Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ikan Kembung Asam Pedas, Lauk Menu Makan Siang Menggugah Selera

Resep Ikan Kembung Asam Pedas, Lauk Menu Makan Siang Menggugah Selera

Ikan Kembung Asam Pedas (2)

Resep ikan kembung asam pedas

Resep ikan kembung asam pedas cukup mudah dan praktis untuk dimasak di rumah. Sangat cocok dijadikan menu lauk makan siang yang menggugah selera.

Terutama Anda sekalian yang suka menyantap jenis ikan yang satu ini. Biasanya hanya digoreng garing saja ditemani sambal. Namun sekarang, ikan kembung akan dimasak bumbu asam pedas.

Dipilih ikan kembung karena mudah dan murah mendapatkannya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional denga harga cukup terjangkau.

Meskipun murah, tetapi kelezatan daging ikannya yang sudah dimasak akan menggoyang lidah Anda.

Lalu, bagaimana resep ikan kembung asam pedas selengkapnya? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 ekor ikan kembung segar ukuran besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 cm lengkuas digeprek
  4. 1 lembar daun kunyit
  5. 1 batang serai digeprek
  6. 1 asam kandis
  7. 2 lembar daun ruku
  8. 3 gelas air
  9. 1 sendok teh garam
  10. ½ sendok teh gula pasir
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Anda Penggemar Jengkol? Sambal Teri Jengkol Pilihannya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 2 cm kunyit

Cara memasak ikan kembung asam pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ikan kembung asam pedas dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan kembung di bawah air mengalir. Buang semua sisik dan kotoran di bagian insang serta perut. Jika ukuran ikan terlalu besar, Anda bisa memotongnya menjadi dua bagian.
  2. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah baskom dan beri perasan jeruk nipis. Aduk merata sebentar, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan lengkuas, batang serai, daun kunyit, daun ruku, dan asam kandis. Kecilkan api kompor, lalu tuangkan air yang sudah disiapkan. Setelah itu, masukkan semua ikan kembung satu per satu ke dalam wajan. Aduk merata.
  5. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan kuahnya berkurang. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  6. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ikan kembung asam pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Chicken Katsu Saus Opor yang Enak dan Aromatic

Setelah membaca resep ikan kembung asam pedas diatas, Anda dapat segera mempraktikkannya sekarang juga. Caranya cukup mudah dan sederhana, tetapi rasanya dijamin mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info