Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Tahu Isi Istimewa, Cocok untuk Santap Berbuka

Tahu Isi Istimewa, Cocok untuk Santap Berbuka

Tahu Isi Istimewa (1)

Resep tahu isi istimewa

Resep tahu isi istimewa bisa dijadikan inspirasi menu takjil berbuka puasa. Selain itu, Anda juga dapat menjualnya karena tahu isi merupakan salah satu macam gorengan yang diburu banyak orang untuk disantap waktu berbuka. Jadi, siapa tahu Anda tertarik dan bisa menjualnya saat mendekati waktu buka puasa.

Bukan tahu isi yang biasa-biasa saja seperti yang dibuat oleh pedagang gorengan di pinggir jalan pada umumnya. Namun, tahu isi yang satu ini istimewa karena ada campuran daging ayam di dalamnya. Oleh karena itu, isinya lebih banyak, lebih berisi, sekaligus mengenyangkan. Satu orang menyantap satu dua tahu isi saja sudah kenyang.

Lalu, bagaimana resep tahu isi istimewa yang bisa segera dipraktikkan? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 10 buah tahu coklat kotak, dipotong segitiga, lalu dikeruk isinya
  2. 2 buah wortel dipotong kecil memanjang
  3. ½ buah kol dipotong tipis kecil
  4. 100 gram touge diseduh air panas, lalu tiriskan
  5. 200 gram daging ayam bagian dada atau paha
  6. 2 helai daun bawang diiris kecil
  7. 2 tangkai seledri diiris kecil
  8. 2 sendok teh tepung sagu dilarutkan dengan 3 sendok makan air matang
  9. 1 sendok makan garam
  10. ½ sendok makan gula pasir
  11. ½ sendok makan kaldu ayam bubuk
  12. 250 ml minyak goreng
  13. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Resep Bihun Goreng Kampung, Sajian Sederhana yang Rasanya Menggugah Selera

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh merica bubuk

Bahan untuk tepung pencelup

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 sendok makan tepung beras
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  5. ½ sendok teh kunyit bubuk
  6. Air matang secukupnya

Cara membuat tahu isi istimewa

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep tahu isi istimewa dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam di bawah air mengalir, lalu rebus sekitar 30 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan. Tunggu sebentar agar agak mendingin, lalu cincang daging ayam tanpa tulang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan daging ayam cincang dan kerukan isi tahu ke dalam wajan. Tambahkan wortel, kol, touge, lalu aduk merata.
  4. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan air secukupnya. Aduk dan masak hingga semua tercampur. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah rasanya pas dan sedap, matikan kompor. Sisihkan.
  5. Langkah berikutnya, ambil potongan tahu yang sudah disiapkan tadi. Lalu, isi bagian tengahnya dengan tumisan yang sudah matang sekitar 1 – 2 sendok makan. Lakukan langkah tersebut hingga semua tahu dan tumisan habis. Sisihkan.
  6. Selanjutnya, Anda perlu membuat adonan tepung untuk bahan pencelup tahu sebelum digoreng. Caranya, siapkan sebuah wadah baskom, lalu tuangkan semua bahan pencelup ke dalamnya, kecuali air matang. Setelah itu, aduk merata semua bahan agar tercampur sempurna. Berikan sedikit demi sedikit air ke dalam adonan tepung hingga kekentalannya pas.
  7. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan tahu isi ke dalam adonan tepung. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak. Goreng semua tahu isi hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa tahu dibolak-balik agar matangnya sempurna. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Tahu isi istimewa siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tata dan letakkan tahu isi istimewa diatasnya. Lengkapi dengan cabai rawit hijau secukupnya.
Baca Juga :  Resep Telur Dadar Padang Lengkap dan Tebal

Resep tahu isi istimewa bisa Anda praktikkan sekarang juga. Jika sudah matang, silahkan dicicipi kelezatannya saat berbuka puasa. Anda juga dapat menjualnya sebagai menu buka puasa yang digemari banyak orang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan