Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Pesmol Ikan untuk Menu Sehari-hari

Membuat Pesmol Ikan untuk Menu Sehari-hari

Membuat Pesmol Ikan (2)

Membuat Pesmol Ikan

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan mujair/mas/nila

bumbu yang dihaluskan :

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 buah bawang bombay
  4. 2 buah cabai merah
  5. 5 buah kemiri (di goreng dulu)
  6. 1 buah tomat
  7. secukupnya jahe dan kunyit

bahan tambahan :

  1. 2 buah daun salam
  2. 2 buah daun jeruk
  3. 2 buah batang serai
  4. cabai rawit secukupnya sesuai selera
  5. secukupnya cabai rawit jawa
  6. tomat buah di iris
  7. secukupnya santan
  8. secukupnya lengkuas
  9. 1 buah bawang daun diiris menyamping

Langkah-langkah membuat Pesmol Ikan

  1. Langkah pertama dalam membuat Pesmol Ikan adalah menyiapkan ikan dan bahan-bahannya[1]. Anda bisa menggunakan berbagai jenis ikan, antara lain nila, makarel, dan gurami[1]. Setelah ikan dibersihkan, bumbui dengan garam dan air jeruk nipis dan biarkan selama 10-15 menit[2][3][4]. Selain ikan, Anda juga membutuhkan berbagai bumbu dan sayuran, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, wortel, dan mentimun[5][6].
  2. Langkah selanjutnya adalah memasak saus pesmol[7][8]. Caranya, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun jeruk, dan daun salam hingga matang dan harum. Kemudian tambahkan air dan bahan lainnya, seperti wortel dan mentimun, masak hingga kuah mengental[9][8]. Hasilnya adalah saus beraroma yang melengkapi ikan dengan sempurna.
  3. Terakhir, saatnya menggabungkan ikan dan saus untuk membuat hidangan akhir[9][10]. Goreng ikan hingga renyah dan berwarna cokelat keemasan[1][4]. Kemudian masukkan saus ke dalam penggorengan dan masak hingga ikan terlumuri seluruhnya dan saus terserap[9][10]. Hasilnya adalah sajian lezat dan harum yang bisa disajikan dengan nasi dan lauk lainnya. Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa dengan mudah membuat Pesmol Ikan di rumah dan menikmati masakan tradisional Indonesia yang sehat dan lezat.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Ikan Segar** – Pilihlah ikan yang segar dan berdaging keras seperti ikan kakap, kerapu, atau nila untuk pembuatan pesmol. Kesegaran ikan sangat penting untuk keseluruhan rasa dan kualitas hidangan. Carilah mata yang bening dan cerah, insang berwarna merah, serta daging yang keras dan mengkilat untuk memastikan ikan tetap segar.

Baca Juga :  Resep Tomyam Suki ala Restoran

**Memarinasi Ikan** – Rendam ikan dalam campuran asam jawa, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan daun salam agar kaya rasa. Biarkan ikan direndam setidaknya selama 30 menit, atau idealnya, dinginkan semalaman untuk meningkatkan kedalaman rasa.

**Menggunakan Santan** – Masukkan santan ke dalam bumbu marinasi atau saus untuk menambahkan kekayaan krim pada hidangan. Santan tidak hanya memberikan tekstur lezat tetapi juga menyeimbangkan bumbu dan keasaman, menciptakan profil rasa yang harmonis.

**Menyeimbangkan Rasa Manis dan Gurih** – Dapatkan keseimbangan sempurna antara rasa manis dan gurih dengan menambahkan gula palem atau gula merah ke dalam bumbu atau saus. Rasa manisnya melengkapi rasa tajam asam jawa dan keberanian rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang utuh.

**Mendidih dengan Sempurna** – Setelah ikan direndam, rebus perlahan di dalam bumbu marinasi hingga bumbu meleleh dan ikan matang. Berhati-hatilah agar tidak terlalu matang, karena ikan harus tetap empuk dan lembab. Proses perebusan yang lambat memungkinkan ikan menyerap rasa aromatik sehingga menghasilkan sajian pesmol yang lezat. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda dapat menciptakan hidangan pesmol ikan yang nikmat dan beraroma yang akan membuat tamu Anda terkesan dengan bumbu aromatik dan ikannya yang empuk dan lezat.

FAQ

Q: Jenis ikan apa yang biasa digunakan untuk membuat Pesmol? A: Pesmol secara tradisional dibuat dengan menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas, lele, atau nila. Namun, Anda juga bisa menggunakan ikan berdaging keras lainnya seperti ikan kakap atau kerapu.

Baca Juga :  Tom Yam Ikan Salmon, Enak dan Bergizi untuk Sajian Makan Siang

Q: Bisakah saya menggunakan saus Pesmol yang sudah jadi? A: Meskipun saus Pesmol siap pakai tersedia di beberapa toko, disarankan untuk membuat saus dari awal karena memungkinkan Anda menyesuaikan rasa dan memastikan kesegaran bahan.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak Pesmol Ikan? A: Waktu memasak Pesmol Ikan bisa berbeda-beda tergantung jenis dan ukuran ikannya. Namun rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk memasak ikan dengan saus pesmol hingga empuk dan beraroma.

Q: Apa bahan utama saus Pesmol? A: Bahan utama saus pesmol biasanya antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, terasi asam jawa, gula jawa, dan santan. Bahan-bahan ini berkontribusi pada profil rasa Pesmol yang unik.

Q: Bisakah saya menyesuaikan tingkat kepedasan Pesmol Ikan? A: Ya, Anda bisa mengatur tingkat kepedasan pada Pesmol Ikan dengan mengontrol jumlah cabai yang digunakan pada saus Pesmol. Jika Anda lebih menyukai rasa yang lebih lembut, Anda bisa mengurangi jumlah cabai, atau menambahnya agar lebih pedas.

Referensi : 

1.   Resep Pesmol Ikan Nila Khas Sunda, Bumbu Kuning ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.kompas.com 

2.   Resep Ikan Pesmol ala Rumahan Mudah Dibuat, Praktis ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.merdeka.com 

3.   Pesmol Ikan Kembung – Royco.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.royco.co.id/r/pesmol-ikan-kembung.html/241972 

4.   Resep Gurame Pesmol oleh HanaKitchen.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/539543-gurame-pesmol 

Baca Juga :  Cara Mudah Bikin Ayam Tangkap Khas Aceh

5.   Resep Pesmol Ikan Mas oleh Rahma OveKitch.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/179617-pesmol-ikan-mas 

6.   Resep Ikan bumbu pesmol oleh mega alami.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari cookpad.com/id/resep/3091794-ikan-bumbu-pesmol 

7.   11 Resep pesmol ikan nila, gurih, lembut, dan mudah dibuat.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.briliofood.net 

8.   Resep Pesmol Ikan Gurame Saus Telur Asin, Hidangan ….  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id 

9.   Pesmol Ikan – Tastemade.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari id.tastemade.com/videos/pesmol-ikan/ 

10.   3 Resep Pesmol Ikan, Lauk Makan Siang Bersama Keluarga.  (n.d.)   Diperoleh February 13, 2024, dari www.liputan6.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan