Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Perkedel Jagung, Camilan Enak Waktu Kumpul

Membuat Perkedel Jagung, Camilan Enak Waktu Kumpul

Membuat Perkedel Jagung (1)

Membuat Perkedel Jagung

Bahan

  1. 3 jagung manis pipil
  2. 1 buah telur Ayam
  3. 1 batang daun bawang iris tipis
  4. 3 daun jeruk purut buang tulang iris tipis
  5. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  6. 1 sendok makan kaldu ayam
  7. minyak goreng, untuk menggoreng
  8. Bumbu, haluskan: 10 buah bawang merah
  9. Bumbu, haluskan: 4 siung bawang putih
  10. Campuran tepung, larutkan: 150 gram tepung beras
  11. Campuran tepung, larutkan: 4 sdm tepung terigu serbaguna
  12. Campuran tepung, larutkan: 125 ml air hangat

Langkah-Langkah Membuat Gorengan Jagung Enak

  1. Langkah pertama dalam membuat gorengan jagung yang enak adalah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan[1]. Bahannya meliputi jagung manis, tepung terigu, bumbu halus, garam, dan air secukupnya untuk membuat adonan. Untuk menyiapkan jagung manis, gunakan pisau tajam untuk menyisir biji dari tongkolnya. Campurkan jagung manis dengan tepung terigu dan tambahkan bumbu halus sesuai selera. Beberapa bumbu yang populer antara lain bubuk ketumbar, bubuk cabai, dan bubuk bawang putih. Setelah semua bahan terkumpul dan tercampur, saatnya melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan untuk gorengan[2]. Dalam wadah, campurkan jagung manis dengan tepung terigu, telur, daun bawang yang diiris tipis, daun jeruk purut yang diiris tipis, dan ketumbar bubuk[3]. Adonan jangan terlalu encer atau terlalu kental. Untuk mencapai konsistensi yang tepat, tambahkan air secukupnya ke dalam campuran. Setelah adonan siap, panaskan minyak dengan api sedang di penggorengan.
  3. Langkah terakhir adalah menggoreng gorengan hingga berwarna cokelat keemasan[1]. Dengan menggunakan sendok, tuang adonan ke dalam minyak panas secara perlahan. Goreng sampai gorengannya renyah dan berwarna coklat keemasan. Saat gorengan sudah matang, angkat dari api dan tiriskan di atas tisu. Sajikan gorengan selagi masih panas dan renyah[4]. Membuat perkedel jagung merupakan cara menikmati jagung manis yang sederhana dan enak, dan dengan langkah mudah berikut ini Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Memilih Jagung Segar** – Saat membuat perkedel jagung, penting untuk memilih jagung segar untuk mendapatkan rasa dan tekstur terbaik. Carilah bulir jagung dengan sekam hijau cerah dan sutra segar. Bijinya harus montok dan seperti susu saat ditusuk. Menggunakan jagung segar akan meningkatkan cita rasa gorengan secara keseluruhan dan memastikan rasanya manis dan renyah.

Baca Juga :  Rahasia Resep Babi Kecap Enak yang Mudah Dibuat di Rumah

**Mengupas dan Memotong Jagung dengan Benar** – Untuk menyiapkan jagung untuk gorengan, kupas kupingnya untuk menghilangkan sekam dan sutranya. Kemudian, dengan menggunakan pisau tajam, potong biji dari tongkolnya dengan hati-hati. Untuk melakukan ini, letakkan bonggol jagung tegak di atas talenan dan potong ke bawah, dekat tongkolnya. Teknik ini membantu mengekstrak biji yang berair dan beraroma tanpa memotong tongkolnya, memastikan gorengan memiliki keseimbangan yang baik antara jagung dan adonan.

**Menyeimbangkan Konsistensi Adonan** – Mencapai konsistensi yang tepat untuk adonan goreng sangatlah penting. Ini harus cukup tebal untuk menyatukan biji jagung tetapi tidak terlalu tebal sehingga menjadi padat dan berat. Adonan yang seimbang akan menghasilkan gorengan yang renyah di luar dan empuk di dalam. Untuk mencapai hal ini, tambahkan bahan kering secara bertahap ke bahan basah, aduk hingga tercampur rata. Penting untuk tidak mengaduk adonan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan gorengan menjadi keras.

**Menjaga Suhu Oli yang Tepat** – Saat menggoreng gorengan jagung, menjaga suhu minyak yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan bagian luar yang renyah dan berwarna coklat keemasan. Minyak harus dipanaskan hingga sekitar 350-375°F (175-190°C). Jika minyak terlalu panas, bagian luar gorengan akan cepat kecoklatan, namun bagian dalamnya masih kurang matang. Sebaliknya, jika minyak kurang panas, gorengan bisa menyerap minyak berlebih sehingga menghasilkan tekstur berminyak. Menggunakan termometer penggorengan dapat membantu memastikan minyak tetap pada suhu optimal selama proses penggorengan.

**Menguras Minyak Berlebih** – Setelah menggoreng, tiriskan gorengan jagung di atas piring berlapis tisu atau rak kawat untuk menghilangkan minyak berlebih. Langkah ini membantu menjaga kerenyahan gorengan dan mencegahnya menjadi terlalu berminyak. Selain itu, membumbui gorengan dengan sedikit garam segera setelah digoreng dapat meningkatkan cita rasa keseluruhannya.

Baca Juga :  Resep Lele Goreng Sambal Terasi, Menu Pecelan Khas Jawa yang Menggugah Selera

FAQ

Q: Bahan apa saja yang saya perlukan untuk membuat gorengan jagung? A: Untuk membuat perkedel jagung yang enak, Anda membutuhkan jagung segar atau kalengan, tepung serbaguna, baking powder, garam, lada hitam, telur, susu, dan minyak untuk menggoreng. Selain itu, Anda bisa menambahkan daun bawang cincang, paprika, atau keju untuk menambah rasa.

Q: Bagaimana proses pembuatan adonan goreng jagung? A: Untuk menyiapkan adonan gorengan jagung, mulailah dengan mencampurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, garam, dan lada hitam ke dalam mangkuk. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur lalu tambahkan susu. Campurkan bahan basah dan kering, lalu masukkan perlahan biji jagung dan bahan tambahan lainnya seperti daun bawang atau keju jika diinginkan.

Q: Apakah perlu menggunakan jagung segar atau bisa menggunakan jagung kalengan untuk gorengannya? A: Anda bisa menggunakan jagung segar atau kalengan untuk membuat gorengan jagung. Jika menggunakan jagung segar, cukup potong biji jagung dari tongkolnya. Sebaliknya, jagung kalengan harus dikeringkan sebelum dimasukkan ke dalam adonan. Kedua pilihan tersebut akan menghasilkan gorengan yang lezat.

Q: Bagaimana cara terbaik untuk menggoreng gorengan jagung dengan sempurna? A: Untuk menggoreng gorengan jagung dengan sempurna, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang-besar. Setelah minyak panas, masukkan sesendok adonan ke dalam minyak dan ratakan sedikit dengan bagian belakang sendok. Goreng hingga kedua sisi goreng berwarna cokelat keemasan, biasanya memakan waktu sekitar 2-3 menit per sisi. Pastikan wajan tidak terlalu penuh karena dapat menurunkan suhu minyak dan memengaruhi tekstur gorengan.

Q: Bisakah saya membuat gorengan jagung terlebih dahulu dan memanaskannya kembali nanti? A: Meskipun gorengan jagung paling enak dinikmati segar dan panas, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dan memanaskannya kembali. Setelah digoreng, biarkan gorengan hingga benar-benar dingin, lalu simpan dalam wadah kedap udara di lemari es. Saat siap disajikan, panaskan kembali dalam oven yang sudah dipanaskan hingga 350°F (175°C) selama sekitar 10 menit, atau sampai matang dan renyah kembali.

Baca Juga :  Membuat makanan Thareed, Hidangan Takjil Puasa Khas Timur Tengah

Referensi : 

1.   Resep Perkedel Jagung, Lauk Gampang buat Makan Siang.  (n.d.)   Diperoleh February 6, 2024, dari www.kompas.com 

2.   7 Cara Membuat Perkedel Jagung Sederhana yang Enak ….  (n.d.)   Diperoleh February 6, 2024, dari www.liputan6.com 

3.   Resep Perkedel Jagung Renyah Lezat dan Praktis – MAHI.  (n.d.)   Diperoleh February 6, 2024, dari www.masakapahariini.com/resep/perkedel-jagung-renyah/ 

4.   10 Resep Perkedel Jagung Simpel, Camilan Renyah dan ….  (n.d.)   Diperoleh February 6, 2024, dari www.merdeka.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info