Lompat ke konten
Home » Resep » Pesmol Gurame, Masakan Khas Nusantara untuk Keluarga Tercinta

Pesmol Gurame, Masakan Khas Nusantara untuk Keluarga Tercinta

Pesmol Gurame

Resep pesmol gurame

Apa itu resep pesmol gurame? Anda mungkin belum pernah mengetahuinya. Diketahui bahwa pesmol merupakan salah satu masakan Nusantara yang biasanya menggunakan bahan ikan dan beragam bumbu rempah khas Indonesia.

Menu pesmol ikan mudah dijumpai di rumah makan Betawi dan Sunda. Ciri khasnya adalah bumbu kuning yang dimasak dengan ikan akan bercitarasa asam, manis, gurih, dan pedas.

Untuk kali ini, bumbu pesmol akan dimasak dengan ikan gurami karena cukup mudah didapatkan, harganya masih terjangkau, dan dagingnya cukup tebal. Anda bisa membelinya di pasar tradisional ataupun supermarket terdekat.

Rasa masakannya benar-benar menggugah selera. Anda tidak perlu membelinya karena bisa memasaknya di rumah untuk disantap seluruh anggota keluarga.

Adapun resep pesmol gurame selengkapnya silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 ekor ikan gurame segar ukuran sedang
  2. 1 sendok makan garam
  3. 1 sendok teh asam Jawa dilarutkan dengan dua sendok makan air putih
  4. 4 gelas air air putih
  5. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  6. 3 buah cabai merah besar dipotong-potong
  7. 1 helai daun bawang dipotong kecil
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. Daun kemangi secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Bagaimana Cara Buat Pizza Homemade yang Mantap? Baca Dulu informasi Berikut

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 6 butir kemiri disangrai
  5. 1 sendok teh biji ketumbar disangrai
  6. 2 cm jahe
  7. 2 cm dikunyit dibakar
  8. 1 cm kencur
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh merica bubuk

Cara memasak pesmol gurame

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep pesmol gurame dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan gurame di bawah air mengalir. Buang semua sisik, kotoran, dan di bagian insangnya.
  2. Setelah itu, masukkan ikan gurame ke dalam wadah baskom dan dilumuri garam dan larutan air asam Jawa. Aduk merata, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan gurame. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu ikan gurame ke dalam wajan dan goreng setengah matang saja. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan wajan penggorengan lagi untuk menumis bumbu. Anda bisa menggunakan minyak goreng sisa menggoreng ikan gurame tadi yang dikurangi hingga tinggal sedikit saja. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  5. Tuangkan air putih ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk merata. Setelah itu, masukkan semua ikan gurame ke dalam wajan. Tambahkan potongan tomat, daun bawang, dan cabai. Bumbui dengan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi dan masak hingga mendidih.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan. Jika rasanya sudah sedap, masukkan daun kemangi dan aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah siap dan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan dan tata masakan pesmol gurame yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Nila Goreng Sambal Bawang dengan Nasi Putih Hangat, Lezatnya

Cara memasak resep pesmol gurame diatas ternyata tidak begitu sulit dipraktikkan. Silahkan Anda coba di rumah dengan langkah-langkah yang sudah diuraikan. Jika sudah matang, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan