Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Sayap Goreng Saus Madu untuk Lauk Makan Keluarga yang Lezat

Memasak Resep Sayap Goreng Saus Madu untuk Lauk Makan Keluarga yang Lezat

Resep sayap goreng saus madu (1)

Resep sayap goreng saus madu

Resep sayap goreng saus madu merupakan salah satu kreasi kuliner yang bisa Anda coba masak di rumah. Penggunaan bahan sayap ayam cukup tepat karena kuantitas masakannya bisa lebih banyak. Selain itu, harga sayap ayam di pasar masih cukup terjangkau. Namun yang membedakannya, yaitu tambahan saus madu yang menjadikan rasa kuliner ini lebih ramai dan umami.

Mungkin Anda bisa membeli kulinernya di luar sana karena tidak menutup kemungkinan ada warung atau rumah makan yang menjual menu tersebut. Namun demikian, memasaknya sendiri di rumah tentu menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus mengasah keterampilan cooking. Oleh karenanya, silahkan membaca resep sayap goreng saus madu selengkapnya berikut agar dapat mempraktikkannya segera.

Bahan-bahan

  1. 10 potong sayap ayam segar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. ½ sendok teh garam
  4. ¼ sendok teh merica
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
  6. 100 ml air es
  7. 50 gram tepung protein sedang
  8. ¼ sendok teh garam
  9. ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan tepung pelapis

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung maizena
  • ¼ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk saus

  • 3 sendok makan madu
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 siung bawang putih dicincang kasar
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 100 ml air matang
  • 2 sendok teh wijen untuk taburan
  • 1 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Resep Sate Kambing Kuah Gulai, Menu Masakan Sedap Berkualitas untuk Semua Orang

Cara memasak sayap goreng saus madu

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep sayap goreng saus madu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua sayap ayam yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus yang masih menempel.
  2. Setelah itu, masukkan semua sayap ayam ke dalam wadah baskom bersih, lalu tambahkan garam, bawang putih, dan perasan air jeruk nipis. Aduk sebentar, lalu diamkan sekitar 15 menit agar meresap.
  3. Sambil menunggu sayap ayam dimarinasi, Anda bisa membuat bahan tepung pelapisnya. Caranya, siapkan dulu dua wadah bersih lainnya. Masukkan ke dalam satu wadah tepung terigu, air es, garam, dan merica sebagai bahan pencelup. Aduk merata.
  4. Sementara wadah satunya, masukkan ke dalamnya semua bahan pelapis. Lalu aduk merata. Setelah 15 menit, masukkan sayap ayam ke dalam bahan pencelup, lalu guling-gulingkan di tepung pelapis.
  5. Lakukan langkah tersebut untuk semua sayap ayam yang sudah dimarinasi. Sisihkan dulu. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng sayap ayam.
  6. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu sayap ayam ke dalamnya. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan di semua sisinya. Goreng diatas api kompor sedang saja dan jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Sambil menunggu sayap ayam goreng agak mendingin, Anda bisa membuat saus madu. Caranya, panaskan wajan penggorengan bersih dan beri margarin untuk menumis.
  8. Setelah margarin meleleh, tumis bawang putih hingga harum.
  9. Tambahkan madu, saus tiram, dan saus tomat. Aduk merata. Tuangkan air, lalu kecilkan api kompor. Bumbui dengan garam dan merica bubuk, lalu aduk perlahan.
  10. Silahkan Anda mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Masak hingga saus agak mengental, lalu masukkan ayam goreng tepung ke dalam wajan. Aduk merata hingga semua sayap yam dan saus tercampur.
  11. Jangan lupa tambahkan wijen dan aduk sebentar. Matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap dihidangkan.
  12. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan sayap goreng saus madu yang sudah matang diatas piring. Siapkan juga nasi putih hangat untuk menyantap masakannya sebagai lauk agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Bingung Menu Buka Puasa? Coba Bakso Goreng Mekar

Silahkan Anda coba memasak resep sayap goreng saus madu diatas di rumah. Setelah matang, ajak seluruh keluarga untuk mencicipinya yang semoga suka dengan masakannya. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Resep sayap goreng saus madu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info