Merah Delima, Sajian Minuman Legend Berasa Menis di Lidah

Pertanyaan Umum

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat “Resep Ceker Pedas Manis”? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Resep Ceker Pedas Manis biasanya antara lain ceker ayam, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, serai, gula jawa, terasi asam jawa, cabai merah, daun jeruk, dan minyak goreng.

Q: Bisakah Anda memberikan panduan langkah demi langkah untuk menyiapkan “Resep Ceker Pedas Manis”? A: Tentu! Pertama, bersihkan dan potong ceker ayam. Kemudian, haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan lengkuas hingga membentuk pasta bumbu. Selanjutnya panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan ceker ayam, serai, gula jawa, terasi asam jawa, cabai merah, dan daun jeruk. Masak hingga ceker ayam empuk dan kuah mengental. Sajikan panas dan nikmatilah!

Q: Apakah ada variasi atau saran penyajian untuk “Resep Ceker Pedas Manis”? A: Ya, Anda bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya dengan menyesuaikan jumlah cabai merah yang digunakan. Selain itu, Anda bisa menyajikan “Resep Ceker Pedas Manis” dengan nasi kukus atau sebagai lauk untuk hidangan lengkap. Beberapa variasinya antara lain menambahkan santan untuk tekstur yang lebih kental atau menghiasinya dengan bawang merah goreng untuk menambah rasa dan kerenyahan.

Q: Bisakah saya menggunakan protein alternatif selain ceker ayam untuk “Resep Ceker Pedas Manis”? A: Ya, ceker ayam bisa diganti dengan pilihan protein lain seperti sayap ayam, tahu, tempe, atau bahkan udang. Sesuaikan waktu memasak berdasarkan protein yang Anda pilih untuk digunakan.

Baca Juga :  Resep Es Gabus, Nostalgia jaman Anak Sekolah

Q: Seberapa pedaskah “Resep Ceker Pedas Manis”? Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan? A: “Resep Ceker Pedas Manis” biasanya cukup pedas karena menggunakan cabai merah. Namun, Anda dapat mengontrol rasa pedasnya dengan mengurangi jumlah cabai atau membuang biji dan selaputnya, yang mengandung sebagian besar rasa pedas. Sesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera Anda untuk profil rasa yang lebih lembut atau lebih panas.

Referensi : 

1.   Resep Ceker Pedas Manis yang Gurihnya Nampol.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari food.detik.com 

2.   1.072 resep ceker pedas manis enak dan mudah.  (n.d.)   diambil February 20, 2024, dari cookpad.com/id/cari/ceker%20pedas%20manis

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan