Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Ayam Bacem Khas Jawa Tengah, Berasa Manis Gurih Tiada Duanya

Ayam Bacem Khas Jawa Tengah, Berasa Manis Gurih Tiada Duanya

Ayam Bacem (1)

Resep ayam bacem

Resep ayam bacem merupakan sajian kuliner khas provinsi Jawa Tengah yang memadukan rasa manis dan gurih. Meskipun lebih menonjol rasa manis ayamnya, tetapi tetap masih bisa ditoleransi.

Dengan begitu, Anda yang kurang menggemari masakan manis karena alasan kesehatan atau lainnya masih bisa menyantapnya. Apalagi menyantap ayam bacem dengan nasi putih hangat yang dilengkapi sambal tomat dan lalapan.

Menu masakan yang satu ini biasanya dijual di warung atau rumah makan khas Jawa. Selain ayam, ada juga baceman tahu dan tempe.

Anda juga dapat memasak ayam bacem di rumah dengan rasa yang tetap menggugah selera. Lalu, bagaimana resep ayam bacem selengkapnya? Silahkan membacas uraiannya di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam pedaging sedang ukuran sedang
  2. 3 cm lengkuas digeprek
  3. 4 lembar daun salam
  4. 3 batang serai digeprek
  5. 2 sendok makan ketumbar bubuk
  6. 2 sendok makan kaldu bubuk
  7. 1 sendok teh asam Jawa bubuk
  8. 100 gula Jawa
  9. 1½ liter air kelapa muda
  10. 1 sendok teh garam
  11. 2 sendok makan kecap manis
  12. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 15 siung bawang merah
  2. 8 siung bawang putih
Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Yakiniku Khas Jepang di Rumah yang Mudah

Bahan untuk sambal tomat

  1. 3 buah tomat merah
  2. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  3. 5 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  6. Kaldu bubuk secukupnya

Bahan untuk lalapan

  1. 1 buah timun dipotong-potong
  2. ½ buah kol dipotong-potong

Cara memasak ayam bacem

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ayam bacem dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus yang masih menempel di kulitnya. Setelah itu, potong ayam menjadi sekitar 10 bagian atau sesuai selera Anda. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan, lalu tuangkan air ke dalamnya. Rebus hingga mendidih menggunakan api kompor sedang saja. setelah mendidih, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, batang serai, ketumbar bubuk, kaldu bubuk, asam Jawa bubuk, gula Jawa, garam, dan kecap manis. Aduk merata.
  3. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk sebentar, lalu tutup wajan. Masak dan ungkep ayam sekitar 60 menit hingga empuk dan berwarna kecoklatan.
  4. Selesai diungkep, matikan kompor dan angkat potongan ayam. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng ayam. Setelah panas, masukkan potongan ayam satu per satu ke dalam wajan. Goreng sebentar saja agar bumbu bacemnya tidak hilang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan. Ayam bacem siap disajikan.
  5. Selanjutnya, membuat sambal tomat dengan cara sebagai berikut. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah itu, tumis tomat, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih hingga setengah matang.
  6. Siapkan cobek, lalu tuangkan semua tumisan ke dalamnya. Tambahkan gula Jawa dan kaldu bubuk secukupnya. Setelah itu, uleg hingga halus. Sambal tomat siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan dan tata ayam bacem yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga mangkuk atau piring kecil untuk wadah sambal tomat. Lengkapi dengan lalapan dan jangan lupa nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Ketupat Uduk Kare Ayam, Variasi Masakan di Hari Raya

Akhirnya, resep ayam bacem sudah matang dan siap disantap beramai-ramai. Ajak seluruh keluarga dan orang terdekat menyantapnya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan